Moar Electro-Shock : Lucid Air Raih Top Speed 378 Km/Jam!

0  komentar

AutonetMagz.com – Belakangan, mobil listrik macam Tesla Model S P100D menggemparkan dunia dengan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam yang bisa 2,3 atau 2,2 detik saja, selain dengan revolusi mobil listrik yang dibawanya. Impresif bukan, sebuah sedan 4 pintu mampu mempermalukan Bugatti Veyron? Demikian juga dengan Rimac Concept One, supercar listrik yang nyaris membunuh Richard Hammond, ia juga bisa mengalahkan Bugatti Veyron urusan 0-100.

Akselerasi oke, tapi top speed? Sebenarnya, belum ada mobil listrik yang benar-benar mencengangkan soal kecepatan maksimumnya. Mereka kencang, tapi masih belum jadi ancaman buat pemain di liga supercar. Nah, sekarang ancamannya sudah muncul dari perusahaan startup, Lucid Motors. Prototope Lucid Air yang diberi nama Air Alpha buktikan diri bahwa mobil listrik bisa jadi ancaman nyata dan serius buat para supercar.

Lucid Air Alpha (“Alpha” berarti prototipe) baru saja digodok ulang untuk bisa membawa mobil listrik ke langkah yang lebih jauh. Mobil tes ini membuang semua fasilitas kabin yang tidak menunjang performa dan menggantinya dengan roll cage, biar aman kalau ada apa-apa. Programmer Lucid juga sudah memperbarui software suspensi udara dan motor listrik depannya. FYI, Lucid Air punya 2 motor listrik, 1 buat roda depan dan 1 buat roda belakang. Speed limiter Lucid juga dicabut.

Pengetesan dilakukan di Ohio Transportation Research Center, dan Lucid boleh berbangga sebab telah memecahkan rekornya sendiri. April 2017 kemarin, Lucid bisa meraih 347 km/jam, namun kini malah lebih tinggi lagi. Lucid Air Alpha sekarang sudah melesat jauh hingga 378 km/jam! Waduh, sudah mirip Pagani Huayra ini sih. Puas? Tidak, soalnya Lucid bilang ini bisa dibuat lebih kencang lagi. Dasar gila!

Lucid mematok supercar legendaris, McLaren F1 sebagai benchmark top speed. Agak disayangkan, Lucid tidak mau bicara soal girboks yang dipakai oleh Lucid Air Alpha saat dites. Yah, setidaknya Lucid berjanji bahwa Lucid Air nanti akan memiliki tenaga paling tidak 1.000 hp dan jarak tempuh bisa 640 km lebih sebelum harus di-charge lagi. Catat dulu, 640 km itu untuk Lucid Air tipe menengah ke atas dan hanya bisa dicapai jika jalannya santai serta rileks.

Baterai standar Lucid Air berdaya 100kWh, namun bisa diganti jadi 130 kWh dengan sedikit dana ekstra. Lucid masih mencari dana dan investor supaya pabriknya bisa mulai berjalan, paling tidak awal tahun 2019. Varian termurah Lucid Air akan dibanderol sekitar 60.000 Dollar AS (800 juta Rupiah), sementara varian termahal dipastikan tembus 100.000 Dollar AS (1,33 M Rupiah). Apa opinimu soal top speed Lucid Air? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: