First Impression Review Toyota Alphard dan Vellfire 2015

by  in Berita&Merek Mobil&Mobil Baru
First Impression Review Toyota Alphard dan Vellfire 2015
0  komentar
Toyota-Alphard-dan-Toyota-Vellfire

Jakarta, AutonetMagz – Meneruskan estafet kesuksesan Toyota Alphard yang selama ini hadir di pasar sebagai market leader dari Luxury Van di tanah air, Toyota akhirnya meluncurkan duo Toyota Alphard dan Vellfire terbaru di Indonesia tidak lama setelah diluncurkan di Jepang. Namun uniknya, kali ini Toyota juga memboyong Vellfire sebagai varian yang memiliki eksterior sedikit berbeda dibandingkan dengan Alphard.

Varian yang akan kami lakukan first impression review terdiri dari sebuah Toyota Alphard V6 2.5 Excecutive Lounge yang dibanderol dengan harga 1,53 Milyar Rupiah dan Toyota Vellfire yang setara dengan Toyota Alphard G 2.5 dengan kelengkapan yang sama, hanya saja untuk Toyota Alphard G, kita akan mendapatkan interior beige, sedangkan Vellfire menggunakan warna hitam seperti Alphard Excecutive Lounge.

Sebelum kita mulai, mohon maklumi kualitas gambar karena kondisi cahaya di tempat peluncuran tidak mendukung untuk mendapatkan hasil foto yang baik.

Eksterior Toyota Alphard

Pastinya akan menjadi kontroversi bagi siapa saja yang melihat wujud Toyota Alphard terbaru, beberapa akan suka dengan tampilan depannya yang lebih futuristic dan berkesan ala robot Transformer, di satu sisi pasti beberapa orang akan mengatakan bahwa model Alphard terbaru ini jelek, sayangnya menurut selera kami, kami tidak suka tampilan Alphard terbaru. Untungnya Toyota memberikan warna hitam pada unit display ini, sehingga masih cukup tereduksi tarikan garis bumper yang aneh bin ajaib itu.

toyota-alphard-indonesia-v6

Tapi tenang saja, untuk anda yang tidak suka dengan tampilan Alphard terbaru, Toyota juga menghadirkan Toyota Vellfire terbaru yang memiliki wajah lebih baik, kalau menurut kami model yang ini pasti lebih dapat diterima di semua kalangan. Kami lebih suka model grille yang lebih simple, lampu yang dua tingkat dengan desain meruncing dan model bumper yang lebih mudah dicerna.

toyota-vellfire-putih

Selain wajah depannya yang berbeda, dari samping sebenarnya mobil ini nyaris tidak ada bedanya. Velgnya masih sama besar dengan ukuran R18 yang memiliki two tone color agar tampak kekinian. Seperti halnya Toyota Alphard edisi sebelumnya, tentunya mobil ini dilengkapi dengan ban ber profil cukup tipis bermerek Toyo karena merupakan mobil yang diimpor dari Jepang.

toyota-vellfire-samping

Seperti halnya bagian depannya, Toyota Alphard dan Vellfire terbaru memiliki banyak sekali aksen chrome, mulai dari handle pintu, dan lis kaca chrome yang sangat tebal sekali memberikan kesan bahwa aksen chrome ini ingin sekali terlihat. Salah satu hal yang menarik, selain Toyota mempertahankan garis pilar B dari generasi Alphard terbaru, kini Alphard mengusung desain floating roof mulai dari pilar C hingga ke belakang di Alphard terbaru ini.

toyota-alphard-executive-lounge-v6

Melihat desain belakangnya, lagi-lagi desain ini bukan selera kami meskipun lampunya tampak lebih modern dengan aksen LED bergaris. Bentuknya agak aneh karena di bagian sampingnya naik keatas seperti sayap burung yang hendak terbang. Diatas dudukan plat nomor juga kita akan menemukan aksen chrome yang sangat besar disini, mungkin menurut Toyota belum mewah kalau belum pakai chrome.

toyota-vellfire-g

Untuk Toyota Vellfire, mobil ini masih mengikuti jejak pendahulunya yang menggunakan lampu belakang model clear lens bening yang akan menyala merah jika lampu dinyalakan dan rem diinjak. Begitupula dengan lampu sein yang akan menyala oranye meskipun kaca tampak bening. Hal yang kami suka pada mobil ini, Toyota masih menyembunyikan wiper belakang dibalik wing spoiler atas agar terlihat modern.

 Interior

kabin-toyota-vellfire

Meskipun menurut selera kami eksteriornya tidak menarik, lain lagi jika kita berbicara interiornya, secara personal saya sangat menyukai interior Alphard terbaru yang dibuat lebih baik dan modern tentunya.

Okey, karena ini adalah mobil Luxury Van yang notabene kita tidak perlu ambil pusing tentang kursi baris pertama, langsung saja kita bahas kursi baris kedua mobil ini.

lampu-logo-toyota-vellfire

Masuk ke baris kedua Toyota Alphard dan Vellfire, kita akan disuguhkan iluminasi floor lamp dengan proyeksi tulisan “Alphard” pada Toyota Alphard dan “Vellfire” pada Toyota Vellfire (ya iyalah), namun karena kondisi ruangan kurang gelap, tulisan ini tidak begitu terlihat.

pegangan-pintu-toyota-vellfire

Masuk ke dalam interior, tentu saja Toyota menyediakan pegangan tangan untuk Toyota Alphard dan Vellfire, namun ada improvement cukup menarik disini, karena pegangan tangan di samping pintu dan belakang jok mobil ini kini dilapisi dengan kulit yang sangat nyaman ketika disentuh. Hal baik lainnya yang memudahkan masuk ke dalam kabin Alphard terbaru ada pada ground clearance-nya yang kini lebih rendah 10 milimeter sehingga memudahkan lansia masuk atau keluar dari mobil ini. Good job!

kabin-baris-kedua-toyota-alphard

Pertama kali kami mencoba duduk di kursi Toyota Vellfire yang memiliki harga sama dengan Toyota Alphard G 2.5, entah kenapa ketika duduk di kursi Alphard terbaru ini saya merasa tidak ubahnya duduk di Toyota Alphard Facelift 2013 yang memiliki fixed hand rest dan head rest yang bisa ditekuk kanan dan kirinya agar kepala kita tidak jatuh kesamping ketika tidur.

Untuk reclining dan ottoman, kita bisa mengaturnya secara elektrik dari hand rest samping, sedangkan untuk sliding maju mundur cantik, kita harus menggunakan cara manual seperti halnya mobil lainnya. Perbedaannya dibandingkan dengan Alphard terdahulu yang sama-sama memiliki fixed hand rest ada pada lebar gang antara kursi kanan dan kiri baris kedua untuk akses ke belakang yang terasa lebih lega dibandingkan dengan model sebelumnya.

pencahayaan-kabin-toyota-alphard

Hal menarik lagi ketika saya duduk di mobil ini ada ketika memandang plafon atasnya yang memiliki illumination lamp dengan 16 pilihan warna, memang model sebelumnya juga sudah memiliki hal tersebut, namun tidak bisa berganti warna seperti model saat ini. Fitur tambahan lainnya, di bagian plafon mobil ini kita juga mendapatkan pembersih udara Nano-e di bagian sebelah kiri.

Cukup unik mengingat biasanya Toyota menggunakan Plasmacluster dibandingkan dengan Nano-e. Tapi ada satu hal yang saya tidak suka di mobil ini, di plafon mobil ini kita akan menemukan sebuah roof monitor 10 inchi yang memiliki desain sedikit murahan seperti produk after market, apalagi ketika kita menyalakan lampu bawaan monitor tersebut yang berwarna kuning rasanya sangat merusak tatanan kemewahan mobil ini yang telah dibekali dengan lampu full LED di bagian interior.

tempat-penyimpanan-baris-kedua-toyota-alphard

Meskipun begitu, saya sangat suka dengan fitur wireless charging yang diberikan mobil ini dan terletak di belakang konsol tengah, sehingga sangat mudah dijangkau oleh penumpang baris kedua. Untuk anda yang memiliki smartphone model kekinian, tentunya fitur ini sangat berguna karena kita tidak perlu membawa kabel charging lagi untuk mengecas smartphone kita.

kontrol-kursi-baris-kedua-toyota-alphard

Untuk varian Excecutive Lounge yang dibanderol dengan harga lebih mahal 50% dari Alphard tipe G dan Vellfire, kita mendapatkan kursi yang lebih lebar, lebih besar dan tentu saja lebih nyaman. Kursi ini dilengkapi dengan pemijat, pengatur suhu dan hampir semua pengaturan elektrik ada di sebelah kanan hand rest. Wow!

meja-lipat-toyota-vellfire

Uniknya lagi, kita juga akan mendapatkan sebuah meja kecil yang dapat dihadirkan dan dihilangkan melalui fixed arm rest mobil ini, meja kecil ini sangat membantu untuk anda yang senang makan di dalam mobil atau membaca buku.

monitor-atap-toyota-alphard

Tidak hanya itu, kita juga mendapatkan roof monitor dengan Blue Ray Player dan melakukan screen mirroring dari smartphone anda lewat aplikasi Miracast. Kita juga mendapatkan system audio 17 speaker dari JBL di varian Executive Lounge ini.

mekanisme-kursi-toyota-alphard

Satu-satunya kelemahan dari bangku tengah Toyota Alphard 3.5 Q ini menurut kami ada pada akses ke bangku baris belakang yang cukup sulit, karena kursi yang lebih lebar, bisa dikatakan mustahil untuk masuk ke baris ketiga lewat aisle, sehingga kita perlu melipat kursi tengah maju ke depan untuk mendapatkan akses yang manusiawi ke kursi baris belakang, sayangnya untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan tenaga karena kursinya sangat berat dan reclining elektriknya sangat lambat sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

setir-toyota-alphard

Sekarang mari kita duduk di bangku depan, seperti halnya model Toyota Alphard sebelumnya, desain dashboard mobil ini sangat mewah, terutama di bagian center cluster, kami menemukan lompatan desain yang jauh lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya. Tombol-tombol di mobil ini tertata tapi dan modern, head unit juga semakin baik, kualitas pengerjaan superior, bahan material juga sangat bagus, dan kami sangat suka dashboard baru yang memiliki aksen kulit dan jahitan. Di varian tertinggi 3.5 Q, kita juga mendapatkan penghangat kursi, penghangat setir, rem tangan elektrik dan speedometer dengan instrument panel yang lebih lengkap.

head-unit-toyota-alphard

Namun ada yang lucu dari segi kelengkapan, karena untuk tipe G dan Vellfire, Toyota memberikan All Round View Monitor untuk memudahkan parkir, namun varian tertinggi yaitu 3.5 anda tidak akan mendapatkan hal tersebut.

tombol-start-toyota-vellfire

Sebenarnya masih banyak yang bisa kita eksplorasi dari interior Toyota Alphard terbaru, namun mengingat ini adalah mobil mewah yang sangat kaya fitur, mungkin akan sangat panjang dan tidak habis-habis jika kita bahas lebih lanjut.

Performa

mesin-toyota-alphard

Toyota Alphard memiliki mesin yang sama dengan Toyota Camry 2.500 cc bertenaga 180 Ps, hanya saja Toyota Alphard dan Vellfire kini memiliki transmisi CVT untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Untuk varian 3.5 Q Executive Lounge, kita akan dibekali dengan mesin berkonfigurasi V6 bertenaga 276 Ps dan transmisi automatic 6 percepatan.

kap-mesin-toyota-vellfire

Tidak perlu bicara performa dan handling, karena ini adalah Luxury Van yang mengutamakan penumpang tengah, karena kalau supirnya ngebut bawa Alphard milik bos, hati-hati bakal dipecat ke-esokan harinya. Jika anda ingin membawa mobil ini sendiri, lebih baik cari sedan mewah, karena seganteng apapun wajah anda, jika mengemudi Toyota Alphard pasti akan dikira supir pribadi.

Kesimpulan

Toyota Alphard dan Vellfire terbaru memang berubah menjadi lebih baik dari segi interior, bahkan ini adalah lompatan kemewahan interior yang cukup signifikan jika kita bicara teknologi, desain dan kualitas pengerjaan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Alphard sebelumnya.

toyota-alphard-samping

Hanya saja kami tidak suka bentuk eksterior dari Toyota Alphard terbaru ini yang sepertinya kehilangan makna dari apa itu sebuah kemewahan, untungnya untuk anda yang tidak suka dengan Alphard terbaru, anda bisa membeli Toyota Vellfire yang memiliki wajah lebih acceptable untuk semua kalangan, interiornya juga lebih mewah menurut selera saya karena menggunakan warna hitam.

So, jika kamu mau mengganti Alphard lama kamu dengan Alphard baru, lebih baik ambil varian Toyota Vellfire jika selera anda sama seperti saya. Mau tahu fitur dan fasilitas apa lagi yang masih dimiliki Alphard maupun Vellfire tapi belum dibahas? Tanyakan saja di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next:
  • Bener sih, kalo dihitung2 mendingan vellfire, desainnya lebih berwibawa

  • tioz

    Apapun modelnya ttp aja model baru pasti jd incaran..keluar model baru model lama jd jadul keliatanya..

    kedua ya toyota jrng melakukan rombakan berarti pd mesin..ya menfijuti sebelum2 mesin alphatd camry sama aja..duku 2.4 skrng sama 2.5..

    interior tambah ini tambah itu ya klasik style dr toyota lah utk tambah daya pikat pembeli..nanti kira2 4-6 bulan lagi keluar faceliftnya dgn bemper yg dirubah sedikit

    apapun itu sy yakin alphard maupun velfire baru ini akan ttp laris manis seperti pendahulu2nya…

    • Ridwan Hanif

      nggak 6 bulan juga kali, paling 2 atau 3 tahun mendatang

  • supercar

    fotonya jelek amat, nggak ada anak autonet yang bisa foto apa? kaya orang susah, liat speed creed tuh fotonya bagus bagus semua

    itu siapa orang jepang numpang mejeng lagi?

    • Kelihatan males baca ini, kan td tim penulis autonet udah minta harap maklum krn kondisi pemotretan indoor yg tidak memungkinkan utk menghasilkan foto yang bagus seperti foto outdoor, baca lg diatas dah

    • Naik supercar kok bawaannya sensi sih om, hati2 tar nabrak trotoar loh haha

      • Sanchez

        Udhlh, keleus berantem melulu udh kgk jaman kaleee!

    • Ridwan Hanif

      itu chief desainernya toyota alpard sama vellfire

      ya mohon maaf kalau fotonya jelek, jangan samain juga sama speed creed lah, kita mah apa atuh… hehehe

      • Suruh aja itu supercar yg potoin..jgn byk omong besar doang..beliin kamera yg bagus kirim ke autonet..hitung2 amal ibadah..

        matanya perlu diperiksa tuh gak baca kali dia uda dijelasin kalau ada mslh krn indoor …

    • ///AMG

      ketauan anak bocah kli nih yaa?, yg klo ngeliat bacaannya panjang” males bacanya tpi yg diliat cman gambarnya doang…haha 😀

  • New Alphard gorilla & Vellfire 2015..
    wiper blakang gmana klo mau dibersih??

    Sharus’a autonetmagz klo mau first impression & photo lbih baik test drive mobil skaligus jdi pembaca lbih tau performa mobil trsebut…
    Foto’a pun mngkin jdi lbih jelas…

    • Violet

      Betul juga ya, gimana cara bersihin wipernya tuh?

  • Liat brosurnua jadi ngakak sendiri.. fitur” utama yg ditampilin pake gambar hampir semuanya ada tulisan kecil “(3.5 Q Type)”… mgkn around view monitor disunat di varian 3.5 Q bwt gantiin jok pijetnya haha..

    • sebenarnya fitur2 di alphard 3.5 sama saja dgn tipe 2.5g dan vellfire 2.5g sama saja cuma beda di kursi pijat dan monitor tengah yg dimana tipe 3.5 udah bisa putar blue ray sedangkan tipe lain belum,cuma tipe x yg fiturnya kosongan kayak camry 2.5g

      • Fitur blue ray jg gak guna bung..enakan masukin fitur yg bisa baca dvd bajakan..blue ray juga ujung2nya males beli cd nya…yg ada monitor byk mati tergantung di plafon..

        • Ngakak lu bro, mobil alphard DVDnya beli 10 gratis 1 wkwkwk

          • sekarang jamannya blue ray bung,bukan dvd bajakan lagi

        • ///AMG

          masa yg pnya alphard gk sanggup beli blu-ray…Haha 😀

  • wow,mewah bgt dalamnya
    sebenarnya suka bgt sama yg executive lounge tapi grillnya itu loh,bikin kecewa bgt kayak liat cewek kampung pake behel diseantero giginya,mendingan vellfire aja deh sama2 mewah dan luarnya lebih keren dan harganya lebih murah tapi fitur pijatnya gak ada,seandainya ada perfect dah

    better than elgrand

  • Pak bos yg beli, pak sopir yg hepi hehe

    • Maddog

      Wkekwkwwkekwkekwk

  • DieselPower

    Nice review autonetmagz, sperti biasa, sangat detail.
    photo2 nya juga oke koq bisa dimaklumi lah kalo namanya low light

  • Ajip ni berita..fotonya ampe banyak banget..lama nurunin scroll nya hehe
    Itu pintu kedap air g bang hanif?
    Mengingat jakarta sering banjir n groundclearence nya ceper bgt..
    Biar ada penghangat kursi tp kalo celana basah c sama aja geheheh

  • subaru

    jadi kalo ketemu nih mobil paling ga siapin sunglass atau visor gelap untuk menghindari silau akibat chromenya..besok kayaknya bakal keluar versi full body chrome dengan harga 500 juta diatas varian termaha..mewah itu chrome….

  • ndaruuu

    wkwkw lucu juga fitur All Round View Monitor tidak tersedia di tipe alphard varian 3.5 Q , tapi salut dah vellfire akhirnya diperkenalkan di indonesia juga, kalau beli tinggal pasang body kit, biar nambah lebih elegan dan sporty lagi

  • Fotonya terlalu banyak bang,biasanya dikit ^_^

  • Sepertinya Toy mau menggait para raper yang suka chrome dan blink – blink. Syahrini pasti beli nih doi kan doyan yang blink – blink.

  • Itu pintu bagasinya dibuka tutup secara otomatis kan?

  • Marquezisasi

    Ternyata selera kita sama mas Ridwan Hanif hehehe

  • fahmi

    bang Ridwan Sory keluar dari tema, saya mau tanya Kok saya gak bisa Buka Review Honda HR-V Prestige Indonesia Part 1 di chanel autonetmagz (youtobe ), kenapa yach?
    tapi versi majalah sebelah ada tuh???

  • fahmi

    bang Ridwan Hanif and friend Sory keluar dari tema, saya mau tanya Kok saya gak bisa Buka Review Honda HR-V Prestige Indonesia Part 1 di chanel autonetmagz (youtube ), kenapa yach?
    tapi versi majalah sebelah ada tuh???

    • Darwin

      iya tu bang ridwan ama bang hilsat kagak bisa dibuka padahal uda nunggu sekian lama.
      kadang disitu saya merasa sedih 🙁
      hahaha

  • hadi

    Kualitas gambarnya kurang yahud,mungkin perlu pake 5d iii + lensa fix yg f1.2 bantai iso 12800 pasti mancep.hehe cuman saran jgn dimasukan ke hati… go autonetmagz

    • Ridwan Hanif

      ya kalau ada yang mau sumbang kita sih ikhlas ikhlas aja…. hahaha

      • Aduh

        Bro, gw mau sumbang freed s at gw ke autonetmagz untuk direview bisa nggak bro?

  • Gw suka dalamnya alphard, grillnya bagi saya tidak masalah, itu menjadi alphard terasa tinggi dan mewah

  • Shin

    Vellfire lebih oke dibanding Alphard nya ….

  • Bang hanif, kok review hrv nya di hapus d youtube?
    belum lulus sensor y?
    heeeheeeheee

  • Iya betul Bang hanif, kok di hapus d youtube?
    apa sales Honda yg cekal?
    asal objektif gk masalah dong, yg jelek di bilang jelek, y yg bgus di bilang bagus jg

  • rossi selalu di depan

    sama donk bu, kenapa nih gak nongol gambarnya di youtube HRV review,
    padahal udeh lame ane nantikan, piye iki bang Hanif/bang satrio ???
    tolong penjelasannya

    • batak

      bang jangan di sunat yach klo dah di munculin ladi di youtube…
      wkwkwkwkwwkkkk