Booking Daihatsu Taft Dibuka, Rilis Resmi Bulan Juni

Booking Daihatsu Taft Dibuka, Rilis Resmi Bulan Juni
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat sosok Daihatsu Taft? Bukan Daihatsu Taft SUV yang mudah kita temui di jalanan Indonesia, melainkan Daihatsu Taft Concept yang diperkenalkan di Tokyo Auto Salon beberapa bulan lalu. Nah, kini Daihatsu Taft menjelma menjadi sebuah kei car mungil yang memiliki garis body mengotak. Calon rival dari Suzuki Hustler ini kini sudah bisa dipesan oleh calon konsumen di Jepang, dimana dalam beberapa waktu ke depan produksi mobil ini akan dimulai di Negeri Matahari Terbit.

Sedikit intermezzo mengenai nama TAFT di mobil ini. Apakah kalian tahu apa makna TAFT di mobil ini? Plesetan dari kata ‘tough’? Tidak salah, namun bukan yang utama. TAFT merupakan singkatan dari ‘Tough & Almighty Fun Tool” yang berarti alat menyenangkan yang tangguh dan penuh kuasa. Jujur saja, agak susah menerjemahkan ide tersebut dalam sebuah kei car mungil, apalagi bentuknya mengotak. Yang jelas, booking dari Daihatsu Taft akan dibuka hingga tanggal 31 Mei 2020 mendatang, sedangkan versi produksinya akan dirilis resmi pada bulan Juni mendatang. Kalian yang kepo dengan bahasan bentuk luarnya, bisa melipir ke artikel sebelumnya.

Daihatsu Taft sendiri kembali sebagai kei car, dimana nampaknya hal ini membuat beberapa fans Daihatsu agak kecewa, khususnya yang ada di luar Jepang. Sebelumnya, Daihatsu juga mengembalikan nama Rocky sebagai salah satu model yang dijual. Hanya saja, sama seperti Taft, Rocky juga tidak kembali menjadi produk yang sesuai dengan pendahulunya. Kini Daihatsu Rocky menjelma sebagai SUV kompak yang menggunakan mesin turbo, dan memiliki kembaran dari pihak Toyota yaitu Toyota Raize. Untuk Daihatsu Taft sendiri akan memiliki panjang 3,39 meter, lebar 1,47 meter, dan tinggi 1,63 meter. Mesin yang diusung adalah mesin 660cc 3 silinder dan transmisi CVT.

Daihatsu Taft juga nampaknya akan menggunakan sistem gerak roda depan seperti kebanyakan kei car di Jepang. Sebelum kehadiran Daihatsu Taft dan Rocky, sejatinya kami berharap keduanya bisa hadir dan memberikan tantangan bagi Suzuki Jimny yang kini melenggang bebas sebagai pemain tunggal di segmen SUV kompak. Nah, pasca kemunculan Daihatsu Taft, terlihat bahwa sasaran dari mobil ini bukanlah Suzuki Jimny, melainkan Suzuki Hustler yang sama – sama merupakan kei car mengotak. Oiya, Suzuki Hustler sendiri juga baru saja disegarkan d Tokyo Motor Show (TMS) 2019 kemarin.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: