BMW Bisa Suplai Mesin Untuk Toyota Corolla 2018?

by  in BMW&International&Toyota
BMW Bisa Suplai Mesin Untuk Toyota Corolla 2018?
0  komentar

AutonetMagz.com – Dengan hadirnya Honda Civic Turbo FC1, Toyota Corolla Altis seolah ketinggalan jauh dengan rival sebangsa dan setanah airnya itu. Corolla sudah facelift memang, tapi belum cukup untuk menghalau Civic yang memang sudah ganti model dari gen FB. Namun bukan berarti Toyota diam saja, karena mereka mengandalkan partnership mereka dengan BMW supaya Corolla baru bisa lebih bertaji nantinya.

Di samping kerjasama Toyota-BMW dalam menggarap BMW Z5 dan Toyota Supra, Toyota punya ide lain untuk memanfaatkan kolaborasi ini. Menurut beberapa laporan lokal Jepang, BMW bisa saja menyediakan persediaan mesin untuk Toyota Corolla 2018, alias all new di generasi berikutnya. Toyota Corolla baru akan memakai platform TNGA, yakni platform universal yang bisa ditemui di Toyota Prius dan Toyota CH-R.

Artinya, meski Corolla, Prius dan C-HR beda bentuk dari luar, namun di dalam kulitnya mereka pakai tulang punggung yang sama. Urusan mesin, ekspektasi pilihan mesin yang akan hadir di Toyota Corolla 2018 adalah sebagai berikut :  1.500 cc 4 silinder, 1.500 cc 4 silinder hybrid, 1.200 cc 4 silinder turbo 8NR-FTS dan 1.800 cc 4 silinder VVT-i. Lah, terus mesin mana yang bersumber dari BMW?

Sebenarnya masih belum jelas, apa BMW benar-benar menyumbang 1 mesin utuh atau hanya bantu-bantu Toyota merancang mesin saja. BMW sendiri pilihan mesinnya gampang ditebak : 1.500 cc 3 silinder turbo, 2.000 cc 4 silinder turbo, 3.000 cc 6 silinder twin turbo dan 4.400 cc V8 twin turbo. Dilihat-lihat, mesin 6 silinder atau V8 pasti lebay untuk sebuah Toyota Corolla, sementara yang 1.500 cc, Toyota sih juga punya.

Prediksi terbesar, mungkin mesin 2.000 cc 4 silinder turbo BMW-lah yang mungkin masuk ke ruang mesin Toyota Corolla 2018. Toyota Corolla baru sendiri dijanjikan lebih lega dari yang ada sekarang, tapi jangan harap bisa melihatnya dalam waktu dekat. Tentu saja, soalnya Toyota Corolla Altis kan baru facelift, dan kalau di Asean, ia sudah mendarat di Malaysia dan Filipina. Indonesia? Mungkin cepat atau lambat akan sampai juga.

Apa opinimu jika Corolla pakai mesin BMW? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: