Chevrolet : Hot Hatchback Dengan Basis Cruze? Mengapa Tidak?

Chevrolet : Hot Hatchback Dengan Basis Cruze? Mengapa Tidak?
0  komentar
Chevrolet-Cruze-2017-Hatchback-front

AutonetMagz.com – Kemarin, kita sudah dimanjakan dengan penampakan Chevrolet Cruze hatchback yang cakep itu, tidak kalah cakep dibanding sedannya. Seperti kita tahu, Cruze adalah sedan buatan General Motors yang duduk bersama dengan Ford Focus sebagai lawan terdekatnya, tapi sekelas juga dengan Honda Civic, Mazda 3 dan Toyota Corolla. Oleh karena itu, versi yang ditawarkan mirip-mirip, yakni ada bentuk hatchback dan sedan.

Seperti rivalnya juga, mesin turbo jadi pilihan Chevrolet. Bedanya, jika Honda Civic dan Ford Focus menilai mesin 1.500 cc turbo adalah mesin yang paling pas, maka Chevrolet berani dengan mesin 1.400 cc turbo. Dengan mesin itu, Chevrolet Cruze USDM alias spek Amerika bisa memuntahkan tenaga 153 hp dan torsi 240 Nm. Lebih besar dari Chevrolet Trax, tapi masih kalah dibanding VTEC Turbo milik Honda Civic atau Ecoboost milik Ford Focus.

Chevrolet-Cruze-2017-Hatchback-back

Tapi jika sudah berbicara hot hatchback seperti Honda Civic Type R, Ford Focus ST atau RS dan lain-lain, Chevy harus diam untuk sekarang karena memang tidak punya menunya. Akan tetapi, Alan Batley selaku CEO Chevrolet memberi petunjuk kalau Cruze berjenis hot hatchback bisa saja dibuat. Ketika ditanya oleh CarAdvice soal Cruze hot hatch, Batley berkata,”Ya, pastinya, bisa saja,” apalagi arsitektur global baru Chevy memungkinkan adanya engine sharing.

Jika memang mau serius mengikuti persaingan hot hatchback, maka minimal mesin Cruze harus dinaikkan jadi 2.000 cc turbo, dan soal penggerak, pastinya antara AWD atau FWD. Setelah debut di Detroit kemarin, Chevrolet akan segera menyebarkan Cruze ke seluruh dunia kecuali Eropa. Kenapa tidak akan masuk ke Eropa? Karena di sana sudah ada Vauxhall/Opel Astra yang masih merupakan peranakan dari GM, sehingga tidak butuh Cruze di sana.

vauxhall-astra

Yang pasti jika konsumen Indonesia minat, butuh waktu lama untuk Chevrolet memasukkan Cruze lagi ke sini. Bagaimana tidak, penjualan Cruze yang dulu saja menyedihkan dibanding Civic atau Altis, pasti harus waspada jika ingin memasukkan mobil seperti ini ke sini. Bagaimana opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • ydsputra

    Chevy benerin dl deh lmpv ny. Bung hilsat, itu nasib spin di Indo gmn? Impor utuh atau suntik mati? Produk bagus sebenarnya…seharusnya pabrikan non jap memikirkan produk yg juga cocok buat di luar kota besar, Indonesia kn luas, msh banyak jln yg penuh lubang…suv 7 seater macam te-rush blm ada yg ganggu nih…hee…hee

    • Sporky

      Kalopun Spin dijual di sini lagi sbg CBU India kemungkinan besar baru pd 2017 atau 2018 nanti krn pd tahun tersebut tarif bea masuk dr India ke Indonesia udah kebih rendah drpd saat ini krn udah ada kesepakatan perjanjian perdagangan bebas.

    • ekkyfir

      Spin udh enak kok, nyaman suspensi nya sm stabil, ya walaupun di jalan jelek kalah sm te-rush karena udh beda segmen, tp kalau jalan yg aspal ada lobang nya enak kok nyaman malah lebih nyaman dr av-xen tp tetep kalah sm ertiga

  • Sporky

    Dr hitung2an bisnis memang nggak masuk akal jual mobil yg nggak bakal laku krn ATPM harus memenuhi kewajiban utk menyediakan spare partsnya paling tidak utk jangka waktu 15 sd 20 tahun ke depan sejak mobil tsb discontinued, apalagi liat pangsa sedan di sini yg makin turun dan harganya makin mahal, belum lagi liat merk sedan amerika lain spt ford focus yg penjualannya sangat minim.

    • ekkyfir

      Chevy indo blm seberani ford indo, ford walaupun penjualan nya tdk bisa di blg bagus, tp masih berani mskin produk2 baru nya dan dgn kualitas serta teknologi yg jempolan

      • Sporky

        Paling berani tuh KIA.. hampir semua line up komplit dr kelas mini car sampai di kelas pickup, minibus panjang, sedan, MPV sempat ada Carens, di kelas compact sedan kayak Cruze dan Civic juga berani jual KIA Forte walau dalam bentuk Taxi.. malah di compact SUV dan SUVnya juga masukin versi turbo dieselnya juga. Mudah2an dg turunnya tarif bea masuk hingga maksimal cuma 5 persen dr Korea yg mulai berlaku tahun ini akan makin banyak model2 CBU Korea lainnya masuk sini termasuk CBU Koreanya Chevrolet spt Aveo, Spark, Cruze, Malibu, Captiva menemani Orlando dan Trax yg udah duluan datang dr Korea..

        • ekkyfir

          Compact suv kia masih dlm bentuk concept kan

          • Sporky

            Compact SUV KIA yg dimaksud di sini adalah Sportage, kalo yg modelnya juke, trax, hrv saya lebih menyebutnya sbg CUV atau crossover

          • ekkyfir

            Sportage msk ke medium suv kaya cr-v, cx 5, x-trail

          • Sporky

            Kalo saya berdasar dr situs2 otomotif di amrik. Coba aja googling pakai keyword KIA Sportage “compact SUV” dan KIA Sorento “midsize SUV”

          • ekkyfir

            ohh pake keyword nya yg pasar luar, ane make nya berdasarkan pasar indo, kalau pasar luar beda emg pembagian kelas nya, karena ada mobil yg lebih besar lg dr yg di indo

    • ydsputra

      Yup, pangsa sedan di indo kecil…klo memang tren ny kedepan suv, knp ya pabrikan lain g masukin low suv 7 seater? Kl menurutku sih di Indonesia orang2 nya msh pd suka suv yg rwd… Dan saat ini low suv rwd baru ada ter-rush…(klo msh bisa dibilang low suv)…ecosport bagus sih, syg 5seater dan fwd, mengingat di indo msh byk yg suka 7seater rwd… Ini cm opini hsl pengamatan msyarakat di daerahku…bagian selatan pulau sumatra