Chevrolet : Hot Hatchback Dengan Basis Cruze? Mengapa Tidak?

Chevrolet : Hot Hatchback Dengan Basis Cruze? Mengapa Tidak?
0  komentar
Chevrolet-Cruze-2017-Hatchback-front

AutonetMagz.com – Kemarin, kita sudah dimanjakan dengan penampakan Chevrolet Cruze hatchback yang cakep itu, tidak kalah cakep dibanding sedannya. Seperti kita tahu, Cruze adalah sedan buatan General Motors yang duduk bersama dengan Ford Focus sebagai lawan terdekatnya, tapi sekelas juga dengan Honda Civic, Mazda 3 dan Toyota Corolla. Oleh karena itu, versi yang ditawarkan mirip-mirip, yakni ada bentuk hatchback dan sedan.

Seperti rivalnya juga, mesin turbo jadi pilihan Chevrolet. Bedanya, jika Honda Civic dan Ford Focus menilai mesin 1.500 cc turbo adalah mesin yang paling pas, maka Chevrolet berani dengan mesin 1.400 cc turbo. Dengan mesin itu, Chevrolet Cruze USDM alias spek Amerika bisa memuntahkan tenaga 153 hp dan torsi 240 Nm. Lebih besar dari Chevrolet Trax, tapi masih kalah dibanding VTEC Turbo milik Honda Civic atau Ecoboost milik Ford Focus.

Chevrolet-Cruze-2017-Hatchback-back

Tapi jika sudah berbicara hot hatchback seperti Honda Civic Type R, Ford Focus ST atau RS dan lain-lain, Chevy harus diam untuk sekarang karena memang tidak punya menunya. Akan tetapi, Alan Batley selaku CEO Chevrolet memberi petunjuk kalau Cruze berjenis hot hatchback bisa saja dibuat. Ketika ditanya oleh CarAdvice soal Cruze hot hatch, Batley berkata,”Ya, pastinya, bisa saja,” apalagi arsitektur global baru Chevy memungkinkan adanya engine sharing.

Jika memang mau serius mengikuti persaingan hot hatchback, maka minimal mesin Cruze harus dinaikkan jadi 2.000 cc turbo, dan soal penggerak, pastinya antara AWD atau FWD. Setelah debut di Detroit kemarin, Chevrolet akan segera menyebarkan Cruze ke seluruh dunia kecuali Eropa. Kenapa tidak akan masuk ke Eropa? Karena di sana sudah ada Vauxhall/Opel Astra yang masih merupakan peranakan dari GM, sehingga tidak butuh Cruze di sana.

vauxhall-astra

Yang pasti jika konsumen Indonesia minat, butuh waktu lama untuk Chevrolet memasukkan Cruze lagi ke sini. Bagaimana tidak, penjualan Cruze yang dulu saja menyedihkan dibanding Civic atau Altis, pasti harus waspada jika ingin memasukkan mobil seperti ini ke sini. Bagaimana opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: