Dirjen Hubdat Manfaatkan Momen KTT G20 Untuk Sosialisasi EV

by  in  Berita & Nasional
Dirjen Hubdat Manfaatkan Momen KTT G20 Untuk Sosialisasi EV
0  komentar

AutonetMagz.com – Memanfaatkan momen KTT G20, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) RI Hendro Sugiatno pada Minggu (13/11) lalu memulai sosialisasi EV lewat talkshow dan seminar dalam pameran Future SME Village di Nusa Dua, Bali. Pameran yang berlangsung dari 11-16 November 2022 ini merupakan Expo Side Events KTT G20 yang dapat dinikmati masyarakat luas.

Kendaraan Listrik Adalah Kendaraan Masa Depan

Pameran yang turut meramaikan event KTT G20 ini disebutkannya sebagai bentuk kampanye aktif untuk mempromosikan kendaraan listrik (EV) di kalangan masyarakat umum. Dirjen Hendro mengatakan bahwa tren perkembangan kendaraan listrik di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat. Menurutnya, kendaraan listrik adalah kendaraan masa depan melihat dari sisi penggunaan energi terbarukan.

“Saya mengapresiasi banyak produk-produk lokal yang sudah memproduksi kendaraan listrik. Charging dari produk lokal juga sudah banyak, karena itu kita mendorong terus termasuk konversi motor (berbahan bakar fosil ke listrik),” jelas Dirjen Hendro yang juga menerangkan bahwa saat ini insentif kendaraan listrik sedang dirumuskan sehingga harga EV bisa turun dan ekosistemnya segera tersebar.

Dukung KTT G20 Dengan Pameran Kendaraan Listrik

Expo Side Events KTT G20 Future SME Village 2022 juga sekaligus menjadi ajang pembuktian bahwa EV tetap bisa diandalkan selayaknya kendaraan konvensional lewat kegiatan turing EV Jakarta – Bali pada 7-11 November lalu. Danto Restyawan selaku Direktur Sarana Transportasi Jalan juga menyebutkan bahwa turing ini membuktikan bahwa kendaraan listrik dapat diandalkan, nyaman, aman, serta hemat.

“Masih banyak tantangan yang kita hadapi dalam perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, baik dari sisi produksi kendaraan listrik, komponen, penyebaran SPKLU dan juga perubahan mindset masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik,” ucap Danto. Ia juga menjelaskan bahwa PKBLBB 2022 Future SME Village ini telah memeriahkan KTT G20 dengan dukungan shuttle bus listrik serta pameran kendaraan listrik.

Selama pameran berlangsung, setiap harinya Ditjen Hubdat juga menggelar seminar & talkshow yang berbeda setiap harinya. Adapun topik bahasan meliputi kebijakan pemerintah soal perkembangan EV, EV sebagai transportasi masa depan, implementasi regulasi EV dalam dalam industri lokal, persiapan persaingan EV lokal di Indonesia, serta EV yang meningkatkan pembangunan negara.

Read Prev:
Read Next: