Audi Terapkan Traffic Light Information System V2I di Washington D.C.

by  in Audi&Berita&International
Audi Terapkan Traffic Light Information System V2I di Washington D.C.
0  komentar

AutonetMagz.com – Audi nampaknya masih terus bereksperimen dalam hal teknologi pendukung pengemudi. Dan baru – baru ini, pabrikan asal Jerman ini kembali menunjukkannya dengan mengumumkan bahwa Washington D.C., ibukota Amerika Serikat telah bergabung bersama enam kota lain di Amerika Serikat yang sudah bisa menggunakan sistem Traffic Light Information System (TLIS) berbasis teknologi V2I (Vehicle to Infrastructure).

Sebenarnya teknologi ini bukanlah teknologi yang baru, karena TLIS Audi sendiri sudah diperkenalkan di tahun 2014 silam, dan diterapkan pertama kali di tahun 2016, spesifiknya di kota Las vegas, Amerika Serikat. Bagi kalian yang belum tahu, sistem TLIS bekerja sesuai dengan namanya, yaitu memberikan informasi mengenai traffic light atau lampu lalu lintas. Nah, seperti apa kerja dari TLIS Audi ini? Jadi begini, sistem TLIS dari Audi ini akan berkomunikasi dengan server lampu lalu lintas di Washington D.C. melalui teknologi V2I tersebut. Nah, ketika berkomunikasi, kedua sistem ini akan bertukar informasi. Sistem TLIS akan mendapatkan data tentang lampu lalu lintas di tempat yang dilewati mobil, apakah hijau atau merah, jika merah, berapa lama lagi akan hijau.

Informasi mengenai lampu lalu lintas tersebut akan ditampilkan di panel instrumen mobil, dan di head up display jikalau sang mobil memilikinya. Jadi, sang pengemudi bisa memantau dari TLIS ini apakah lampu lalu lintas sudah hijau, akan hijau, sehingga bisa bersiap untuk melanjutkan perjalanan. Nah, itulah fitur yang ada saat ini di mobil – mobil Audi yang memiliki fitu TLIS ini. Namun tentunya bukan Audi jika merasa puas dengan sistem model ini saja. Merujuk kembali ke tahun 2014, Audi juga memiliki prototipe GLOSA alias Green Light Optimized Speed Advisory. Seperti namanya, sistem GLOSA akan memberikan optimasi pada mobil sembari membandingkannya dengan kondisi jalanan.

GLOSA juga akan berkomunikasi dengan infrastruktur via V2I untuk menyediakan kecepatan yang pas bagi kendaraan sehingga jika memungkinkan kendaraan tersebut akan melewati sebanyak mungkin lampu hijau tanpa terjebak lampu merah. Nah, ketika sistem membaca mobil terkena lampu merah, sistem akan mengaktifkan sistem idling start stop, dan sesuai informasi dari server, mesin akan dinyalakan 5 detik sebelum lampu hijau. Masalahnya, nampaknya realisasi dari sistem ini masih belum terjadi di dalam waktu yang dekat. Namun pada dasarnya sistem TLIS ini sudah cukup membantu sistem navigasi.

Daerah lain di Amerika Serikat yang berhasil menerapkan sistem TLIS Audi ini sendiri adalah Dallas, Houston, Palo Alto, Arcadia, California, Portland, Oregon dan Denver. Sistem ini sendiri mirip – mirip dengan sistem lansiran BMW yang kita kenal dengan nam EnLighten, namun sistem milik bimmer ini hanya berfungsi jika sistem iDrive sudah terkoneksi dengan iPhone. Jadi, bagaimana menurut kalian teknologi dari Audi ini?

Read Prev:
Read Next: