Ferrari Dino Baru Bakal Memakai Jantung 2.900 cc V6 Twin Turbo 600 HP

Ferrari Dino Baru Bakal Memakai Jantung 2.900 cc V6 Twin Turbo 600 HP
0  komentar
render-ferrari-dino

AutonetMagz.com – Untuk sekarang, jika anda ingin sebuah Ferrari tapi hanya mampu beli yang harganya paling murah, Ferrari California T adalah jawabannya, tapi California T tidak akan murah lagi jika nanti Ferrari Dino terbaru sudah keluar. Begitulah, Ferrari sudah bilang kalau Ferrari Dino akan menjadi model termurah Ferrari dengan mesin yang cukup kecil ukurannya dibanding Ferrari lainnya. Bukan V12 atau V8, tapi V6.

Mau tahu bakal seperti apa mesin V6 Ferrari Dino? Coba lihat mesin Alfa Romeo Giulia, lebih tepatnya yang versi Quadrifoglio Verde. Sedan baru Alfa Romeo itu menggunakan mesin 2.900 cc V6 twin turbo yang dibantu oleh engineer Ferrari saat masa perancangannya. Ferrari Dino digosipkan akan memakai mesin ini, sama halnya seperti Ferrari F430 dan Maserati Quattroporte yang memakai mesin V8 yang sama.

Mesin-Ferrari-488-GTB-Twin-Turbo

Bakal ada 2 tipe mesin yang ditawarkan, yakni versi 450 hp dan versi 600 hp. Mesin ini akan dirancang agar ia bisa mematuhi semua peraturan di Uni Eropa, baik soal kapasitas, emisi dan lain-lain. Soal bentuk, ia akan berwujud coupe 2 seater yang ukurannya lebih kecil dari 488 GTB, sasisnya akan dibuat seringan mungkin dengan penggunaan bahan aluminium di sana-sini.

Ada hal menarik, menurut majalah CAR, kapasitas 2.900 cc dipilih agar konsumen bisa sedikit bernafas lega soal pajak yang akan mencekik mereka nanti, terutama untuk negara yang pajak kendaraannya dihitung berdasarkan kapasitas mesin, seperti China dan Indonesia. Meski begitu, harusnya sih kalau sudah bisa beli Ferrari, pemiliknya pasti mampu bayar pajak dan asuransinya , tapi lain ceritanya kalau mau mobilnya bodong.

Ferrari-488-GTB-Turbo

CEO Fiat Chrysler, Sergio Marchionne pun mengonfirmasi kalau proyek Dino memang masih dijalankan dan sudah sampai tahap pengembangan mesin. Boleh nih, jika kapasitas mesin Dino memang di bawah 3.000 cc, mungkin bisa terhindar dari perpajakan kendaraan negeri kita yang unik (atau aneh), at least untuk menghindar dari PPnBM misalnya. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: