Resmi Dijual, Daihatsu Rocky Lebih Mahal dari Toyota Raize!

Resmi Dijual, Daihatsu Rocky Lebih Mahal dari Toyota Raize!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita semua sudah tahu kalau apa pun yang kembar dari Daihatsu dan Toyota, biasanya versi Toyotanya akan lebih mahal. Sebut saja, di antara Calya-Sigra, Agya-Ayla, Rush-Terios lalu Avanza-Xenia, pasti versi Toyotanya punya banderol lebih tinggi daripada versi Daihatsu. Entah alasan apa yang membuat versi Toyota lebih mahal, entah alasannya masuk akal atau tidak, tapi fenomena ini sudah lama terjadi antara Toyota dan Daihatsu.

Namun dengan Daihatsu Rocky, Daihatsu mengubah kebiasaan tadi. Jika Toyota Raize dijual mulai seharga 215 jutaan di Jepang, Daihatsu malah menjual Daihatsu Rocky di Jepang seharga 1,705 juta Yen alias sekitar 220,1 juta Rupiah. Ya, berarti Daihatsu mulai menjual dengan harga lebih mahal sekitar 5 jutaan daripada Toyota. Waduh, tumben Daihatsu berontak, apa Daihatsu mulai bosan berada di bawah bayang-bayang Toyota?

Sepertinya tidak juga. Begini, jika Toyota Raize mulai dijual seharga 215 jutaan hingga 292,7 juta Rupiah, harga Daihatsu Rocky termahal adalah 2 juta Yen di tipe Premium. Harga 2 juta Yen kira-kira setara 258,2 juta Rupiah menurut kurs sekarang. Jadi, meski harga awal Daihatsu Rocky lebih mahal daripada Toyota Raize, namun varian teratasnya tetap lebih murah dari Toyota Raize. Fenomena ini nampaknya akan awet terus.

Daihatsu Rocky juga pakai mesin 1.000 cc 3 silinder turbo bertenaga 98 PS dan torsi 140 Nm, dikawinkan dengan transmisi D-CVT yang sama dengan Raize. Seperti halnya mobil JDM lainnya, ada versi FWD untuk yang mau lebih ekonomis atau versi AWD jika benar-benar butuh melibas jalanan licin di musim salju atau hujan. Daihatsu Rocky pakai sasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dengan suspensi MacPherson strut di depan dan torsion beam di belakang.

Desain Daihatsu Rocky dipermak di bagian depan untuk membedakan dirinya dengan Toyota Raize. Jika Toyota Raize punya muka mirip Toyota RAV4, Daihatsu Rocky mukanya didominasi gril segienam macan Daihatsu Sigra, Hyundai, Datsun atau Subaru. Peleknya juga beda desain meski sama-sama 17 inci, sementara bagian belakangnya tidak ada perubahan yang terlalu mencolok. Oh ya, lampu LED DRL khusus untuk varian menengah ke atas.

Berbarengan saat penjualan resminya, tim aksesoris resmi Daihatsu Jepang langsung merilis Daihatsu Rocky dengan 3 gaya berbeda. Ada Powerful Style yang gagah, Sporty Style yang dinamis dan Elegant Style yang mewah. Sebagai aksesoris tambahan, konsumen Daihatsu Rocky bisa memilih beberapa perintilan seperti tray cover bagasi, wireless charging, tread plate, lampu untuk konsol tengah dan lain-lain.

Daihatsu Rocky tetap menawarkan pilihan bodi single tone atau dual tone sesuai kemauan pemiliknya nanti. Urusan interior, ada beberapa corak dan detil yang berbeda tergantung trim yang dipilih namun desain dasarnya juga sama antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Spidometernya full layar, desainya bisa dipilih sesuai selera dan ruang bagasinya diklaim Daihatsu sebagai yang terluas di kelasnya dengan kapasitas 369 liter.

Mengenai fitur keselamatan, Daihatsu Jepang tidaklah pelit. Ada 7 airbags dan berbagai sistem keselamatan aktif dan pasif. Sebut saja ABS, adaptive cruise control yang bisa aktif di berbagai tingkat kecepatan, rem otomatis, blind spot monitoring, Erroneous Start Prevention Function with braking control buat gerak maju dan mundur, kamera 360 dan sistem yang bisa membantu memutar setir saat auto parking aktif. Apa opinimu mengenai Daihatsu Rocky? Sampaikan di kolom

Read Prev:
Read Next: