Christian von Koenigsegg Klaim Mesinnya Tahan Hingga 200 Tahun Kedepan!

by  in Berita&Koenigsegg
Christian von Koenigsegg Klaim Mesinnya Tahan Hingga 200 Tahun Kedepan!
0  komentar

AutonetMagz.com Supercar, jika mendengar kata itu pasti anda langsung memikirkan mobil yang memiliki performa beringas nan bengis. Hanya dengan data statistik di atas kertas dan kemampuannya di jalan raya, sebuah mobil supercar saja akan langsung membuat iman anda tergoda. Namun nyatanya nih, mobil-mobil yang memiliki output besar tersebut tidak memiliki umur mesin yang panjang. Sebagai contohnya, mesin baru kepunyaan Mercedes-AMG untuk proyek Project One-nya hanya memiliki umur sejauh 52.700km saja. Yah masa kalah sama mobil-mobil tua?

Mau bagaimana lagi, ‘With great power comes great responsibility‘, ya gitu pokoknya. Dengan kemampuan yang jauh di atas rata-rata melebihi mobil-mobil pasaran, pasti ada satu atau dua hal yang mesti dikorbankan. Selain boros, umurnya juga menjadi pendek. Sayang banget walaupun tidak mungkin juga kita membawa supercar tiap hari cuma buat ke supermarket terdekat.

Tetapi kawan-kawan pecinta mobil-mobil super, ada informasi yang cukup untuk membuat pikiran kalian mengatakan ‘WOW’ nih. Info ini datang dari salah satu pendiri manufaktur supercar asal Swedia, yaitu om Christian von Koenigsegg. Pemilik pabrikan mobil-mobil Koenigsegg ini mengklaim, kalau mesin baru buatannya dapat memiliki umur yang literally sangatlah panjang, hingga 200 tahun! WOW saudara-saudara!

Pernyataan itu dikeluarkan oleh sang arsitek mesin berkebangsaan Swedia itu saat dirinya diwawancarai mengenai mesin V8 karyanya yang dibuat khusus untuk manufaktur Spyker. Menurutnya, karena ia merancang mesin yang memiliki kemampuan menahan output sebesar 1.360hp namun didetuned menjadi hanya mengeluarkan 600hp saja, mesin baru ini bisa memiliki daya tahan yang mengagumkan. Semua hanya karena detuned.

“Kita mengganti apa yang harusnya kita ganti. Pelumasan dry-sump, knalpot, intake untuk mesin n/a, menaikkan rasio kompresinya, hingga mengecilkan sistem injeksinya karena mesin ini tidak lagi membutuhkan aliran yang besar lagi”, ujar Christian ditambahkan klaim 200 tahunnya.

Apa yang kita pelajari di sini adalah, sebuah penurunan bukan berarti hal yang sepenuhnya tidak baik. Lihat saja mesin V8 rancangan om Koenigsegg ini, penurunan performanya membuat daya tahan mesin tersebut bisa ditingkatkan hingga 2 abad lamanya! Jadi jangan anggap remeh mesin-mesin yang memiliki keluaran kecil.

Read Prev:
Read Next: