Molor, Pabrik KTM di Gresik Baru Beroperasi di 2019

by  in Berita&KTM&Merek Motor
Molor, Pabrik KTM di Gresik Baru Beroperasi di 2019
0  komentar

AutonetMagz.com – Sekitar enam bulan lalu kami mendapatkan kabar bahwa PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) memang ingin totalitas di pasar Indonesia, dimana salah satu bentuk nyatanya adalah membangun pabrik perakitan di lokasi yang sama yang menjadi gudang mereka yaitu di daerah Gresik. Dan kala itu, dikabarkan bahwa pabrik KTM tersebut akan bisa beroperasi di 2018 mendatang.

Bahkan ada pembaca kami yang mengatakan bahwa calon pabrik dari KTM tersebut sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan dan menyisakan pekerjaan rumah mengenai perijinan. Pabrik yang dikabarkan bisa memproduksi 1.000 hingga 2.000 unit motor per bulannya ini sendiri menjadi cukup menjanjikan, dimana pihak PJLM sendiri memang memberikan gebrakan di tahun lalu dengan melakukan koreksi pada harga motor – motor yang dijual oleh KTM. Namun nampaknya kabar gembira terkait pabrik KTM ini harus sedikit mundur.

Ya, ada kemoloran yang terjadi yang membuat pabrik KTM ini sendiri baru bisa beroperasi di tahun 2019 mendatang. Dikutip dari laman otomotif Kompas, pihak PJLM melalui Kepala Divisi Pemasarannya, Akhmad Zafitra Dalie, mengiyakan bahwa pada kenyataannya, ada sedikit hal yang tidak sesuai dengan yang teah direncanakan yang membuat molornya operasi dari Pabrik KTM di Gresik. Namun Dalie menyatakan bahwa semua proses masih berjalan lancar, dan pembangunan masih berlangsung.

Pabrik Gresik sendiri akan menjadi basis produksi dari tipe motor berkubikasi di bawah 400 cc milik KTM. Jadi, jika nantinya beroperasi, tentunya motor berkubikasi dibawah 400 cc seperti KTM Duke 200cc, 250cc, dan 390cc serta KTM RC 200cc dan 250cc akan dirakit lokal dengan harga yang lebih kompetitif dan STNK yang lebih cepat tentunya. Sejauh ini memang semua motor yang dijual oleh pihak PJLM masih merupakan motor CBU yang didatangkan langsung dari India, problemnya seperti kebanyakan motor CBU adalah pada lamanya proses pengurusan STNK.

Jadi, kita tentunya masih harus sedikit bersabar, karena baru pada 2019 nanti akan ada motor – motor KTM yang diproduksi lokal. Tentunya akan meningkatkan sisi kompetitif, karena kita tahu bahwa motor KTM punya karakter yang unik yang tidak dimiliki pabrikan lainnya. Nampaknya Kawasaki adalah pesaing yang harus bersiap, karena eksistensi produk KTM bisa mengancam posisi Kawasaki Ninja 250 RR Mono dan Kawasaki Z250SL yang berada di segmen pasar yang sama. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: