Dalami Konsep Smart City Dari Hyundai Motor Group Untuk IKN Indonesia

by  in  Berita & Hi-Tech & Hyundai
Dalami Konsep Smart City Dari Hyundai Motor Group Untuk IKN Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam kunjungan kami bersama PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) ke Seoul, Korea Selatan pada Rabu (12/07) lalu, Hyundai Motor Group (HMG) turut menjabarkan karya visioner mereka berupa kota pintar (smart city) untuk masa depan mobilitas manusia yang lebih baik. Akan diaplikasikan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Indonesia, berikut detail mengenai konsep Hyundai Smart City.

Hyundai Smart City, Dibangun Di Atas Tiga Pilar Utama

Sejak mengumumkan visi kota masa depan pada 2020 lalu, HMG terus mengembangkan berbagai solusi smart mobility. Dibangun di atas tiga pilar utama yaitu human-centered, coexists with nature, dan embraces the future, pihak Hyundai juga terus berupaya untuk memproduksi solusi mobilitas masa depan seperti transportasi umum pengganti bis/kereta yaitu Purpose Built Vehicles (PBVs) dan pengganti helikopter yaitu Advanced Air Mobility (AAM) sebagai bentuk kendaraan untuk Hyundai Smart City.

Hyeyoung Kim selaku Vice President of the Smart City Innovation Group HMG mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya menciptakan kota masa depan di mana manusia hidup harmonis bersama alam sembari memanfaatkan teknologi mobilitas terbarukan Hyundai untuk menghubungkan orang-orang dengan lebih terintegrasi. “Untuk itu, kami akan terus berinovasi dan menghadirkan solusi smart city yang lebih baik melalui tim R&D tingkat dunia untuk semakin berkontribusi terhadap kemajuan umat manusia,” terangnya.

Akan Diaplikasikan Ke IKN Nusantara, Indonesia

Selanjutnya pada 2022, HMG memperkenalkan greenfield smart city reference, model kota berbentuk segi enam yang menunjukkan bagaimana Hyundai Smart City memperlihatkan keberlanjutan yang mendukung kehidupan sehari-hari. Terbagi menjadi lapisan permukaan dan bawah tanah, bangunan di lapisan permukaan Hyundai Smart City ditata untuk mengelilingi alam, yakni taman dan hutan kota. Sementara lapisan bawah tanah akan menghubungkan kota dengan infrastruktur jalan di mana seluruh kebutuhan penduduk akan dikirim menggunakan solusi autonomous mobility.

Hyundai juga telah menjalin kolaborasi dengan pemerintah di berbagai negara untuk mewujudkan visi kota pintar tersebut, salah satunya di IKN Nusantara. Resmi menandatangani MOU dengan Otoritas IKN, Hyundai Motor Company akan meneliti dan mengembangkan solusi AAM di Indonesia untuk kota pintar IKN Nusantara sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Rencana ini tentunya sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia dalam melestarikan lingkungan dengan target net-zero emissions pada 2060 atau lebih cepat.

Nah untuk kalian yang tertarik melihat konsep kota pintar berkelanjutan dari Hyundai yang akan diterapkan di IKN Nusantara Indonesia bisa langsung meluncur ke Hyundai Mobility Exhibition Center yang berada di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah. Di sini kalian bisa melihat konsep smart city berkelanjutan yang didukung dengan solusi mobilitas inovatif seperti AAM, PBVs, dan The Hub.

Read Prev:
Read Next: