Ford Akan Kembangkan Pikap Berbasis Ford Focus, Ute?

by  in Berita&Ford&International
Ford Akan Kembangkan Pikap Berbasis Ford Focus, Ute?
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian tahu mobil Ute? Bila kalian belum tahu, Ute merujuk pada Utility atau  beberapa orang juga mendefinisikan Ute sebagai Coupe Utility yang menjurus pada sebuah mobil pikap yang bagian bak-nya menyatu dengan body mobil, agak berbeda dengan beberapa pikap umum yang kita kenal yang punya bak terpisah dari body.

Nah, mobil semacam ini cukup familiar di Australia dan New Zealand. Kabar terbaru, Ford, yang sudah cabut dari Indonesia, akan membuat sebuah mobil pikap berbasis dari Ford Focus, dan besar kemungkinan mobil ini akan hadir dalam bentuk sebuah Ute. Sejatinya pihak Ford sudah punya sebuah Ute yang sudah dijual cukup lama, dan mobil tersebut adalah Ford Courier. Ford Courier sendiri adalah sebuah Ute yang dikembangkan dari basis Ford Fiesta lawas. Nah, mobil ini sendiri diproduksi di Brazil, dan kini mobil ini juga akan segera menyudahi masa baktinya karena mengutip dari Automotive MagazinePihak Ford dikabarkan sedang mempersiapkan suksesor dari Ford Courier, namun kali ini akan punya bentuk yang lebih besar karena dibangun dari basis Ford Focus terbaru.

Ute baru Ford ini sendiri tak hanya akan dijual di Brazil saja, melainkan juga akan dijual ke salah satu pasar pikap terbesar, yaitu Amerika Serikat. Selain itu, pasar Eropa juga dikabarkan akan mendapatkan jatah untuk Ute terbaru dari Ford ini di kemudian hari. Jikalau segala proses pengembangan dari mobil ini berjalan mulus, Ute berbasis Ford Focus ini sendiri akan hadir pada tahun 2022 mendatang. Namun pihak Ford sendiri saat ini masih dalam tahap mengumpulkan ide, dan sedang memantau bagaimana kecocokan produk baru mereka ini dengan regulasi dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Mengimpor Ute ataupun pikap apapun ke dalam Amerika Serikat sendiri adalah sebuah proses yang harus dipikir matang – matang oleh pabrikan manapun, karena untuk mobil di segmen ini ada sebuah pajak yang dikenal dengan nama Chicken Tax.

Pajak ini membebani produk dengan angka mencapai 25%, dan tentunya bukanlah angka yang kecil. Oleh karenanya, ada peluang juga untuk Ute Ford ini diproduksi di pabrik Ford di Cuautitlan. Jikalau diproduksi disana, Ute baru Ford ini akan masuk dalam skema NAFTA dan bebas dari pajak 25% tersebut. Flashback sebentar ke masa lalu, Amerika Serikat sendiri pernah mendapatkan sosok Ute yang menarik, yaitu Subaru Baja. Subaru Baja sendiri adalah produk yang dibangun dari basis Subaru Legacy di awal tahun 2000-an. Sayangnya, mobil ini langsung drop penjualannya di tahun 2003 dan berakhir dengan didiskontinyu penjualannya. Ute dari Ford ini sendiri akan menjadi tantangan baru bagi pihak Ford untuk meramaikan lagi pasar pikap berukuran kecil.

Nah, kalau menurut kalian bagaimana? Sayangnya memang Ute merupakan mobil yang sangat langka di Indonesia, dan jikalau ada, kami agak kurang yakin jikalau sang empunya akan menggunakan sang mobil untuk membawa angkutan. Bagaimana menurut kalian? Ada yang punya Ute?

Read Prev:
Read Next: