Fiat Bersiap Memproduksi Adik 500 dengan nama Topolino?

by  in Fiat&International&Spyshot
Fiat Bersiap Memproduksi Adik 500 dengan nama Topolino?
0  komentar
fiat-500-topolino-front-cover

AutonetMagz.com – Di jaman millenium ini produsen otomotif semakin bertambah dan semakin menggeliat, banyak yang menelurkan semua line up untuk menghajar semua pasarnya. Tapi tidak sedikit produsen yang memang mencetak mobil dengan segmen tertentu saja. Seperti Daihatsu yang cukup terkenal sebagai produsen model compact di Asia, namun bergeser ke benua Eropa julukan ini diberikan kepada Fiat.

Fiat dari dulu sudah banyak menelurkan mobil mobil khusus perkotaan yang kompak dan mewadahi kebutuhan keluarga Italia, bahkan Eropa. Seperti halnya 500 sekarang, selain itu kita juga mengenal Panda, Uno, 126, Seicento, Doblo, Punto dan lain sebagainya. Namun bergeser sampai ke titik nenek moyang mereka pada jaman dahulu maka kita mengenal Fiat 500 generasi pertama yang dijuluki Topolino, bisa dibilang ini city car pertama di dunia juga.

fiat-500-topolino-side

Diproduksi antara tahun 1936 hingga 1955, Topolino yang dapat diartikan “Tikus Kecil” ini juga bisa dibilang sebagai salah satu mobil terkecil di dunia. Panjangnya saja hanya 3,2 meter, setidaknya secara dimensi memang mirip dengan Daihatsu Ceria, namun pada tahun seperti itu mobil yang keluar punya dimensi yang mutan. Sehingga Topolino mungkin dianggap seperti Smart Fortwo pada jamannya. Soal mesin, Topolino berbekal mesin 569 cc dengan raihan tenaga 13 hp dan topspeed hanya 85 km/jam.

Sekarang Fiat 500 saja sudah jauh lebih besar dibanding versi dahulu dan mungkin Fiat jadi kepikiran soal pembengkakan versi 500 yang versi dahulunya memang kecil. Berdasarkan berita dari Passioneautoitaliane bahwa terdeteksi iring-iringan mobil berbasiskan Fiat Panda di Kota Pomigliano d’Arco, Italia dengan 2 jenis : model dua pintu dan versi wheelbase pendek.

FIAT 500 vintage

Versi wheelbase pendek ini bisa dibilang ukurannya hampir sepadan dengan VW Up! dan besar kemungkinan juga akan menjadi rival dari supermini VW tersebut. Secara posisi akan berada di bawah Fiat 500 tentunya dan sedikit berharap bahwa namanya akan menjadi Topolino… Kedengarannya menarik, bagaimana menurut pemirsa? Monggo sampaikan pendapat di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: