Mazda MX-30 Menangkan Japan Design Car of The Year

by  in Berita&International&Mazda
Mazda MX-30 Menangkan Japan Design Car of The Year
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan sosok Mazda MX-30? Yap, mobil elektrifikasi pertama dari Mazda itu memang cukup menarik perhatian saat peluncurannya di Tokyo Motor Show 2019 silam. Kali ini, kabar baru muncul dari mobil ini, dan merupakan kabar baik. Mazda MX-30 baru saja dinobatkan sebagai Design Car of The Year 2020 – 2021 yang merupakan rangkaian dari Japan Car of The Year (JCOTY) 2020 – 2021. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Walaupun Mazda MX-30 tidak meraih titel puncak yaitu Japan Car of The Year, yang mana diraih oleh Subaru Levorg, namun titel yang diraih oleh Mazda MX-30 juga cukup prestisius. Titel ini menunjukkan bahwa desain dari Mazda MX-30 merupakan yang terbaik diantara jajaran mobil baru di Jepang dalam tempo 1 tahun terakhir. Sebagai catatan, Mazda MX-30 sendiri didesain dengan konsep yang disebut sebagai ‘Human Modern’. Mazda MX-30 mengambil bentuk sebuah crossover dengan mekanisme pintu ala Mazda RX-8 yang diberi nama freestyle doors. Desain yang unik dan fresh inilah yang nampaknya membuat juri JCOTY menganugerasi Mazda MX-30 titel tersebut.

Managing Executive Officer of Design & Brand Style Mazda, Ikuo Maeda menyatakan, “Merupakan sebuah kehormatan untuk kami bahwa Mazda MX-30 menerima penghargaan sebagai bukti penghormatan tertinggi terhadap desainnya. Saya sangat bersyukur pada semua pihak yang telah menunjukkan support mereka pada model Mazda MX-30ini. Di tahun 2010, kami memulai pengaplikasian Kodo Design di bawah filosofi desain ‘breathing Life into Cars. Dan di tahun kesepuluh sejak Kodo lahir, kami dapat mewujudkan arah barunya melalui Mazda MX-30. Kedepannya, kami akan terus bangga menjadi merk Jepang dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas desain Mazda”.

Nah, dari pernyataan beliau, nampaknya bisa kita simpulkan bahwa Mazda cukup concern dalam hal desain, dimana bahasa desain Kodo memainkan peran penting. Ini menjadi modal yang sangat berharga, karena kita semua tahu bahwa Mazda juga memiliki rencana panjang untuk naik ke segmen mobil premium. Dan konsistensi serta persisten dalam hal desain adalah sebuah hal yang perlu dimiliki oleh merk Premium. Perhatikan saja desain ala Mercedes-Benz, BMW, Audi, Porsche yang konsisten. Untuk Mazda MX-30 sendiri, selain desain, faktor spesifikasi menjadi poin utama dari Mazda. Apalagi, Mazda MX-30 dihadirkan sebagai mobil listrik pertama Mazda.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: