Daihatsu GranMax Pakai Mesin Baru, Bisa Minum Pertalite?

by  in  Mobil Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Pameran IIMS sebelum masa pandemi jadi saksi kala pasar mobil niaga kembali bergoyang. Tentu saja kami merujuk kepada Suzuki Carry baru, dan setelah itu ada juga Mitsubishi Colt L300 yang kini bukan lagi rakitan lokal, melainkan impor dari Filipina. Daihatsu tentu tak tinggal diam, apalagi mereka adalah kontestan terkuat di kelas mobil niaga. Hari ini (30/8) PT Astra Daihatsu Motor memperkenalkan Daihatsu Gran Max baru dengan beberapa perbaikan.

Perbaikan terbesar ada di penggunaan mesin baru berkode 2NR-VE dengan teknologi Dual VVT-i baru. Ya, ini adalah mesin yang identik dengan mobil hasil kolaborasi Daihatsu dan Toyota, jadi kemungkinan banyak orang sudah familiar dengan mesin ini. Selain mesin baru, ada juga satu-dua pengembangan lain di Daihatsu Gran Max baru. Apa saja yang berubah, mengingat biasanya mobil niaga mengedepankan daya tahan, fungsionalitas dan kemudahan perawatan.

Daihatsu GranMax Baru Harus Pakai Bensin Apa?

Mesin Daihatsu GranMax baru memakai unit 1.500 cc 4 silinder dengan Dual VVT-i dan transmisi manual untuk menggerakkan roda belakang. Tenaga dan torsi kini ada di angka 97 hp dan 134 Nm, di mana itu masih cukup untuk mesin 1.500 cc. Untuk bahan bakar, tentu target konsumen Daihatsu GranMax penasaran apakah ia aman minum Pertalite. Menurut Daihatsu, GranMax bermesin baru bisa minum bensin RON 90, namun kinerja mesinnya akan sedikit menurun.

Tentu saja jika konsumen risau soal itu, Daihatsu masih menyediakan GranMax bermesin 1.300 cc yang tidak mengalami perubahan apa-apa sama sekali. Selain mesin, Daihatsu GranMax baru juga punya ground clearance 15 mm lebih tinggi dibandingkan versi sebelumnya. Pilihan bentuk bodi masih sama seperti sebelumnya, yakni pick-up, minibus untuk penumpang dan blind van yang banyak dipakai sebagai mobil kargo.

Penampilan Beda Tipis, Kabin Lebih Praktis

Sebagai mobil niaga, tentu Daihatsu GranMax tidak perlu tampil glowing. Pada versi minibus, Daihatsu Granmax dapat pelek alloy 14 inci baru, sementara varian pick-up tetap pakai pelek kaleng meski berukuran 14 inci juga. Kabin Daihatsu Granmax kini ditambahkan dua cup holder baru untuk pengemudi dan penumpang depan. Setirnya juga baru, meskipun orang yang matanya jeli seperti anda akan sadar kalau ini setir bekas Toyota lawas yang pernah dipakai di Camry dan Innova lama.

Daihatsu GranMax versi pick-up tidak dapat takometer, sementara versi minibus pakai takometer. Untuk Daihatsu GranMax minibus, baris ketiganya bisa dipilih mau pakai jok yang berhadap-hadapan ala Kijang Super atau yang menghadap depan seperti mobil modern pada umumnya. Pintu bagasinya pun bisa pilih, mau yang membuka ke samping atau ke atas. Harga Daihatsu GranMax baru kini berkisar antara 150,5 juta hingga 213,8 juta Rupiah. Gimana juragan, mobil buat cari cuan nih!

Untuk yang ingin lihat lebih jelasnya bisa ditonton video first impression review Daihatsu Gran Max baru di bagian atas artikel ini.

Read Prev:
Read Next: