Toyota Vios Facelift 2017 Diluncurkan Tanpa Selebrasi Dan Fitur Baru

by  in Toyota
Toyota Vios Facelift 2017 Diluncurkan Tanpa Selebrasi Dan Fitur Baru
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Menjelang peluncuran Toyota Yaris Heykers dan Toyota Yaris Facelift, rupanya Toyota memberikan press release mengenai model baru Toyota Vios yang kini sudah mengalami facelift ringan. Padahal 2 hari lagi Toyota Yaris diluncurkan, kenapa nggak dibuat barengan saja ya?

Toyota Vios terbaru ini memiliki desain eksterior yang sama persis dengan Toyota Vios yang lama kita kenal. Hanya varian TRD Sportivo yang mendapatkan ubahan wajah lewat body kit baru, trunk spoiler, stiker baru dan velg two tone baru yang lebih sporty dan mewah. Oh iya, untuk velg, Toyota Vios tipe G juga mendapatkan model serupa.

toyota-vios-facelift-2017-indonesia

Masuk ke dalam interiornya, tidak ada ubahan berarti kecuali head unit model barunya yang kini dibuat lebih canggih karena bisa memutar DVD, melakukan browsing internet dan miracast seperti halnya Toyota Sienta.

Selain itu, ubahan yang kita akan sadari pada interior Toyota Vios terbaru ada pada tuas transmisinya yang kini memiliki posisi plus (+) dan minus (-) untuk melakukan perpindahan gigi manual secara virtual pada transmisi maticnya. Terakhir, Toyota memberikan ornamen AC berwarna silver untuk membedakan dengan model sebelumnya.

interior-toyota-vios-facelift-2017

Okay, Toyota sepertinya mencoba ke Eropa-Eropa-an dengan memberikan facelift yang ubahannya sangat-sangat minor. Namun di balik kap mesinnya, disinilah ubahan besarnya terjadi. Jika mesin Vios non-facelift dikenal sebagai mesin yang tidak efisien dan kurang bertenaga karena mesin 1NZ-FE terdahulu tidak cocok digunakan Vios baru yang lebih berat, kini Toyota mencoba melakukan improvement di sektor mesin.

Mesin 2NR-FE milik Toyota Sienta kini resmi disematkan ke dalam Toyota Vios terbaru, lengkap dengan transmisi CVT. Mesin baru ini di claim Toyota akan membuat mesin Toyota Sienta ini lebih irit dan akselerasinya lebih nyaman dibanding dengan model sebelumnya.

Mesin 2NR-FE ini memang terkenal halus dan lebih irit, karena sudah mengaplikasikan elemen-elemen mesin modern yang rendah gesekan. Hanya saja mesin terbaru ini sudah menggunakan pelumas 0W yang membuat harga service kendaraan terasa lebih mahal. Tenaganya juga tidak lebih besar dari Vios lama ayng bertenaga 109 Ps, kini hanya 107 Ps atau berkurang 2 Ps.

transmission

Sayangnya mobil ini tidak mendapatkan tambahan fitur mulai dari fitur kenyamanan hingga keamanan. Padahal kami berharap Toyota akan mengupdate mobil ini dengan sistem keselamatan seperti VSC, Hill Start Assist dan 3 buah airbags seperti Sienta yang lebih lengkap.

Hingga saat press release ini diberikan kepada kami, Toyota belum membeberkan apakah ada kenaikan harga pada Toyota Vios terbaru ini. Website resmi Toyota pun belum melakukan pembaruan karena saat kami periksa pada laman Vios, mereka masih memasang spesifikasi Toyota Vios dengan mesin 1NZ-FE. Menurut kalian, apakah ubahan ini cukup signifikan untuk menaikan harga Vios? Sampaikan dalam kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: