Ford Patenkan Suara Mesin Palsu Untuk Menghemat Bahan Bakar

by  in Ford
Ford Patenkan Suara Mesin Palsu Untuk Menghemat Bahan Bakar
0  komentar

AutonetMagz – Trend downsizing engine displacement yang dipopulerkan Ford melalui teknologi Ecoboostnya membuat suara mesin semakin halus dibandingkan dengan mesin mobil dengan kapasitas lebih besar. Hal tersebut rupanya menjadi boomerang bagi konsumen Ford ketika mengedarai mobil Ford dengan mesin Ecoboost, kok bisa?

Jadi begini, menurut riset yang dilakukan oleh Ford, suara mesin yang terlampau hening membuat pengendara mobil melakukan perpindahan gigi di putaran mesin yang yang lebih tinggi, karena suara lengkingan mesin terasa masih santai di putaran rendah. Hal ini menyebabkan gaya berkendara pemilik mobil Ford menjadi lebih boros karena lebih banyak bermain di RPM tinggi dibandingkan dengan mobil dikelasnya.

Karena suara mesin yang terlalu hening tersebut, Ford akhirnya memberikan paten penggunaan suara mesin palsu untuk mobil-mobil bermesin kecil. Uniknya suara mesin tersebut bukanlah suara mesin layaknya mesin berkapasitas besar yang bisa kita temukan pada sportscar, melainkan suara mesin biasa yang diperkeras melalui sistem audio kendaraan yang membuat pengemudi melakukan perpindahan gigi lebih awal agar lebih irit bahan bakar.

Ford-Fiesta-Merah

Ford mencontohkan pada mesin 1.000 cc Ecoboost, kebanyakan pengguna mobil ini melakukan shifting di RPM yang lebih tinggi, padahal untuk mendapatkan hasil bahan bakar yang lebih optimal, mereka sebaiknya melakukan shifting di Rpm lebih rendah. Dengan suara mesin yang lebih keras di Rpm rendah, pengguna mobil secara tidak sadar akan melakukan perpindahan gigi lebih awal dibandingkan dengan suara mesin yang lebih hening.

Sebenarnya menurut kami ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan hasil bahan bakar yang lebih baik dibandingkan dengan membuat suara-suara mesin palsu, yaitu dengan gear shift indicator dan eco driving indicator agar pengguna bisa memindahkan gigi lebih awal.

Sebenarnya suara mesin palsu ini bukan barang baru bagi Ford, seperti di Ford Mustang 2.3 dan Ford Focus RS yang baru saja diperkenalkan, Ford sudah memberikan suara mesin palsu melalui sistem audionya agar terasa lebih kencang, tapi tujuannya bukan untuk memberikan efek hemat bahan bakar.

Lucu memang teknologi yang dipatenkan oleh Ford, kami jadi penasaran seperti apa suara mesin palsu yang disematkan di mobil-mobil Ford bermesin kecil ke depannya. Hahaha.

Read Prev:
Read Next:
  • Soni Hermawan

    Ibarat motor matic pake sound booster jd suara nya ala2 moge gimana gitu.. wkwk

    • jono sujono

      wkwkw… yg suaranya kek tawon yak?

      • Soni Hermawan

        Yoi ..wkwkwk

      • Soni Hermawan

        Yoi

    • RR

      suaranya kaya moge? wkwkwkw
      salam nguuunggggg

  • Arief

    Daripada pake audio suara palsu gitu. Napa ga diubah sistem exhaustnya aja, dikasih chamber2 gitu apakek dimainin akustiknya. Kaya di F1 sekarang yg ditambah extra wastegate biar makin kenceng suaranya. Seenggaknya kan tetep asli, feel & excitement-nya tetep dapet meskipun mesinnya kecil. Apalagi mobil hobby macem Mustang gitu

  • farid

    Fitur suara “mesin palsu” sebenarnya harus wajib ada di semua mobil hybrid/listrik,karena suara mesin yg dihasilkanya halus banget,sehingga penyebrang atau pengendara lain tdk dapat mendengar suara mobil yg lewat.dan secara psikologis suara raungan mesin mobil dapat berpengaruh terhadap mood pengendara itu sendiri,karena disitu juga kenikmatan berkendara

  • sereal

    jadi inget jaman dulu Mili Vanilli lip-sync…

  • Baba Abdul

    Kalo alasannya karena rpm, berarti yang nyetir ga pernah lirik tacho donk
    Atau simple aja klo dipasang mode eco, dikasih indikator suara beep atau lampu di dasboard gitu kalo rpm dah nyentuh 2ribu langsung peringatan oper kalo lagi dalam mode eco
    Eh, tapi tapi memangnya rata rata yg beli ekobus itu beli yang manual ya?

    • di europe fiesta ecoboost matic kurang dari 20% penjualannya dibanding manual…

    • Jenson

      Mungkin di eropa sana kan trafficnya lancar tertatur, ga macet kaya disini. Jadi bawa manual masih enak. Apalagi mobil turbo

  • RocketRoLL

    Jaelah kan ada Tachometer, Lihat tacho di mobil lebih mudah sbner’y dibanding motor. Walaupun beda2 tipis mudah’y ?
    Pengendara tsb kurang menyatu ky’y ama tunggangan’y ?

  • ars m.k

    Ko jadi ke suaranya ya? Kenapa ga dibikin biar suara mesin lebih masuk ke kabin aja/ setting exhaust di rubah sedikit biar lebih “roar” lagi. hehe.. kalo cuma suara, jadi kaya manipulasi pikiran si pengemudinya ya? Jadi, buat orang yang udah tau, dia tetep bakal nginjek pedal dalem juga. Karena berpikir kalo suara mesinnya cuma dari audio.

  • martin hartarto

    jangan kan ecoboost, kia morning ogut aja sering bablas shifting di rpm 4 -5 ribu karena kabinnya kedap banget 😆

  • RR

    pake speaker? wkwkwkwk dah kaya Sound Booster aja yg dipake2 Vixi*n, bys*n yng biasanya pake box..
    salam nguunngggg