Fokus ke CX-90, Mazda akan Hentikan Penjualan Mazda CX-9

by  in  Berita & International & Mazda
Fokus ke CX-90, Mazda akan Hentikan Penjualan Mazda CX-9
0  komentar

AutonetMagz.com – Mazda CX-90 merupakan SUV terbesar dan termewah di jajaran produk Mazda saat ini. Dengan konfigurasi 3 baris kursi serta penggunaan mesin berkapasitas dan bertenaga besar, banyak yang berspekulasi bahwa mobil ini akan menggantikan Mazda CX-9. Namun nyatanya, Mazda CX-90 justru menduduki kelas diatas Mazda CX-9. Sementara Mazda CX-9 sendiri belum ada generasi baru atau setidaknya pembaharuan minor.

Posisi Tanggung

Maka dari itu, Mazda USA telah mengumumkan untuk menghentikan produksi CX-9 pada akhir tahun 2023. Sejak adanya Mazda CX-90, posisi Mazda CX-9 menjadi terkesan tanggung. Karena dengan harga yang tidak berbeda jauh, anda bisa mendapatkan sebuah mobil dengan format yang sama. Namun memiliki desain yang lebih fresh luar dalam, teknologi yang lebih canggih, dan refinement yang lebih baik. Dapat dipastikan, penjualan Mazda CX-9 semakin turun dari waktu ke waktu.

Sebagai informasi, Mazda CX-90 dibanderol dengan harga mulai $ 39.595 (Rp 595 jutaan) sementara Mazda CX-9 dibanderol dengan harga mulai $ 38.750 (Rp 581 jutaan). Dengan selisih tidak sampai Rp 20 juta, anda bisa mendapatkan mesin yang lebih besar di CX-90 (3.3 l inline 6 turbo bertenaga 280 hp). Walaupun sama-sama varian entry level dengan fitur yang mirip-mirip, tapi dengan mesin yang lebih besar dan betrenaga serta model yang lebih fresh luar dalam, selisih segitu why not?

Prediksi Lain

Mazda CX-9 sendiri sudah memasuki generasi kedua yang diluncurkan sejak 2016 silam. Dilihat dari life cycle, rentang waktu selama itu rasanya sah-sah saja bila memang harus ganti generasi. Beberapa waktu lalu, Mazda telah memperkenalkan beberapa nomenklatur SUV baru yaitu Mazda CX-50, Mazda CX-60, dan Mazda CX-90. Range tersebut nampaknya menjadi kelas baru dengan spesifikasi ataupun bentuk yang berbeda. Kedepannya, nama CX- 2 digit ini sepertinya akan menjadi suksesor dari seri CX- 1 digit yang ada saat ini. Mengingat mereka semua sudah memiliki life cycle yang cukup lama dan belum berganti model.

Bagaimana dengan Mazda CX-9 di pasar lain? Mazda CX-90 untuk saat ini baru tersedia di pasar USDM. Sampai saat ini, belum ada informasi yang menyebutkan bahwa Mazda akan menjual mobil ini di pasar selain USDM. Sementara Mazda CX-9, belum ada generasi baru dan rasanya kurang worth it bila mengembangkannya hanya untuk pasar tertentu. Untuk menghemat biaya R&D, kemungkinan besar Mazda CX-90 akan dipasarkan juga di luar USDM. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: