Definisi “Sport” Bagi Harley-Davidson, Inilah Sportster S 2023

by  in  Berita & Harley Davidson & International
Definisi “Sport” Bagi Harley-Davidson, Inilah Sportster S 2023
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam kegiatan Harley-Davidson DRT (Dirt. Road. Track.) Experience 2023 di Khao Yai, Thailand pada Jum’at (23/06) lalu, setelah Nightster Special 2023 kami juga diberikan kesempatan untuk mencoba Harley-Davidson Sportster S. Termasuk ke dalam lini model “Sport” Harley-Davidson seperti Nightster, berikut spesifikasi yang dihadirkan pada Sportster S 2023.

Sportster S 2023, Kombinasi Gaya Modern-Sporti-Klasik

Sesuai namanya, moge (motor gede) Harley-Davidson ini memiliki desain yang cenderung ke arah sporti dari mulai desain bodi dengan tangki bensin model teardrop yang ramping hingga bagian belakang dengan desain ala buntut tawon. Harley-Davidson Sportster S 2023 juga diberikan grafis warna yang modern dan simpel, tidak berusaha terlihat seperti motor klasik sehingga makin menguatkan sisi sporti dari sebuah motor cruiser Harley-Davidson.

Kesan modern juga terlihat dari segi perlampuannya yang sudah full LED dengan lampu utama juga lampu rem yang mengambil bentuk pipih bukan bulat. Dari segi dimensi, Harley-Davidson Sportster S 2023 hanya lebih berat 3 kg (228 kg) saja dan tinggi kursi yang bertambah 50 mm (765 mm) dari Nightster Special 2023. Untuk motor besar di kelas 1.200 cc, bobot dan tinggi jok tersebut tentunya tidak akan mengintimidasi pengendaranya sama sekali.

Harley-Davidson Yang Siap Melibas Sirkuit

Karena Sportster S adalah motor Harley yang berorientasi ke arah performa, ia dipasangkan velg 17 inci di depan dan 16 inci di belakang dengan jarak main suspensi yang lebih pendek dibandingkan Nightster Special. Untuk suspensi depan jarak mainnya hanya 92 mm sementara suspensi belakang 51 mm, memang hal ini akan membuat bantingan dari Harley-Davidson Sportser S 2023 terasa keras dibandingkan Nightster. Namun untuk dikendalikan di kecepatan tinggi, spesifikasi suspensi tersebut akan membuat Sportster S jadi lebih stabil ketika menikung pada kecepatan tinggi.

Melirik soal mesinnya, Sportster S 2023 juga sudah dipasangkan mesin Revolution Max 1250T terbaru yang tidak lagi memakai pushrod. Tetap berkonfigurasi V-Twin dengan kubikasi mesin 1.250 cc, Harley-Davidson Sportster S 2023 dapat mengeluarkan tenaga 121 hp di 7.500 rpm dengan torsi 125 Nm di 6.000 rpm. Sama seperti Nightster, mesin disandingkan dengan transmisi 6-percepatan lalu disalurkan ke roda belakang lewat V-Belt dengan rasio 34/80.

Berbicara mengenai fitur dan konfigurasi tombol pada bagian stang kemudi, Sportster S memiliki spek yang sama persis dengan Nightster Special 2023. Ya walaupun memegang fitur dan teknologi yang sama dengan adiknya, Harley-Davidson Sportster S 2023 tetap memiliki keunggulan dari segi performa berkat kaki-kaki dan mesinnya. Itulah kenapa harganya dibanderol Rp 657,3 Juta atau lebih mahal 46 Juta dibanding Nightster. Jadi kalian lebih pilih Sportster S atau Nightster Special?

Read Prev:
Read Next: