Sambangi GAIKINDO, Ford RMA Beberkan Rencana Produksi Mobil Lokal

by  in Berita&Ford&Merek Mobil
Sambangi GAIKINDO, Ford RMA Beberkan Rencana Produksi Mobil Lokal
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah ada pengguna mobil Ford di sini? Kalau ada, apakah kalian masih ingat manuver Ford di tahun 2016 silam? Yap, Ford Motor Indonesia (FMI) kala itu mengejutkan publik dengan keputusan untuk angkat kaki dari Indonesia. Padahal, Ford kala itu sudah memiliki cukup banyak konsumen yang tersebar di seluruh Indonesia. Kini, bagaimana jika kami katakan bahwa Ford ingin kembali serius di pasar Indonesia? Percayakah kalian akan hal ini? Nyatanya, kemungkinan itu tengah terbuka lebar melalui kunjungan pihak Ford ke GAIKINDO baru – baru ini.

Ingin Investasi Rakit Mobil

Jadi, beberapa waktu lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) kedatangan beberapa perwakilan dari Ford RMA Group Indonesia. FYI, sejak akhir tahun 2016 silam, RMA Group memang ditunjuk secara resmi oleh pihak Ford untuk melayani aftersales konsumen Ford di Indonesia. Selain di Indonesia, RMA Group juga menjadi perwakilan Ford di beberapa negara lain seperti Thailand dan India. RMA Group juga bertindak sebagai APM dari Mahindra di Indonesia. Oke, kembali ke maslaah kunjungan, Kukuh Kumara, Sekretaris Umum GAIKINDO menyatakan bahwa kehadiran pihak Ford RMA kala itu adalah menyampaikan niatan mereka untuk berinvestasi di Indonesia.

Ada empat orang yang datang. Belum lama ini. Jadi mereka ngobrol, sama GAIKINDO. Mereka bilang mendapatkan wewenang untuk menjadi perwakilan Ford di Indonesia. Terus kami hanya bilang Indonesia sudah swasembada Mobil. Nah, kalau mau produksi di sini, kami welcome banget” ujar Kukuh. Kukuh menyatakan bahwa dirinya belum tahu kapan realisasi dari investasi ini akan terwujud, namun pihaknya mendukung setiap perusahaan otomotif yang ingin berinvestasi di Indonesia. Kukuh juga menjelaskan bahwa perwakilan Ford RMA membahas mengenai investasi produksi kendaraan konvensional, bukan kendaraan elektrifikasi.

Ingin Produksi Mobil Listrik Juga?

Seperti yang cukup kencang berhembus, Ford kabarnya berminat untuk kembali ke Indonesia dengan wajah baru. Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa Ford ingin membangun industri kendaraan listrik dari hulu hingga hilir di Indonesia. “Jadi, tadi malah Ford ini masih diskusi dengan Deputy saya, mereka akan datang ke mari untuk melihat karena semua dunia ini melihat mana yang bisa mereka end to end dapat produk green dan cost-nya murah” ujar Menko Marves. Ini menjadi menarik karena kabar mengenai Ford ini muncul berdekatan dengan keputusan Tesla yang batal melakukan investasi di Indonesia dan nampak lebih memilih Thailand.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: