First Impression Review Daihatsu Terios Facelift 2015 oleh AutonetMagz

First Impression Review Daihatsu Terios Facelift 2015 oleh AutonetMagz
0  komentar
2015-Daihatsu Terios-Wallpaper

AutonetMagz.com – Setelah banyak artikel yang kami sodorkan tentang Toyota Rush Facelift kepada anda, rasanya tak adil kalau kami tidak membahas kembarannya, Daihatsu Terios yang kemarin juga baru facelift. Sama seperti Rush, Daihatsu memberikan facelift bagi Terios agar mobil yang muncul tahun 2006 ini tak kelihatan usang.

Bahkan menurut beberapa komentar, kami perhatikan kalau banyak yang berujar Terios punya value for money lebih tinggi dibanding saudara kembarnya. Benarkan demikian? Ayo kita sikat habis semua dalam First Impression Review Daihatsu Terios Facelift 2015 bersama AutonetMagz.

Eksterior

Ubahan paling signifikan yang dilakukan Daihatsu pada Terios bisa kita lihat pada penampakan eksterior Terios. Layaknya kaum hawa yang menggunakan krim anti aging, Daihatsu berusaha menyegarkan tampilan Terios agar tampak lebih muda dengan sejumlah perubahan, seperti headlamp baru dengan LED positioning lamp.

2015-DaihatsuTerios-Facelift

Tidak seperti Terios sebelumnya, headlamp projector dengan bohlam halogen dan LED positioning lamp yang tampil modern kini sudah jadi standar di semua varian. Padahal dulu, versi termurah Terios TS hanya dibekali lampu diamond cut saja.

Gril Terios ikut berubah, dengan tiga garis krom yang punya desain selaras dan seolah menyatu bersama tarikan garis di dalam headlamp. Sektor gril bagian tengah dan bawah kini punya panel dengan motif printed carbon texture yang menurut kami sedikit unik sebenarnya. Di bagian bawah bumpernya yang unik, ada aksen menyerupai front bumper lips.

2015-Daihatsu Terios-DRL

Persis di samping fog lamp, khusus untuk varian R dan R Adventure, Daihatsu Terios telah dilengkapi LED DRL sebagai standar. DRL sungguhan lho, bukan lampu senja, jadi ini lebih baik dari Toyota Rush yang tak punya LED DRL sama sekali. Dengan ini, Daihatsu punya sedikit poin plus dibanding Toyota.

Dari sampingnya sih, sama saja dengan Terios lama. Tak banyak hal baru yang bisa kita simak selain lis chrome di kaca jendela bagian bawah yang sedikit mengangkat kesan mewah dan desain pelek baru. Dilihat lagi, ada aksen krom di fender depan, lengkap dengan plastik hitam yang mirip dengan kepunyaan Outlander Sport.

2015-Daihatsu Terios-Samping

Lihatlah spion sampingnya, ada aksen krom yang diberikan Daihatsu untuk Terios facelift ini. Menurut kami, kehadiran krom di area ini agak sedikit berlebihan, malah membuat mobil ini terlihat seperti kebanyakan krom dan jatuhnya malah jadi norak.

2015-Daihatsu Terios-Garnish Spion

Khusus varian R Adventure, ada emblem bertuliskan “Adventure” di bagian bawah pintu penumpang belakang. Tapi saat kami memeriksanya, sepertinya kualitas pengerjaannya tak begitu baik, soalnya emblemnya tak dipasang rapat dan kelihatan seperti mau copot.

2015-Daihatsu Terios-Adventure-Emblem

Di belakang, Daihatsu juga menerapkan desain bumper belakang baru, yang desainnya mirip seperti bumper depan. Satu hal yang perlu diperhatikan, akhir-akhir ini semakin banyak mobil baru yang tidak punya defogger pada jendela belakang, salah satunya Terios facelift ini. Mungkin mereka berpikir, wiper belakang sudah lebih dari cukup untuk mempertahankan visibilitas ke arah belakang mobil.

2015-Daihatsu Terios-Cover-Ban Serep

Lampu belakang Terios kini memiliki mika bening dengan LED baru untuk lampu remnya, cukup keren dan bagus sebenarnya saat kami pertama kali melihatnya. Di cover ban serepnya, (lagi-lagi) ada aksen chrome yang menjadi menu ubahan standar Terios baru. Menurut penilaian kami, kami lebih suka cover ban serep konde milik Toyota Rush facelift daripada Terios ini.

2015-Daihatsu Terios-Spoiler

Di sisi atas, selain antena radio baru di atap, Daihatsu juga menerapkan desain roof spoiler baru, yang kami pikir terlihat cukup agresif untuk SUV. Secara keseluruhan, eksterior New Daihatsu Terios Facelift 2015 sudah terlihat membaik dan cukup untuk menyegarkan SUV tua ini menjadi lebih kompetitif di segmennya.

Interior

Dibandingkan dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios punya banyak ubahan di interiornya mesin bentuknya cenderung sama saja dengan Terios lama. Yang paling kelihatan adalah trimming piano black di dashboard dan bahan fabric untuk door trim yang bisa membuat interiornya terlihat sedikit lebih mewah.

kabin Daihatsu Terios facelift

Ubahan lainnya adalah setir yang kini bentuknya sama persis dengan Toyota Avanza, lengkap dengan audio steering switch control. Sayangnya, setir ini tak dilapis bahan kulit sama sekali bahkan untuk varian termahal, jadi akan sedikit memberi kendala bagi anda yang telapak tangannya mudah berkeringat, karena akan membuat gengamman jadi sedikit licin.

audio daihatsu terios facelift

Di dashboard tengah, head unit dengan layar sentuh yang sama seperti Rush juga datang sebagai standar. Hal yang baik dari ini adalah, audio standarnya sudah komplit dengan Bluetooth, GPS, dan navigasi yang tidak tersedia sama sekali di Rush baru, jadi ini benar-benar nilai lebih yang dimiliki Daihatsu ketimbang Toyota.

spion daihatsu terios facelift

Akan tetapi, kami akan memberikan catatan mengenai spion tengah Terios yang tidak dilengkapi tuas yang biasa kita gunakan untuk anti silau, belum lagi batang spionnya yang terlihat seperti besi yang dibengkokkan tanpa cover. Ya, mungkin tak akan banyak yang memperhatikan bagian ini, tapi seandainya besi ini dibungkus cover, pasti akan lebih rapi.

Di sisi kanan pengemudi, ia tak sama seperti Rush yang punya tombol untuk mengontrol sensor parkir depan-belakang, Terios punya tombol untuk menghidup-matikan LED DRL-nya. Aneh, mengingat DRL seharusnya terus menyala dan tak bisa dimatikan, tapi setidaknya hal ini bisa jadi sedikit mainan saat bosan terjebak padatnya kemacetan Jakarta.

tombol daihatsu terios facelift

Terios baru sudah punya alarm dan immobilizer sebagai standar, jadi keamanan mobil ini sudah meningkat dibanding sebelumnya. Di konsol tengah, ada port HDMI dan USB, console box dan panel housing tuas transmisi yang berwarna piano black.

jok belakang daihatsu terios

Untuk joknya, Terios punya bahan fabric dengan desain baru seperti yang kita temukan pada Toyota Rush, lengkap dengan jahitan warna merah. Kualitas bahan dan pengerjaannya tergolong biasa saja, tapi bagian sandaran punggung joknya seolah terlihat sedikit lebih tipis. Entahlah, mungkin hanya perasaan kami saja.

bagasi daihatsu terios

Enaknya, mekanisme tip and tumble bawaan Terios masih dipertahankan berikut headrest di semua bangkunya. Di bagian bagasi, ada cargo net agar semua barang bawaan anda tak berantakan saat dibawa berkendara.

Mesin

Mesin 3SZ-VE 1.500 cc 4 silinder Terios yang sama dengan Avanza tak mengalami ubahan apapun, jadi harusnya rasa berkendaranya sama saja dengan Terios-Terios yang lama. Urusan fitur keselamatan, mungkin Terios akan terasa kurang lengkap dibanding Rush.

mesin daihatsu terios facelift

Kenapa? Soalnya tak semua varian punya ABS seperti Toyota Rush, hanya tipe R dan R Adventure yang punya perangkat tersebut. Tak ada jok ISOFIX, tak ada stability control, traction control dan hill start assist seperti rival-rivalnya yang lebih modern. Sayang sekali ya?

Kesimpulan

Pasar yang dihuni Terios semakin kompetitif, dan ubahan Daihatsu Terios cukup baik dengan eksterior yang punya lampu lebih modern, LED DRL dan bumper berdesain baru. Nuansa interior baru juga hadir berkat trimming piano black, cargo net dan lain-lain.

Karena menyasar pasar menengah ke bawah, Daihatsu merasa tak butuh untuk memberikan fitur-fitur canggih macam hill start assist, auto brake, sun roof dan sebagainya, karena kebanyakan konsumennya tak mencari hal itu. Yang biasanya mereka cari adalah tampilan baru, ground clearance tinggi dan budget yang masih masuk akal, terutama jika ingin beli SUV daripada Low MPV. Tinggal tambah sedikit anggaran, dapat deh SUV 7 seater.

Daihatsu-Terios-R-Adventure

Lebih dari itu, jika dibandingkan mobil-mobil lainnya di segmen ini, termasuk kembarannya Toyota Rush, Terios punya harga yang lebih terjangkau, fitur lebih banyak dan aksesoris eksterior yang lebih banyak juga. Jadi, SUV ini memang punya nilai value for money yang cukup tinggi (kecuali jika anda seorang pengemudi antusias atau penggemar teknologi terkini). Setelah Sirion facelift, Terios facelift ini juga termasuk kerja bagus dalam peningkatan nilai produk dengan value yang cukup tinggi menurut kami. Good Job, Daihatsu.

Bagaimana menurut anda tentang Terios facelift ini? Sampaikan opini anda di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • tim

    Tau ga, ada lagi 1 keunggulan terios ini dibanding rush, yaitu motif jok dari baris 1-3 sama semua.. beda sama rush yg baris 1-2 sama, baris 3 polosan dan terkesan jadi kaya jok aftermarket… tapi bwt gw ttep aja ga worth to buy terios ini.. 250 jt nambah dikit dpt ecosport, atw HRV tipe S… atw juke biasa (buka revolt)… tapi pengalaman gua prnh bawa xenia sama avanza, kayanya dari tarikan mesin sama kestabilan masih enakan avanza.. ntah apa karena feelig gua doang apa bener..

    • Ridwan Hanif

      ya jangan disamain bawa MPV sama SUV meskipun basisnya sama masbro

      • tim

        Ngga, mxd ane kalo bawa daihatsu sama toyota walopun mobilnya sama persis feelingnya tetep lebih enakan toyota.. makanya ane kasih perbandingannya xenia sama avanza, karena belum prnh bawa rush sama terios..

        • cicak

          sugesti aja itu bro wkwk

          • 206er

            Sugesti aja, soalnya keluarga kaleng (xenia-avanza, rusher, agyayla) semua bikinan daihatsu, Toyota cuma rebadge aja

    • subaru

      yang nyari kan yang pengen 7 seater suv model…HRV/Juke/Ecosport memang secara value for money unggul tapi untuk keluarga yang lebih mementingkan seven seater ya satu2nya pilihan di rentang harga segitu di ruster

      • Multy Sport

        ya tuh di segmen ini. cm ada 2 kembar yg ada 7 seater. HRV ecosport dan juke pd 5 seater. jd ngak bisa angkut semua sanak saudara hahah

    • aziz

      Bener banget gan. gua dulu pakai avanza terus ganti xenia tarikannya dan kestabilannya beda banget. sampai bolak balik ke bengkel resmi tapi tetep aja beda gan….

    • Hamid

      Iya. Feelingnya beda. Suara mesin juga agak beda.

  • gaps

    Kl masalah driving feeling emg lebih enak Av-Xen..secara Rush-Teri kan lebih tinggi,terus bodinya juga ga gtu lebar. Plus dia bobotnya juga jauh lebih berat. Mesinnya juga ga seberapa tenaganya…pas2an aja buat ngedorong nih mobil.
    Emg kl dipikir2 ga worthed kl beli Rush-Teri. Masih banyak yg nawarin hal yg jauh lebih menarik dr duo ini. Cm kl suruh milih Rush-Teri,jelas lebih ke Teri..fiturnya relatif lebih lengkap (untuk tipe atas),secara kualitas mirip2 dan harganya lebih murah sekitar 15an juta
    Cm yg bikin ilfil itu krom sm emblem Adventurenya itu loh..ampun deh. Mendingan kasih plastik hitam aja biar kesan machonya lebih kliatan. Atau tipe R-nya aja ya mendingan

    • reeza tanjung

      Justru karena bodinya

    • reeza tanjung

      Justru kerena body mobil itu beratlah yang enak.coba anda bandingkan antara avanza/xenia kalau kecepatan 100 ke atas itu rasanya seperti melayang.beda dgn rush/terios kalau kecepatan 100 keatas itu tdk terlalu melayang,karena body nya berat.kalau soal tenaga rush/terios anda bilang pas2an,itu tdk benar saya sudah pernah coba di jalan lintas tengah sumatra.waktu saya pulkam ke medan.saya pake rush balapan dgn kijang inova yg cc nya 2000 cc lebih besar dari pada rush yg hanya 1500 cc,yg menang adalah rush.apalagi avanza/xenia yg 1300 cc.ketinggalan dah.tinggal lagi skill yg bawa mobil.

  • mickey

    Terios ini cuma ngasih bonus service pas 1000km aja yh ?

  • gendeng

    Duh kumisnya..coba velg teri sama ama rush bakal not bad lah klo exterior..walaupun lebih bad dr hrv atau ecosport 😀

    Bakal rame ni pasti klo terirush yg di kupas..

  • mickey

    Ini duet udah ada ebd ba nya ga sih ? Rush ada immobilizer ?

    Remnya keknya masih belum ventilated disk yah
    Menyedihkan

  • gendeng

    Oh ya kmrn klo ga salah autonet nulis kalau varian R sama persis ama rush..itu samanya dalam bentuk exteriornya atau gmn ya? Klo yg di foto ini seri R, berarti exteriror modelnya beda ama rush..atau syaa yg salah baca ya

    • Hillarius Satrio

      seri R biasa sama persis sama rush, yang di foto itu R adventure

      • Za

        Varian R itu pengganti varian TX yg lama , varian R Adventure adalah pengganti varian TX Adventure

  • erwinperdana

    Untuk yg sekarang ini lbh luwes toyota Rush

  • Za

    Dari desain sih model Rush/Terios ini memang everlasting , mau diapain juga masih bisa bersaing dengan produk kompetitor . Apalagi secara teknis sudah memiliki kelebihan penggerak roda depan/RWD , dan kapasitas kabin penumpang yg dapat menampung 7 orang penumpang

    • Za

      Maaf ralat ber penggerak roda belakang / rear wheel drive

      • preman gang sepi

        Untung diralat kalo kaga siap siap dibully massal masbro.. Kwkwkwk

  • rony

    Good job daihatsu, mobil usang bisa disulap jadi tampak lebih baru, meski yaa tetep aja aura jadul 2006 nya ga bakal bisa hilang, secara fitur lbh banyak daripada rush, sayang cover ban serep ga seagresif rush. overall jelas lbh value for money, tapi jaminan pasti rush lbh laris berkalikali lipat secara punya bawaan emblem T :D, gw berharap bgt sama versi all new nya, tapi di berita sebelah petingginya bilang belom mau dan ga ada rencana rilis all new soalnya masih laku dan menguasai pasar, miris gw bacanya, intinya selama masih laku ga perlu inovasi 🙁

  • cicak

    ohya terios ini ban nya sudah sama dengan rush pake 235/60 atau masih pake 215/65?
    keliatan nya kaki kaki nya lebih keker rush

    • Firman Febrianto Asmoro

      sama bro, ukuran 235/60 sudah digunakan rush dan terios sejak facelift akhir 2013

  • Fajar

    Toyota Rush dan Daihatsu Terios ini menurut pandangan saya terlalu maksa melakukan facelift, padahal lebih baik membangun mobil baru. Miskin Inovasi. No Offense yah? Tiap org punya pendapat berbeda-beda. thanks

    • Dicky

      krna uda mulai terganggu sama kehadiran ecosport dan HRV bro…

      jd facelift dadakan ya gtu hasilnya

  • agogo

    Rush terios — Salah satu mobil dengan feeling berkendara paling “hambar”, tenaga mesin kedodoran, radius putar gede… I Say No…

  • zahrie

    kapan ya ada keluaran terios baru lagi yang belakangnya ga pake ban serep, kalau ada pasti laku keras dipasar SUV, contoh dulu CRV pake ban serep terus dirubah jadi laris manis sekarang..Ayo Daihatsu kamu bisa…

  • zahrie

    tolong donk diubah lagi terios agar tidak pake ban serep belakang biar lebih maco dan keren seperti model pajero dan fortuner, pasti laku keras dipasaran.. I love Daihatsu..

  • aaaaaa

    Mas….coba dong teriosnya di testdrive, terus review overall

    • Dicky

      disitu katanya mesinnya sama kaya avanza…yaaah ga beda jauh lah…lha wong ga ada perubahan

  • benn

    Dengan harga segitu, ogah banget deh tetap dapat sasis, suspensi n mesin lawas

  • reno

    mas hil, mas ridwan,
    untuk terios facelift sekarang itu ukuran ban nya udah sama seperti rush gak?
    apa masih beda ?
    karena ukuran ban penggaruh ke segi kenyamanan dan ke iritan bbm?
    mohon tanggapanya

    • Ridwan Hanif

      halo, untuk rush menggunakan velg 16 inchi dan terios menggunakan velg 15 inchi

      secara dimensi, seharusnya semakin besar velg semakin besar bobot velg tersebut, semakin berat tentu semakin tinggi kinerja mesin sehingga mengurangi efisiensi berkendara.

      namun mengingat perbedaannya tidak terlalu jauh, rasanya tidak sebegitu signifikan perbedaannya antara konsumsi bahan bakar rush dan terios. semoga bisa menjawab ya

      • reno

        iya makasih, sukses autonetmagz !
        ditunggu review HR-V nya…

        • gaps

          Ralat: Terios dr generasi awal peleknya ud 16″ masbro. Tepatnya lingkar 215. Sekarang juga masih 16″. Artinya sm kayak Rush.

  • saya sebagai mantan pengguna beberapa tipe suv yg berkeliaran di republik ini menyarankan agar memiliki rush/terios jika hanya mengedepankan mobil dgn tampang macho(?), tinggi, suspensi rasa mpv dan muat banyak. Namun jikalau ingin mencoba kokohnya sasis suv dan pengendalian mantap, pabrikan sebelah lebih mengerti anda.

  • faraz

    Tolong dong di review ama d test drive terios barunya

  • Bucharie

    ralat mas hanif untuk terios dari awal velg 16 sama dengan rush cuman untuk ukuran lebar masih lebar rus dari mulai 2013 ukuran lebar sama persis lihat di spesifikasinya bro trims

    • Ridwan Hanif

      kemarin data dari release 15 inchi, oke nanti akan kita update

  • akm

    tu yg terios warna merah tipe ap mas hillsat???

    • Hillarius Satrio

      tipe r

      • thank you om hillsat…

  • fedro

    215 R16 utk terios
    225 R16 utk rush

  • Position clearly considered!!

  • Dimensinya ada perubahan ga ni mas bro ?

  • tes

  • Alfian

    terios ini pake kamera mundur nggak sih ?

    • r4dy

      varian tertinggi R Adventure yg pake kamera mundur bro..

      • alfian

        Makasih Bro

  • masyoedh

    kayak e sama,
    Rush-Ter : 235/60/R16

    pernah coba punya temen, Rush-Ter sblm ini, empuk Terios
    apa karna Terios 5 Link ya ?

    kapan nih di review n test drive ?

  • sekarang yang manual udah pake ABS? mayan lah improvement nya.. sampe sebelum FL terakhir kan ABS cuma ada di varian matic..
    btw LED positioning lamp itu nyalanya bersamaan dengan apa ya? awalnya tak kira itu DRL.. wkwkwkw

    • r4dy

      yg manual masi blm pake ABS bro.. ABS cuma ada di varian matic.. DRL nya dibawah bro deket fog lamp..

  • Alfian

    Mau Nanya Terios Baru Ini Ada Kamera Belakangnya Nggak ?

    • hartono mustofa

      kayaknya ada untuk tipe r adv ,

  • Borghjhoe

    klo menurut gw kok aura terios lama masih kental banget, klo ane sih kurang suka SUV yang gendong ban serep di belakang..

  • kharisma

    Bagaimanapun juga IMAGE toyota lebih bergensi, biar terios ama rush sama, saya kalau punya uang mending beli rush apapun alasannya merk toyota is the best…….Untuk dijual kembali atau dimiliki dalam waktu yang lama tdk menjadi masalah!