EICMA 2017 : Ducati Panigale V4 Akhirnya Diluncurkan, Tenaganya Edan

by  in Berita&Ducati&EICMA
EICMA 2017 : Ducati Panigale V4 Akhirnya Diluncurkan, Tenaganya Edan
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa bulan lalu kami sempat mengangkat sebuah informasi terkait versi perpisahan dari Ducati Panigale bermesin V-Twin dengan sebuah seri pamungkasnya. Dan setelah itu, pabrikan asal Italia ini mengembangkan mesin baru dengan konfigurasi V4 yang dipercaya diambil dari motor Ducati Desmosedici MotoGP. Dan kali ini, sebuah motor yang menggunakan mesin tersebut telah resmi diperkenalkan, inilah Ducati Panigale V4.

Pihak pabrikan asal Italia ini sendiri nampaknya cukup pede dengan kehadiran Ducati Panigale V4, bahkan mereka mengklaim bahwa motor jagoan mereka ini akan menjadi motor paling menarik di EICMA 2017 ini. Kehadiran dari Ducati Panigale V4 sendiri merupakan sebuah tonggak sejarah untuk pabrikan ini, karena pada akhirnya mereka meninggalkan mesin V-Twin mereka yang legendaris itu dan menggantikannya dengan mesin V4 tegak alias 90 derajat. Untuk mesin sendiri, Ducati Panigale V4 dimotor mesin 1.103cc dengan model tegak V4 yang memiliki torsi 124 Nm, namun tenaga maksimalnya buas dengan angka 214 hp, edan.

Angka tersebut kami sebut buas karena motor ini sendiri hanya berbobot kurang dari 200 kg, dengan spesifikasi tersebut, motor ini memiliki rasio power to weight yang baik dengan angka 1,08 hp/kg, impresif. Mesin yang ditanamkan pada Ducati Panigale V4 sendiri diklaim juga sebagai motor yang jauh lebih cepat di tikungan daripada pendahulunya berkat penambahan fitur counter-rotating crankshaft yang mampu membalik efek giroskopik dari roda motor. Fitur tersebut juga membantu motor untuk mengurangi gejala wheeli dan stoppie saat motor berakselerasi ataupun deselerasi.

Karakter torsi motor ini yang berada di putaran rendah hingga menengah juga diklaim cocok untuk penggunaan di jalanan umum, ataupun jika mau sedikit nakal di dalam trek. Ducati Panigale V4 sendiri akan diposisikan sebagai suksesor dari Ducati Panigale 1299 yang sudah terlebih dahulu pensiun. Untuk tipe dari Ducati Panigale V4, diprediksi akan ada tipe Ducati Panigale V4, Ducati Panigale V4 S, dan Ducati Panigale V4 Speciale. Untuk versi Speciale, kami akan bahas dalam artikel terpisah. Untuk jadwal penjualan sendiri, Ducati Panigale V4 dan Ducati Panigale V4 S akan dilepas ke pasaran pada bulan Januari tahun depan, dan versi Speciale beberapa bulan berikutnya.

Untuk fitur yang melekat pada motor ini, Ducati Panigale V4 akan diberikan 6-Axis Inertial Measurement Unit yang akan menjadi pengontrol dari paket elektronik antara lain Cornering Bosch EVO, Ducati Traction Control EVO, Ducati Slide Control (DSC), Ducati Wheelie Control EVO, Ducati Power Launch, Ducati Quick Shift up/down EVO dan Engine Brake Control EVO, banyak sekali EVO, seperti merk mobil yang itu. Untuk riding modes sendiri, Ducati Panigale V4 memiliki tiga mode, yaitu Race, Street, dan Sport. Pengereman dari Ducati Panigale V4 mengandalkan kaliper Brembo Stylema Monobloc 330mm di depan dan 245mm di belakang. Lampu dari Ducati Panigale V4juga sudah menggunakan LED, dengan LED DRL yang terlihat angker.

Panel isntrumen sudah pasti menggunakan model TFT LCD yang terlihat modern. Untuk kaki – kaki, motor ini akan dibalut ban Pirelli Diablo Supercorsa SP yang membungkus velg alloy berlabur warna hitam. Suspensi depan dan belakang digarap oleh Ohlins dengan NIX-30 di depan dan TTX 46 di belakang. Itu spesifikasi untuk Ducati Panigale V4, lalu untuk Ducati Panigale V4 S akan mendapatkan tambahan jok alcantara, handle grip khusus, adjustable foot pegs, racing interculated levers, dan brake level protection. Untuk versi speciale? Tunggu di artikel selanjutnya, sudah panjang nih artikelnya. Jadi bagaimana menurut kalian era baru di bawah Ducati Panigale V4? Yay or nay? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: