Porsche 99X, Mobil Balap Listrik Porsche Incar Kemenangan Formula E

Porsche 99X, Mobil Balap Listrik Porsche Incar Kemenangan Formula E
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah pamit dari Le Mans dan berpindah haluan menuju Formula E, Porsche tahu bahwa arena balap mobil listrik adalah arena baru bagi mereka. Otomatis, merek asal Stuttgart ini akan jadi anak baru di sana dibandingkan dengan NIO, Jaguar, ABT, Mahindra dan lain-lain. Biarpun mereknya Porsche, tapi kalau terjun di arena baru tanpa pengalaman, harus punya perencanaan yang matang demi bisa berkompetisi dengan baik.

Perencanaan pertama dan utama tentu saja merancang mobil balap Formula E baru, dan inilah yang mereka andalkan. Perkenalkan, ini Porsche 99X yang memang sengaja diberi livery khas motorsport Porsche dengan kombinasi warna putih, hitam dan merah. Penggunaan angka 9 sebanyak dua kali di nama Porsche 99X memang sengaja, Porsche beralasan itu untuk menunjukkan betapa pentingnya sosok mobil balap listrik ini untuk Porsche ke depannya.

Mobil ini akan jadi mata air bagi Porsche saat mencari sumber teknologi mobil listrik mereka, termasuk Porsche Taycan yang peluncurannya tinggal menghitung hari. Penampilan sama persis dengan mobil Formula E lain, termasuk sasis dan baterainya yang memang sudah ada standar kalau mau ikut Formula E. Meski demikian, sistem penggeraknya bebas alias terserah pabrikan masing-masing, makanya Porsche merancang drive system khusus 99X dengan turunan teknologi 919 Hybrid.

Sistem E-Performance Porsche ini bisa menghasilkan 340 PS, tapi ia dibatasi di 272 PS saat Race Mode dan dinaikkan jadi 320 PS saat Attack Mode. Jika semua batasan dihilangkan, mobil ini bisa lari dari 0-100 km/jam dalam 2,8 detik saja dengan kecepatan maksimum mencapai 280 km/jam. Bukan angka yang terlalu sadis, tapi bisa dimaklumi karena mobil ini akan berlaga di lintasan lurus dan berbelok, bukan hanya lintasan lurus saja.

Mobil balap Porsche 99X ini akan membawa nama TAG Heuer Porsche Formula E Team dan wakil presiden Porsche Motorsport Fritz Enzinger mengatakan “Dengan peluncuran perdana Porsche 99X Electric, kami mengambil langkah besar menuju langkah awal Porsche di Formula E.” Dia menambahkan, “ Saya berharap bisa melihat aksi Porsche 99X Electric di arena balap.” Well, selamat beraksi buat Porsche dan semoga sukses. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: