Suzuki Ertiga Berpeluang Untuk Menjadi Mobil Listrik

Suzuki Ertiga Berpeluang Untuk Menjadi Mobil Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Sedikit flashback ke perjalanan kami ke India beberapa minggu lalu, beberapa kota besar di India nampak sudah berada dalam kondisi udara yang buruk. Tingginya tingkat polusi di negara tersebut memaksa Pemerintah untuk memperketat standar emisi menjadi BS-VI atau setara Euro6. Nah, disaat yang bersamaan, mobil diesel yang selama ini menjadi primadona di India pun mulai tergerus.

Dan salah satu solusi paling masuk akal untuk berpindah dari mesin diesel sembari memperbaiki kualitas lingkungan adalah beralih ke mobil listrik. Termasuk yang sedang direncanakan pihak Maruti Suzuki. Mengutip informasi via GaadiWaadi, pihak Maruti Suzuki saat ini memang tengah mempersiapkan kehadiran mobil listrik pertama mereka. Dan mobil tersebut menggunakan basis dari Suzuki Wagon R versi Jepang. Nah, mobil ini dikabarkan akan hadir di tahun 2020 mendatang. Namun kami tidak akan membahas mengenai mobil mungil ini, karena ada informasi lain yang lebih menarik, yaitu mengenai mobil listrik kedua yang akan digarap pasca kehadiran Suzuki Wagon R EV.

Sumber menyebutkan bahwa ada 2 mobil yang masuk dalam feasibility study terkait memungkinkan atau tidak mobil tersebut untuk beralih menggunakan motor listrik. Dan kedua mobil tersebut adalah Suzuki Ertiga dan Suzuki Ciaz. Kenapa Suzuki Ertiga? Mudah saja, karena LMPV tersebut laris manis di India, sedangkan Suzuki Ciaz pun sama, dimana kalian akan sangat mudah menemukan sedan di negeri tersebut. Nah, feasibilitystudy tersebut sudah berjalan, dan mengeluarkan hasil positif untuk Suzuki Ertiga. Bahkan kabarnya lampu hijau sudah diberikan untuk melakukan R&D guna mewujudkan Suzuki Ertiga EV.

Untuk saat ini, pihak Maruti Suzuki di India sendiri telah menjual Suzuki Ertiga dalam beberapa opsi mesin, antara lain mesin K15B bensin seperti yang kita kenal di Indonesia namun dengan tambahan sistem mild hybrid ala Suzuki yaitu SHVS. Lalu masih ada juga mesin DDiS 225 yang berkubikasi 1.500cc Diesel, serta mesin S-CNG yang menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Kehadiran Suzuki Ertiga EV sendiri tentunya bakal memberikan opsi baru, serta menjadi peralihan jikalau nantinya standar emisi makin ketat dan tak memungkinkan bagi Suzuki untuk mengembangkan mesin baru lagi.

Nah, jikalau nanti diperkenalkan, bisa jadi Suzuki Ertiga EV juga mampir ke Indonesia. Namun dengan satu syarat, saat infrastruktur pendukung EV sudah jelas, dan regulasi terkait EV sudah berjalan maksimal. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: