Masyarakat Indonesia Tak Perlu Avanza X, Tapi Ada Xenia Custom

by  in Berita&Daihatsu&Merek Mobil
Masyarakat Indonesia Tak Perlu Avanza X, Tapi Ada Xenia Custom
0  komentar

AutonetMagz.com – Ingatkah kalian beberapa waktu lalu muncul sebuah sosok Toyota Avanza dengan gaya crossover look di Malaysia? Yap, mobil itu bernama Toyota Avanza X dan menjadi produk yang diperkenalkan khusus di negeri jiran, Malaysia. Nah, beberapa dari kalian pasti sempat bertanya – tanya, kira- kira bakal keluar versi Indonesia-nya nggak ya?

Nah, pihak Toyota Astra Motor (TAM) sendiri punya jawaban yang cukup menarik. Dikutip dari laman otomotif Kompas, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM mengatakan bahwa sebenarnya setiap negara punya kebijakan untuk memproduksi mobil sesuai dengan kebutuhan negara mereka, dan Toyota Avanza X adalah kebutuhan dari Malaysia. Namun menurut Pak Soerjo, sapaan akrab beliau, segala keputusan hanya akan terjadi jika mendapatkan lampu hijau dari prinsipal Toyota di Jepang. Lalu, apakah masyarakat Indonesia perlu Toyota Avanza X menurut TAM? Jawabannya Tidak.

Yap, TAM menilai bahwa masyarakat Indonesia tak memerlukan Toyota Avanza X karena pihak TAM sudah mempunyai All New Toyota Rush yang notabene adalah Toyota Avanza versi SUV. Sehingga, bagi para konsumen di Indonesia yang ingin Toyota Avanza versi crossover look, maka TAM menyediakan All New Toyota Rush. TAM sendiri menyatakan bahwa Toyota Avanza akan tetap konvensional dengan desain yang fungsional, dan ada satu hal yang juga dipastikan adalah tetap menggunakan penggerak roda belakang. Nah, jadi sudah jelas mengapa Toyota Avanza tak merealisasikan Toyota Avanza Tigre yang sempat muncul versi konsepnya beberapa waktu yang lalu.

Walaupun begitu, nampaknya pendapat dari TAM sendiri agaknya berbeda dengan saudara seinduk mereka yaitu Astra Daihatsu Motor (ADM). Alih – alih menggeser konsumen Daihatsu Xenia yang ingin tampang crossover ke All New Daihatsu Terios, pihak ADM malah memperkenalkan Daihatsu Xenia Custom yang secara penampilan cukup mirip dengan Toyota Avanza X yang ada di Malaysia. Daihatsu Xenia Custom sendiri diperkenalkan pada publik Indonesia pada bulan – bulan terakhir tahun 2017 silam. Jadi, walaupun seinduk, dan punya produk kembar, nyatanya memang segmen pasar dan juga konsumen dari Toyota dan Daihatsu terlihat berbeda yang berpengaruh pada bedanya prioritas keduanya.

Nah, kalau kalian sendiri, apakah kalian berharap Toyota Avanza X dijual di Indonesia? Kalau iya, sayang kalian harus kecewa, walau sebenarnya tak perlu kecewa – kecewa amat karena ada Daihatsu Xenia Custom, atau kalau ingin lebih macho, ambil saja All New Toyota Rush, namun rogoh kocek kalian lebih dalam ya. Bagaimana menurut kalian kawan?

Read Prev:
Read Next: