Ford Patenkan Suara Mesin Palsu Untuk Menghemat Bahan Bakar

by  in Ford
Ford Patenkan Suara Mesin Palsu Untuk Menghemat Bahan Bakar
0  komentar

AutonetMagz – Trend downsizing engine displacement yang dipopulerkan Ford melalui teknologi Ecoboostnya membuat suara mesin semakin halus dibandingkan dengan mesin mobil dengan kapasitas lebih besar. Hal tersebut rupanya menjadi boomerang bagi konsumen Ford ketika mengedarai mobil Ford dengan mesin Ecoboost, kok bisa?

Jadi begini, menurut riset yang dilakukan oleh Ford, suara mesin yang terlampau hening membuat pengendara mobil melakukan perpindahan gigi di putaran mesin yang yang lebih tinggi, karena suara lengkingan mesin terasa masih santai di putaran rendah. Hal ini menyebabkan gaya berkendara pemilik mobil Ford menjadi lebih boros karena lebih banyak bermain di RPM tinggi dibandingkan dengan mobil dikelasnya.

Karena suara mesin yang terlalu hening tersebut, Ford akhirnya memberikan paten penggunaan suara mesin palsu untuk mobil-mobil bermesin kecil. Uniknya suara mesin tersebut bukanlah suara mesin layaknya mesin berkapasitas besar yang bisa kita temukan pada sportscar, melainkan suara mesin biasa yang diperkeras melalui sistem audio kendaraan yang membuat pengemudi melakukan perpindahan gigi lebih awal agar lebih irit bahan bakar.

Ford-Fiesta-Merah

Ford mencontohkan pada mesin 1.000 cc Ecoboost, kebanyakan pengguna mobil ini melakukan shifting di RPM yang lebih tinggi, padahal untuk mendapatkan hasil bahan bakar yang lebih optimal, mereka sebaiknya melakukan shifting di Rpm lebih rendah. Dengan suara mesin yang lebih keras di Rpm rendah, pengguna mobil secara tidak sadar akan melakukan perpindahan gigi lebih awal dibandingkan dengan suara mesin yang lebih hening.

Sebenarnya menurut kami ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan hasil bahan bakar yang lebih baik dibandingkan dengan membuat suara-suara mesin palsu, yaitu dengan gear shift indicator dan eco driving indicator agar pengguna bisa memindahkan gigi lebih awal.

Sebenarnya suara mesin palsu ini bukan barang baru bagi Ford, seperti di Ford Mustang 2.3 dan Ford Focus RS yang baru saja diperkenalkan, Ford sudah memberikan suara mesin palsu melalui sistem audionya agar terasa lebih kencang, tapi tujuannya bukan untuk memberikan efek hemat bahan bakar.

Lucu memang teknologi yang dipatenkan oleh Ford, kami jadi penasaran seperti apa suara mesin palsu yang disematkan di mobil-mobil Ford bermesin kecil ke depannya. Hahaha.

Read Prev:
Read Next: