Subaru WRX STI TC380 Digodok, Pakai Turbo HKS Demi 380 PS!

by  in International&Subaru
Subaru WRX STI TC380 Digodok, Pakai Turbo HKS Demi 380 PS!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai ujung tombak citra Subaru, Subaru takkan keberatan membuat Subaru WRX STI yang lebih hardcore demi menyelamatkan citranya di mata dunia otomotif. Subaru WRX STI Type RA adalah keturunan terakhir Subaru WRX STI yang diperuntukkan bagi laskar Subaru enthusiast garis keras yang ingin potensi terbaik dari mobil sport berdarah reli ini. Berhenti disana sajakah Subaru? Tidak.

Sekali lagi, tidak. Hari Senin kemarin, Subaru merilis teaser berupa emblem “TC380”, dan ini bisa jadi hadir sebagai indikasi datangnya Subaru WRX STI TC380. Angka 380 bisa dipastikan soal tenaga mesinnya, alias bertenaga 380 PS. Jika benar, ini bisa jadi Subaru WRX STI paling bertenaga yang pernah ada, meskipun almarhum Mitsubishi Lancer Evo FQ-400 masih bisa mentertawai Subaru dengan cara,”Baru sekarang bikin 380 PS, sob? Pfft… Gue udah dari dulu punya yang 400 PS.”

Kembali ke Subaru, mereka meminta masukan dari pembalap WRC, Toshihiro Arai untuk membangun Subaru WRX STI TC380 ini. Nantinya, mesin flat-4 turbo bawaan WRX STI akan digarap ulang dengan suku cadang yang lebih yahud. Komponen penting seperti turbo, catalytic converter dan sistem exhaust akan pakai punya HKS, sementara strut brace dan intake akan diganti dengan perusahaan aftermarket kepunyaan Arai-san.

Mengenai kosmetik sekaligus fungsi, Subaru WRX STI TC380 bakal didandani dengan lip spoiler carbon fiber dan jok bucket keluaran Recaro khusus untuk driver dan penumpang depan. Inspirasi awal dari Subaru WRX STI TC380 ini adalah mobil balap WRX STI RA NBR, mobil yang merajai gelar sedan tercepat di Nurburgring. Ngomong-ngomong gelar, Subaru nampaknya juga sedang haus gelar dengan keliling kesana kemari demi mencatatkan rekor.

Nurburgring sudah dikuasai, Goodwood juga sudah, Isle of Man juga sudah, dan sekarang Subaru WRX STI juga sudah menuntaskan rekor Transfagarasan. Sepertinya alasan Subaru membuat Subaru WRX STI TC380 ini adalah untuk merayakan rekor-rekor tersebut meski Subaru sedang rugi gara-gara recall dan aksi curang mereka soal emisi dan tes parkir. Subaru WRX STI TC380 ini rencananya akan dibuat sebanyak 50 unit dan khusus pasar Jepang, jadi jangan harap banyak ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: