Pangsa Pasar Suzuki Justru Naik di Masa Pandemi, Berkat Carry?

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Pangsa Pasar Suzuki Justru Naik di Masa Pandemi, Berkat Carry?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentu sudah sangat paham bahwa adanya pandemi di tahun 2020 ini memukul telak sektor otomotif, baik roda dua maupun roda 4. Walaupun begitu, dalam beberapa bulan terakhir industri otomotif mulai memulihkan diri, walaupun angkanya masih terpaut cukup banyak dari kondisi ideal. Nah, yang menarik, ada 1 merk yang malah mencatatkan peningkatan pangsa pasar di era pandemi ini. Dan merk tersebut adalah Suzuki.

Dalam rilis resmi yang kami terima, Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM dari Suzuki di Indonesia mencatatkan hasil positif di bulan November 2020 kemarin. Suzuki berhasil memberikan kontribusidengan peningkatan wholesales hingga 60% dan retail sales 27% jika dibandingkan bulan Oktober. Nah, angka ini turut menyumbangkan kenaikan wholesalesall brand GAIKINDO secara Nasional di bulan lalu yang tercatat sebanyak 9,84%. Hasil ini membuat Suzuki menguasai marketshare sebesar 15,3% dalam sisi wholesales dan 12,9% di sisi retail sales di bulan lalu. Tentunya ini menjadi sebuah catatan manis bagi Suzuki di usianya yang ke-50 tahun ini.

“Dari data GAIKINDO, angka penjualan kendaraan roda empat kembali naik di November. Hal ini pun terjadi dengan penjualan Suzuki yang naik cukup signifikan. Kami harap dengan meningkatnya angka penjualan saat ini bisa menjadi tahap recovery dan bahkan terus membaik sehingga pasar otomotif kembali terstimulus dan pulih,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS. Nah, satu catatan yang lebih penting ada di capaian tahunan Suzuki. Dalam periode Januari-November, SIS berhasil mendapatkan marketshare di angka 12,3% dalam hal wholesales dan 12,5% dalam hal retail sales. Angka ini naik kalau dibandingkan tahun 2019 lalu di periode yang sama yang ada di bawah 10%.

Jelas ini menjadi kado yang baik di tahun emas Suzuki di Tanah Air. Lantas, kok bisa pangsa pasar Suzuki malah naik saat pandemi? Jawabannya mudah, karena segmen komersial bertumbuh. Dan SIS punya jagoan kuat di segmen ini yaitu Suzuki Carry. Suzuki Carry berkontribusi sebesar 67,7% dari total penjualan wholesales dan 62,5% dalam hal penjualan retail. Angka tersebut jauh diatas Suzuki XL7 dan Suzuki Ertiga yang ada di posisi kedua dan ketiga. Jadi, cukup terlihat vitalnya peran segmen komersial bagi Suzuki di Indonesia. “Kami berharap agar pandemi segera berakhir, sehingga semua sektor industri, khususnya otomotif, kembali stabil dan terus meningkat,”  tutup Donny.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: