Singapore Motor Show 2019 : Toyota RAV4 2019 Anti Desain Konservatif

Singapore Motor Show 2019 : Toyota RAV4 2019 Anti Desain Konservatif
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak generasi baru Toyota RAV4 diperkenalkan, Toyota memutuskan untuk lebih berani dengan desainnya. Tidak lagi main aman dan minim sudut-sudut tegas, kini Toyota RAV4 tampil lebih garang dengan gril ala Toyota Tacoma. Pada acara Singapore Motor Show 2019, kami bersua dengannya langsung dan memang desain gaharnya ini bisa memecah selera. Yang suka ya suka, yang tidak ya tidak, tapi bagus jika Toyota berani beranjak dari desain yang membosankan.

Toyota RAV4 2019 mengambil banyak ilham desain dari Toyota FT-AC Concept, dan untuk kali ini Toyota memakaikan Toyota New Global Architecture alias TNGA buat RAV4 baru. Meski di luar sana Toyota menyediakan varian two-tone dengan warna atap berbeda dibanding warna bodi, Toyota Singapura tidak menyediakan pilihan tersebut, alhasil tidak bisa berkreasi dengan pilihan warna berbeda antara bodi dan atap.

Lain sisi untuk urusan fitur, karena ia tidak buruk-buruk amat. Sebagai perlengkapan standar, Toyota RAV4 sudah punya lampu depan LED dengan mode Auto, lampu belakang LED, sensor parkir dan lain-lain. Pelek 18 inci bawaan Toyota RAV4 punya desain yang agak sederhana buat mobil segahar ini, dan di Singapura mobil ini tidak pakai kamera mundur. Sisi baiknya, pintu bagasinya sudah elektrik dan ada fungsi memori pengatur bukaan pintu.

Tidak ada yang neko-neko dengan interior Toyota RAV4, namun ia memiliki keanehan yang sama dengan KIA Rio spek Indonesia. Head unit Toyota RAV4 belum touch screen, hanya ada layar monokrom kecil sebesar jari tengah dan tombol-tombol fisik di sekitarnya. Sementara head unit RAV4 jadi poin minus, AC digitalnya jadi poin plus karena setelannya lengkap dan bisa dual zone, bahkan kenop AC-nya saja pakai grip putar dari bahan karet yang mantap dipegang.

Setir dan panel instrumen Toyota RAV4 identik dengan kepunyaan Toyota Corolla baru, terlebih karena panel instrumennya pakai layar di tengah dan jarum analog tradisional di kiri-kanan. Tepat di sekitar bawah kanan pengemudi, ada tombol buat auto hi-beam, membuka bagasi dan pemanas setir. Hm, padahal Singapura bukan negara beriklim subtropis atau dingin, tapi masih ada pemanas setir juga ya? Pemanas jok juga ada.

Fitur-fitur pemanja seperti wireless charging untuk smartphone, memori untuk jok pengemudi, brake hold, rem parkir elektronik, cruise control dan jok elektrik sudah ada. Fitur keselamatannya sendiri super lengkap, karena paket Toyota Safety Sense jadi standar kalau di Singapura. Kalau duduk di baris kedua, ruangan kaki dan kepalanya ternyata lega, ditambah lagi kita berhak atas armrest dengan cup holder, 2 port charger dan 2 kisi AC buat penumpang belakang.

Mesin Toyota RAV4 adalah mesin 2.000 cc 4 silinder Dynamic Force bertenaga 170 hp di 6.600 rpm dan torsinya 203 Nm di 4.400 rpm. Transmisinya menggunakan Direct Shift CVT yang menurut Toyota lebih responsif daripada CVT mereka yang sudah-sudah.

Harga Toyota RAV4 di Singapura termasuk pajak adalah 119,988 Dollar Singapur atau sekitar 1,252 M Rupiah. Wajar mahal, Singapur sangat mencekik soal perpajakan mobil. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: