e-TNGA : Calon Platform Baru Toyota Untuk Mobil Listrik

e-TNGA : Calon Platform Baru Toyota Untuk Mobil Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa hari yang lalu, kami sempat mengabarkan bahwa pihak Toyota bakal gaspol untuk masuk ke segmen mobil listrik pada awal tahun 2020 mendatang. Nah, dari kabar tersebut, Toyota menyebutkan akan ada setidaknya 10 mobil listrik yang bakal diperkenalkan tahun depan. Nah, kali ini detail mengenai kehadiran produk – produk ini mulai terkuak, dimana platform yang akan digunakan oleh mobil – mobil listrik Toyota ini adalah e-TNGA.

Sesuai dengan namanya, e-TNGA berarti Electric Toyota New Global Architecture yang harafiah merupakan versi TNGA untuk mobil listrik Toyota. Nah, e-TNGA sendiri bakal diaplikasikan dalam 6 model global (dari 10 mobil listrik di tahun 2020 mendatang) yang antara lain adalah sebuah mobil kompak yang dikerjakan bersama dengan Suzuki dan Daihatsu, lalu sebuah mid-size crossover SUV, berikutnya adalah sebuah mid-size sedan, serta sebuah Minivan. Tak hanya itu, 2 model global sisanya adalah sebuah mid-size SUV yang dikerjakan bersama dengan Subarudan juga sebuah Large SUV.

Mengutip dari Automotive News, Toyota Global Design Chief, Simon Humphries menyebutkan bahwa pihaknya sedang membuat sebuah platform baru dan juga menghadirkan sebuah pengalaman yang baru bagi mereka yang akan membeli mobil dengan platform tersebut. Nah, platform ini sendiri bakal mengakomodir banyak opsi, mulai dari variasi sistem gerak roda depan, roda belakang, hingga dual motor AWD, dan juga macam – macam kapasitas baterai. Secara umum, platform e-TNGA bakal terbagi dalam beberapa modul, yaitu front module, center module, rear module, battery dan motor.

Untuk saat ini, pihak Toyota sendiri sudah memiliki beberapa mobil listrik, seperti Toyoa C-HR EV dan juga Toyota Izoa EV yang diperkenalkan di China beberapa waktu silam. Sayangnya, belum ada detail mengenai spesifikasi motor listrik dan jarak tempuh yang dihasilkan oleh kedua mobil ini. Hanya saja, pihak Toyota mengklaim bahwa baterai untuk Toyota C-HR EV dan Toyota Izoa EV merupakan produk lokal China yang diproduksi oleh pabrikan lokal Negeri Tirai Bambu tersebut. Menarik untuk menantikan 6 produk global yang akan dihadirkan Toyota pada tahun depan, karena tidak menutup kemungkinan mobil – mobil tersebut bakal masuk ke Indonesia.

‘Masuk’ ya, bisa jadi dipamerkan di pameran sekelas GIIAS ataupun IIMS, namun untuk dijual di Indonesia tentunya menantikan bagaimana kejelasan regulasi dai infrastruktur terkait di negeri kita tercinta. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: