Datsun Bertahan di India & Rencanakan Produk Baru

by  in Berita&Datsun&International
Datsun Bertahan di India & Rencanakan Produk Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya, isu mengenai berhentinya produksi Datsun di Indonesia sudah menyebar kemana – mana walaupun hingga detik ini masih belum ada informasi secara resmi dari pihak NMI. Namun, kondisi yang berbeda malah terjadi di India, dimana Datsun dikabarkan masih akan bertahan di Negeri Bollywood tersebut. Malahan, merk satelit dari Nissan ini akan memperkenalkan produk baru di India pada tahun 2020 mendatang. Yuk kita bahas.

Mengutip informasi via Nikkei, pasca turunnya Carlos Ghosn dari tahtanya di Nissan, gonjang ganjing melingkupi merk asal Jepang ini. Dan guna menetralisir kondisi ini, pada bulan oktober lalu pihak Nissan sempat mengumumkan akan mengkaji ulang bisnis mereka, termasuk melakukan perubahan strategi bisnis untuk mengembalikan kondisi mereka. Nah, beberapa hari lalu, pihak Nissan telah resmi menunjuk Makoto Uchida sebagai suksesor dari Hiroto Saikawa di kursi CEO Nissan. Dan dari penunjukan ini, muncul keputusan untuk mengakhiri produksi dari mobil Datsun di Russia dan di Asia Tenggara.

Jika merujuk ke Asia Tenggara, maka tentunya pabrik Indonesia-lah yang dimaksud. Di Indonesia sendiri, selama tahun 2019 ini pihak Datsun hanya menjual 5.921 unit mobil secara wholesales, sebuah angka yang buruk untuk segmen mobil murah. Sedangkan di Russia, penjualan Datsun di 2018 silam ada di angka 20.000 unit yang mana sudah turun sebanyak 20% dari tahun sebelumnya. Dan kalau ditotal, penjualan Datsun yang selama ini beroperasi di 10 negara ternyata hanya menyumbang 1% dari total penjualan global Nissan. Angka yang tentunya jauh di bawah angan – angan Ghosn saat menghidupkan kembali merk ini.

Walaupun begitu, pihak Nissan nampaknya masih ingin berjuang untuk eksistensi merk Datsun dengan terus mempertahankan operasional mereka di India. Bahkan, Datsun akan memperkenalkan sebuah SUV kompak baru di tahun 2020 mendatang dengan panjang tak lebih dari 4 meter. Jika melihat spesifikasi tersebut, nampaknya Renault Triber bisa saja menjadi basis dari mobil ini, tapi itu baru dugaan kami. Selain di India, pihak Datsun akan memulai produksi mobil mereka di Pakistan dalam waktu dekat.

Jadi, bisa dikatakan pihak Nissan bukan menutup total operasional dari Datsun, namun melakukan evaluasi di market mana mereka sudah tak memungkinkan beroperasi. Kalau menurut kalian bagaimana, kawan? Masih berharap Datsun tetap eksis di tanah air? Atau biarkan NMI fokus dengan Nissan saja?

Read Prev:
Read Next: