Ferrari SF90XX, XX Series Pertama Yang Bisa Dipakai Sehari-Hari

by  in  Berita & Ferrari & International
Ferrari SF90XX, XX Series Pertama Yang Bisa Dipakai Sehari-Hari
0  komentar

AutonetMagz.com – Ferrari dengan seri berakhiran XX adalah seri yang dikhususkan untuk penggunaan track seperti Ferrari FXX-K Evo, FXX Evo, dan 599XX. Namun, Ferrari dengan seri XX tersebut tidak Road Legal karena peformanya yang teramat buas. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, penggunaannya hanya dibatasi secara ketat di track. Lah, terus buat apa dibeli kalau tidak bisa digunakan di jalan raya? Nah, maka dari itu Ferrari memperkenalkan SF90XX Stradale dan SF90XX Spider sebagai seri XX yang bisa digunakan sehari-hari.

Mesin dan Downforce

Adanya aero bolt-on membedakannya dengan SF90 biasa. Lampu depannya memiliki profil yang lebih rendah. Sementara bagian belakang menggunakan ‘long tail’ dengan lampu belakang horizontal. Selain itu, pada bagian belakang juga terdapat wing dengan motorsport-style fixed yang memberikan peningkatan dalam downforce. Air passing melalui saluran di kap mesin dan wing belakang memberikan downforce sebesar 1.169 lbs (530 kg) pada kecepatan 240 km/h.

Mesinnya menggunakan jenis plug-in hybrid yang sama dengan SF90. Menggunakan mesin berkode F154FB V8 4.0 liter twin-turbo dengan tiga motor listrik bertenaga 786 Hp dan torsi 804 Nm. Sebagai informasi, SF90 biasa menghasilkan 769 Hp dan torsi 800 Nm. Dua motor listrik di depan dan satu di belakang menghasilkan 230 Hp, sehingga total tenaganya 1016 Hp. Ferrari mengatakan akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 2,3 detik untuk kedua body style dengan top speed 320 km/jam.

Interior, Bobot, dan Harga

Memasuki interior, kokpitnya cukup sederhana dengan banyaknya serat karbon. Namun, untuk beberapa area kontak tertentu menggunakan lapisan Alcantara dan technical fabric. Karpetnya sendiri ditiadakan untuk mengurangi bobot. Joknya masih menggunakan material karbon namun berbahan elastis yang dapat di-adjust sehingga menambah kenyamanan pengemudi. Perbedaan lainnya terdapat pada konsol tengah yang lebih sederhana serta gear selector dan switch power window yang dipindahkan.

Ferrari SF90 XX Stradale memiliki bobot 1.560 kg, sedangkan versi Spider lebih berat yaitu 1.660 kg. Atap hardtop lipat pada versi Spider dapat dioperasikan dalam 14 detik dengan kecepatan hingga 45 km/jam. Berapakah harganya? Menurut Autocar UK, SF90 XX dibanderol mulai dari 770.000 euro (Rp 12,8 miliar) untuk versi coupe Stradale, sementara versi Spider dibanderol 850.000 euro (Rp 13,8 miliar). Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: