Ford Berencana Naikkan Performa Focus RS, Targetkan Mercedes Benz A45 AMG dan Audi RS3!

by  in Berita&Ford&International
Ford Berencana Naikkan Performa Focus RS, Targetkan Mercedes Benz A45 AMG dan Audi RS3!
0  komentar
ford focus rs

AutonetMagz.com – Ford sedang kesambet sepertinya. Ford Focus RS sejatinya memang sebuah hot hatch yang kastanya sudah tertinggi di keluarga Focus, apalagi dibandingkan Ford Focus ST. Dengan bantuan Ken Block saat perancangannya, hot hatch bertenaga 345 hp, torsi 440 Nm, penggerak AWD dan fungsi overboost ini memang sudah spartan, apalagi hanya ia yang punya Drift Mode yang merupakan hasil sentuhan Ken Block.

Tapi rupanya Ford belum puas. Di atas kertas, rupanya Ford Focus RS belum seberapa dibanding hot hatch AWD lawannya seperti Mercedes Benz A45 AMG dan Audi RS3. Kedua hot hatch Jerman itu masih bisa ongkang-ongkang kaki melihat data Ford, karena meski Ford bisa akselerasi 0-100 dalam waktu 4,7 detik saja, A45 AMG cukup 4,2 detik dan RS3 4,3 detik.

mercedes benz a45 amg

Hal itu rupanya membuat Ford geram, dan salah satu orang dalam Ford berbicara kepada Autocar bahwa mereka akan lebih serius lagi dalam memodifikasi Ford Focus RS supaya menjadi godfather of hot hatchback. Langkah pertama yang bisa mereka lakukan mungkin dengan diet ketat, utamanya melalui pemakaian material CFRP (carbon fiber reinforced plastic), kaca poylycarbonate, buang beberapa peredam kabin dan lain-lain.

Dengan target diet untuk menghemat bobot hingga 100 kilogram, jelas akan menguntungkan performa mobil ini. Resep berikutnya adalah penyematan LSD elektronik di bagian depan supaya mobil ini lebih mudah bermanuver, diprogram untuk bisa bekerja sama degan girboks kopling ganda milik Focus RS.

audi rs3

Target dari Ford Focus RS versi hardcore ini adalah torsi standar 450 Nm di luar fungsi overboost dan figur akselerasi 0-100 km/jam dalam 4 detik saja, sukur-sukur bisa kurang. Jika target itu tercapai, berarti Ford bisa mengalahkan hot hatch dengan akselerasi tercepat yang pernah dibuat. Bukan, maksudnya bukan Mercedes Benz A45 AMG atau Audi RS3, melainkan Subaru Cosworth Impreza WRX STI CS400, yang akselerasi 0-100 km/jam-nya cukup 4 detik saja.

subaru impreza wrx sti cosworth

Belum jelas kapan versi galak dari Focus RS ini meluncur, tapi yang pasti harganya bakal lebih mahal. Tapi kami jadi bertanya sih, kok VW Golf R400 tidak disebutkan dalam daftar target Ford ya? Mengingat ia juga hot hatch kencang dengan tenaga nyaris 400 hp dan penggerak AWD? Ah sudahlah, kita tunggu saja hasilnya nanti. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Asajamban

    Civic type R diadu sm ini menang mn ya?

    • Hillarius Satrio

      secara data mah menang ini dong

      • Don Giovani

        Tapi gantengnya Civic Type R itu gak ketulungan……ampun dah gantengnya…….

        • Oktarian

          Justru kalo menurut gue jauh lebih ganteng ini yg lakik banget modelnya

  • Rizki

    Ford Eropa yah, kalo Ford Amerika dah cukup puas dengan Big Truck kayanya