Isuzu MU-X 2021, Ini Baru Joss Banget!

by  in Berita&Isuzu&Mobil Baru
Isuzu MU-X 2021, Ini Baru Joss Banget!
0  komentar

AutonetMagz.com – Fortuner, Pajero Sport, Fortuner, Pajero Sport, selalu dua mobil itu yang dibahas jika membicarakan SUV ladder frame di pasar Indonesia. Beberapa pemain lain seperti Chevrolet Trailblazer, Ford Everest, Nissan Terra dan Isuzu MU-X hanya cenderung oke, namun tidak cukup istimewa untuk menggeser 2 mobil terfavorit tadi dari kedudukannya. Nah, begitu melihat Isuzu MU-X baru, nampaknya peta persaingan akan terasa berbeda ke depannya.

Jika Isuzu MU-X sebelumnya punya muka yang mirip dengan Isuzu D-Max sehingga bisa dibilang ia hanya double cabin pakai kanopi, sekarang sudah lain cerita. Tidak ada kemiripan bentuk antara Isuzu MU-X dan D-Max baru, benar-benar seperti dua mobil yang berbeda. Bagian depan dihiasi gril yang lebih tebal, tulisan “ISUZU” yang tegas dan ada lampu depan dengan LED DRL dan bohlam LED untuk seluruh lampunya. Lumayan kan untuk Isuzu?

Tunggu dulu, masih ada lagi. Pada bodi samping, ada garis karakter yang memanjang dari pintu depan hingga pelan-pelan memudar di pilar D. Pilihan peleknya berkisar dari 18 hingga 20 inci tergantung varian, dan yang kita lihat sekarang adalah pelek 20 inci. Jika kaca samping belakang MU-X sebelumnya terlihat menyatur dengan kaca belakang, sekarang dibuat seolah menyatu dengan kaca penumpang baris kedua. Oh ya, ia sudah pakai smart entry ya.

Perubahan pada bagian belakang sangat total, tidak ada mirip-miripnya dengan Isuzu MU-X yang ada sekarang. Lampu belakang juga mengandalkan teknologi LED, dan kini tombol pembuka pintu bagasi tersembunyi rapi dan menyatu dengan area tatakan plat nomor, jadi terkesan lebih bersih. Pintu bagasinya bahkan sudah pakai buka-tutup elektronik seperti Fortuner dan Pajero Sport baru. Nah, sampai sini sudah mulai menarik kan?

Mari kita lihat ke interiornya. Kami tak menyangka bahwa Isuzu yang biasanya bikin Isuzu Panther dan D-Max bisa membuat interior dengan nuansa semewah ini. Interior Isuzu MU-X yang sekarang sebenarnya tidak pantas dibilang mewah, namun untuk yang baru ini kami tepuk tangan untuk tim desainer interior Isuzu. Andai tidak ada tulisan “ISUZU” di setirnya, kami tak akan menyangka bahwa ini adalah interior Isuzu.

Jok Isuzu MU-X tetap mempertahankan pengaturan elektrik untuk jok pengemudi, tetap dilapis bahan kulit dan jahit-jahitan asli. Bagian head unit standar Isuzu MU-X kini sudah siap untuk dihubungkan ke Android Auto dan Apple CarPlay sebagai standar, dan kami tak menyangka Isuzu bakal melek dengan teknologi konektivitas itu. AC digitalnya kini sudah dibuat lebih modern dan mewah, benar-benar beda dengan MU-X lama, sudah dual zone juga lho.

Fitur Isuzu MU-X lainnya yang menarik adalah hadirnya brake hold, pertama kalinya untuk sebuah Isuzu MU-X, bahkan rem parkirnya saja sudah elektrik lho. Selain 2 cup holder dan laci di konsol tengah, Isuzu mempertahankan 2 glovebox depan supaya praktis untuk menyimpan barang. Bahkan tuas transmisi Isuzu MU-X baru jadi jauh lebih mewah daripada yang lama, dan khusus varian 4WD, kita bisa mengubah mode dari 2H, 4H hingga 4L melalui sebuah putar-putaran.

Selain power outlet 12V dan sejumlah port di baris depan, penumpang baris kedua akan dimanjakan dengan kehadiran 2 port USB untuk mengisi daya gadget mereka masing-masing. Itu saja? Tidak, sebab ada colokan ala stop kontak rumah yang sangat praktis. Kita tak perlu beli adapter atau apa, langsung saja colok dan nikmati. Penumpang baris kedua berhak atas jok kulit, AC belakang, armrest, jok ISOFIX dan ada 8 speaker di mobil ini. Seperti biasa, Isuzu MU-X adalah mobil 7 seater, jadi ada baris ketiga.

Mesin Isuzu MU-X baru di Thailand baru ada dua, yakni yang 1.900 cc dan 3.000 cc dan keduanya adalah mesin turbo diesel. Varian Isuzu MU-X 1.900 cc turbo punya tenaga 150 PS dan torsi 350 Nm dan tersedia dalam pilihan manual atau otomatis yang sama-sama punya 6 percepatan. Sementara itu, varian 3.000 cc turbo diesel punya tenaga 190 PS dan torsi 450 Nm, naik 13 PS dan 70 Nm dari sebelumnya dan hanya tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 6 percepatan.

Suspensi depannya pakai double wishbone, sementara belakangnya 5-link. Karena sekarang musim hujan, nampaknya sah-sah saja kalau kita membicarakan kemampuan water wading mobil ini. Isuzu MU-X baru mampu menerjang genangan setinggi 800 mm tanpa masalah, dan angka itu sudah sangat bagus. Akan tetapi, satu hal yang menurut kami amat sangat luar biasa pada Isuzu MU-X baru ini adalah fitur keselamatannya. Spoiler alert : Fitur keselamatan Isuzu MU-X banyak lho.

Pertama-tama, ini adalah Isuzu modern yang sudah dilengkapi dengan adaptive cruise control, jadi ia bisa jaga dengan mobil di depannya, termasuk memperlambat dan mempercepat laju secara otomatis. Ia juga berfungsi saat macet, jadi kerja supir lebih santai. Bahkan Isuzu MU-X baru juga punya rem otomatis jika ada objek yang tiba-tiba menghalangi jalannya. Luar biasa ya, Isuzu ternyata bisa memberikan fitur keselamatan modern tadi.

Fitur keselamatan lainnya termasuk lane departure warning, rear-cross traffic alert, blind-spot monitoring, pedal misapplication mitigation, hingga multi-collision braking. Isuzu MU-X standar memiliki 6 airbag dan sudah dilengkapi oleh stability control, hill start assist, traction control, dan hill descent control. Ini baru joss buat jadi SUV ladder frame yang bagus di Indonesia, dan semoga saat sampai di Indonesia fiturnya tidak dikurangi ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: