Dirasa Tak Logis, Toyota Akan Hentikan Produksi Mesin V8

by  in Berita&International&Lexus
Dirasa Tak Logis, Toyota Akan Hentikan Produksi Mesin V8
0  komentar

Autonetmagz.com – Dalam beberapa tahun terakhir, Toyota telah merilis beberapa sport car dari sub brand mewah mereka yaitu Lexus dengan mesin-mesin V8 yang powerful. Alhasil model-model seperti Lexus RC-F dan Lexus LC500 mendapat julukan “muscle car“-nya Jepang karena suara mesin yang menyerupai V8 mobil muscle dari Amerika. Sayangnya masa depan mesin V8 Toyota terlihat suram karena rencana mereka untuk memberhentikan produksi mesin tersebut.

Nah sebagai penggantinya Toyota sedang mengembangkan mesin V6 Twin Turbo dengan kapasitas 3.5 liter. Eits, jangan kecewa dulu ya, karena ada faktor diluar kendali Toyota yang berkontribusi terhadap keputusan mereka mengampak mesin-mesin V8. Faktor tersebut adalah pandemi COVID-19 dimana sebuah laporan dari majalah otomotif Jepang, Mag-X menyatakan bahwa sebenarnya Toyota sudah mengembangkan mesin V8 Twin Turbo baru untuk Lexus LC coupe mereka. Awalnya, mobil tersebut akan dimasukan ke balapan Nurburgring 24 Jam.

Namun dikarenakan kondisi ekonomi dunia yang melemah akibat COVID-19, Toyota menganggap mesin V8 tersebut tidak terlihat logis secara finansial untuk diproduksi dalam kuantitas banyak. Lantas bagaimana nasib mobil-mobil Toyota dan Lexus yang masih menggunakan mesin V8 kedepannya? Mag-X menyatakan bahwa untuk masa depan, Toyota akan fokus mengembangkan mesin V6 Turbo dan juga mobil listrik. Kemungkinan besar mobil sport flagship dan beberapa model SUV keluaran Toyota dan Lexus akan menggunakan mesin V6 Turbo dalam beberapa tahun kedepan.

Beberapa contoh model yang sudah bertransisi menggunakan V6 adalah generasi terbaru dari Toyota Tundra, Toyota Sequia dan Toyota Land Cruiser dimana mereka akan menggunakan mesin “GR” V6 3.5 Liter. Oke, memang mesin V6 tidak semacho mesin V8 tapi lebih baik mendapatkan sebuah mesin performance dibanding tidak sama sekali bukan? Nah, pabrik Toyota di Hunstsville, Alabama yakni salah satu dari dua pabrik Toyota di dunia yang memproduksi massa mesin V8 Toyota akan mulai memproduksi mesin V6 secara bertahap.

Jadi bagaimana opini kalian soal Toyota mengampak mesin V8 mereka? Tulis opini kalian di kolom komentar dibawah ya.

Read Prev:
Read Next: