Mercedes-AMG G65 Direcall Karena Terlalu Kencang, Mundurnya

Mercedes-AMG G65 Direcall Karena Terlalu Kencang, Mundurnya
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebuah kabar recall kembali muncul, dan kali ini justru melibatkan merk ternama asal Jerman yaitu Mercedes-Benz, bahkan melibatkan divisi mobil kentjang-nya, Mercedes-AMG. Yang menarik, mobil yang terkena program recall ini adalah mobil yang terhitung langka, dan juga sudah punya nama besar dan pamor yang mentereng. Mobil ini adalah Mercedes-AMG G65. Lalu apa masalah yang membuat mobil ini harus masuk ke program recall? Yuk kita bahas.

National Highway Traffic Safety Administration alias NHTSA baru saja membuat sebuah rilis yang menunjukkan bahwa Mercedes-AMG G65 terlalu kentjang. Yap, mobil ini memang kencang, namun tingginya kecepatan dari Mercedes-AMG G65 ini apakah menjadi masalah? Iya, jikalau kalian gunakan saat mudnur. NHTSA mengungkapkan bahwa ada kesalahan perangkat lunak di Mercedes-AMG G65, khususnya yang bertugas untuk membatasi kecepatan dari gigi mundurnya. NHTSA merinci lagi jikalau mobil sedang masuk gigi mundur dan berjalan dengan kecepatan 25 km per jam lalu ada gerakan dari setir, maka mobil ini akan langsung tak stabil dan berpotensi untuk terguling.

Nah, untuk membenahi masalah ini, pihak NHTSA meminta Mercedes-AMG untuk melakukan update pada bagian perangkat lunaknya. Bagian perangkat lunak yang akan dibenahi oleh pihak Mercedes-AMG adalah bagian engine control software yang akan mengatur batas dari kecepatan kendaraan saat mundur. Nah, recall ini sendiri akan melibatkan seluruh unit dari Mercedes-AMG G65 di Amerika Serikat. Masalah besar? Nampaknya tidak, karena Mercedes-AMG G65 di Amerika Serikat hanya ada 20 unit saja. Mercedes-AMG G65 sendiri merupakan varian terkencang dari Mercedes-Benz G Class, dan mobil ini menghasilkan tenaga sebesar 621 hp dan torsi gila di angka 991 Nm yang merupakan produksi dari mesin berkubikasi 6.000cc Twin Turbo berkonfigurasi V12.

Masalah dari Mercedes-AMG G65 ini sendiri memang seolah kocak, dan agak unik, namun jikalau kalian yang mengalami, jelas bukan hal yang lagi bisa ditertawakan. Bayangkan, sebuah SUV dengan bobot 2,8 ton dan harga barunya yang ada diatas 3,2 Milyar, belum lagi statusnya yang adalah produk yang cukup langka itu terguling karena kalian bermanuver mundur, sebuah ironi tentunya. Nah, oleh karenanya, walaupun seolah hal kecil, namun maslaah ini tetaplah perlu penanganan. Sayangnya tak ada detail informasi mengenai kapan recall ini akan berlangsung. Mercedes-AMG G65 sendiri adalah lawan sepada dari SUV lain bermesin 12 silinder seperti Bentley Bentayga ataupun Rolls-Royce Cullinan, hanya saja dengan heritage bentuk yang tak berubah sejak beberapa dekade silam.

Sayangnya seri Mercedes-Benz AMG G65 yang menjadi varian G-Class paling bertenaga ini akan disudahi produksinya. Dan untuk menghormati seri Mercedes-Benz AMG G65, pihak pabrikan asal Jerman ini menelurkan seri pamungkas dengan nama Mercedes-AMG G65 Final Edition beberapa waktu silam. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: