EICMA 2017 : Suzuki SV650X Jadi Satu-Satunya Produk Baru Suzuki

by  in Berita&EICMA&International
EICMA 2017 : Suzuki SV650X Jadi Satu-Satunya Produk Baru Suzuki
0  komentar

AutonetMagz.com – Mungkin para penggemar pabrikan asal Jepang berlogo ‘S’ ini akan bertanya – tanya, dari kemarin – kemarin kok cuma Honda, Ducati, dan MV Agusta yang dikabarkan dari EICMA 2017, mana Suzuki-nya? Ya, memang jika kalian cermati pemberitaan dari gelaran EICMA tahun ini, Suzuki tak seperti merk – merk lain yang meluncurkan produk – produk baru. Bahkan, sebenarnya Suzuki hanya merilis satu motor baru di gelaran ini, yaitu Suzuki SV650X.

Kalian tentu sudah tak asing dengan motor ini kan? Karena kami sempat memberitakan motor ini beberapa minggu lalu. Dan saat itu, motor yang dibangun dari basis Suzuki SV650 dan merupakan versi produksi dari Suzuki SV650 Rally Concept yang sudah diperkenalkan pada tahun 2016 lalu di Osaka Motorcycle Show 2016 ini belum jelas kapan akan dirilis. Pada waktu itu GM Suzuki GB, Paul de Lusignan mengatakan bahwa kehadiran Suzuki SV650X adalah sebuah evolusi bagi desain motor Suzuki, namun pihaknya belum bisa mengkonfirmasi kapan motor ini akan diluncurkan.

Dan ternyata di EICMA 2017 inilah jawabannya. Suzuki SV650X resmi diluncurkan untuk menjadi motor bergaya cafe racer dengan basis mesin motor naked Suzuki SV650. Mesin yang ditanamkan di Suzuki SV650X sendiri menggunakan konfigurasi V-Twin dengan kapasitas 645cc yang bisa memproduksi tenaga maksimal 75 hp. Tenaga tersebut harus digunakan untuk menggerakkan motor berbobot 198 kg ini. Menemani mesinnya, Suzuki memberikan transmisi manual dengan enam percepatan dan juga tangki bensin berukuran 14,5 liter, alias naik 0,7 liter jika dibandingkan dengan Suzuki SV650.

Secara desain, Suzuki SV650X cukup identik dengan Suzuki SV650, hanya saja lampu depannya yang diberikan cover atau headlamp cowl membuat motor ini terlihat retro. Selain itu penggunaan stang model clip on dibanginkan model fat bar memperkuat kesan ala cafe racer-nya. Selain itu jok model tuck and roll juga diberikan pada Suzuki SV650X ini. Detail lain yang ikut berubah adalah absennya logo ‘S’ di tangki seperti motor Suzuki kebanyakan, dan digantikan dengan sticker bertuliskan nama pabrikannya, terlihat jadul kan? Ya memang itu tujuannya.

Selain detail – detail yang memperkuat kesan cafe racer, Suzuki SV650X juga mendapatkan peningkatan di aspek mekanikal yaitu dengan penambahan suspensi depan baru dengan preload adjustable yang memungkinkan pengendara untuk mengatur suspensi semau mereka. Suspensi baru ini juga akan digunakan oleh Suzuki SV650 untuk model tahun 2018 mendatang. Dan secara opsional, Suzuki juga menawarkan foglamp untuk motor ini yang terasa cocok dan elegan jika dipasangkan dengan lampu utamanya. Suzuki SV650X sendiri hanya dijual dengan satu pilihan warna saja, kombinasi hitam dan abu – abu dengan garis berwarna merah.

Secara umum Suzuki SV650X terlihat cukup elegan dan juga menarik, selain karena tampangnya, namun juga penggunaan mesin V-Twin-nya. Bagaimana kalau menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: