Eksistensi Aprilia SR GT 200 Ramaikan Pasar Skutik Adventure

by  in Aprilia&Berita&Motor Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya segmen skutikadventure di Indonesia resmi diramaikan dengan hadirnya Aprilia SR GT 200 pada Sabtu (16/07) lalu. Lewat seremoni PT Piaggio Indonesia yang dilaksanakan di Dome, Senayan Park, Jakarta Pusat, SR GT 200 hadir membawa nuansa baru dari jajaran model Aprilia di Indonesia yang berisikan motor berperforma tinggi. Sebagai motor ‘paling kalem’ yang membawa branding Aprilia, mengapa SR GT 200 cocok untuk menjadi lawan yang sepadan dengan Honda ADV 160?

Desain Khas Superbike Ala Aprilia

Selain rupa desainnya yang tangguh nan sporti ditambah perlampuan full LED dengan desain khas Aprilia, SR GT 200 memiliki kaki-kaki yang cukup solid jika kalian ingin membawanya melewati medan off-road. Shock depan Showa berdiameter 33 mm yang memiliki jarak main 122 mm bersanding dengan dual shock belakang yang memiliki jarak main 102 mm ditambah adjustable preload 5-step, siap menemani ‘trabasan’ ringanmu. Aspek pendukung tema skutik adventure terlihat juga dari pemakaian ban Michelin Anakee Street dengan profil 110/80 R14 di depan dan 130/70 R13 di belakang, serta sektor pengereman yang sudah disc brake depan belakang dengan sensor ABS di depan.

Berbicara mengenai dimensi, Aprilia SR GT memiliki ukuran 1.920 x 765 (P x L mm) dengan wheelbase 1.350 mm. Jika dibandingkan dengan dimensi Honda ADV 160, SR GT ternyata memiliki dimensi yang lebih pendek (- 30 mm), namun lebih lebar (+ 2 mm) dan wheelbase-nya juga lebih panjang (+ 26 mm). Sementara untuk tinggi joknya, Aprilia SR GT 200 memiliki tinggi jok 799 mm sementara Honda ADV 160 780 mm. Melihat dari fiturnya, SR GT 200 juga sudah dilengkapi Start & Stop System, panel meter Full LCD, USB charging port, bagasi helm-in, kunci immobilizer, serta koneksi aplikasi Aprilia MIA (opsional). Sayangnya windshield pada Aprilia SR GT tidak bisa kita atur ketinggiannya.

Mesin Dengan Kubikasi Baru Dari Piaggio

Baik desain, dimensi, kaki-kaki, hingga fiturnya bisa bersaing dengan Honda ADV 160, namun bagaimana soal mesinnya? Dengan kubikasi 174 cc i-get berkarakter overbore, mesin SR GT 200 mampu mengeluarkan tenaga sebesar 17,4 hp (13 kW) @ 8.500 rpm dengan torsi 16,5 Nm @ 7.000 rpm. Saat dirasakan memang putaran awalnya terasa berat untuk membawa beban motor seberat 148 kg, namun saat putaran atas didapatkan SR GT dapat melaju dengan ringan. Tentunya jika dibandingkan dengan ADV 160, SR GT 200 sudah menang secara spek di atas kertas. Namun pembulatan displacement pada penamaan Aprilia SR GT lebih berani ya dibandingkan Honda ADV, 174 ke 200 sementara Honda 157 ke 160.

Brand Aprilia selalu berupaya membawa aura dan semangat dari sirkuit MotoGP yang kompetitif dan bergengsi ke jalanan di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan Aprilia SR-GT 200 sebagai produk terbaru dan paling luar biasa dari keluarga Aprilia yang tetap setia pada esensi brand Aprilia yaitu ‘designed for racers, built for riders‘, namun tetap relevan untuk berkendara sehari-hari, sehingga dapat menjawab kebutuhan akan skuter matik premium yang uniquestylish, serta sporty,” ucap Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia.

Jadi soal desain, dimensi, fitur, hingga mesin, SR GT cocok disandingkan dengan Honda ADV 160, namun bagaimana soal harganya? Aprilia SR GT 200 tersedia dalam dua trim dengan enam pilihan warna, ada Aprilia Black, Infinity Blue, dan Street Grey untuk trim SR GT 200 yang dibanderol Rp 60 juta (On). Sementara warna Street Gold, Raceway Red, dan Iridium Grey hadir untuk trim SR GT Sport 200 seharga Rp 61,5 juta (On). Nah melihat harganya, Aprilia SR GT 200 juga menyasar Yamaha XMax nih, jadi para mendang-mending pilih yang mana?

Read Prev:
Read Next: