BMW Z4 Versi US Lebih Cepat Daripada Eropa?

by  in Berita&BMW
BMW Z4 Versi US Lebih Cepat Daripada Eropa?
0  komentar

Autonetmagz.com – Pada akhirnya roadster khas BMW yang namanya sudah tak asing lagi diperbaharui oleh pabrikan asal Jerman tersebut. Hadir dengan kode G29 dan memiliki desain yang benar-benar all new, membuat BMW Z4 2019 ini juga menjadi mobil highlight untuk 2018 sekarang. Di balik kap mesinnya, tersimpan dapur pacu berkonfigurasi inline-6 twin turbocharged berkapasitas 3,0 L yang dapat menghasilkan output sebesar 342 hp dengan torsi hingga 500Nm! Membuat mobil ini dapat melaju dari 0-100km/h hanya dalam waktu 4,4 detik.

Okelah dari segi desain dan performa, BMW Z4 G29 tersebut memiliki nilai lebih pada kelas mobil roadster saat ini. Desainnya bagus walaupun memang ada yang menyebutkan kalau mobil ini layaknya Kia Stinger GT dalam jati diri roadster. Tapi desainer Kia Stinger kan juga dicomot dari BMW, jadi? Pada sektor ini pembahasan memang bersifat subjektif. Namun jika sudah masuk ke sector yang sudah memakai angka-angka dan data absah seperti performa mesin hingga waktu 0-100km/h-nya, BMW Z4 2019 sudah membuktikan performa outstanding.

Namun bagaimana jika anda bisa mendapatkan lebih? Bayangkan BMW Z4 2019 yang sudah menorehkan angka bagus pada performanya, ditingkatkan lagi ke level yang berbeda? Bukan, BMW tidak mengeluarkan versi paket perfroma tambahan untuk roadster terbarunya. Maaf jika menurunkan ekspektasi anda jika kalian mengharapkan adanya trim performa untuk BMW Z4.

Sebenarnya untuk versi lebih kencang dari Z4, yang dibahas dalam artikel ini adalah unit yang sama dengan yang diluncurkan pada gelaran Monterey Car Week sebelumnya. Namun hanya karena berbeda region penjualan saja, salah satu kawasan bagian barat bumi ini mendapatkan BMW Z4 G29 yang lebih ganas! Mari sambutlah, BMW Z4 G29 2019 US Version.

Kejadian yang cukup langka memang, sebuah mobil Eropa yang dijual di tanah Amerika Serikat memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan versi tanah kelahirannya. Hal ini bukanlah sebuah rumor karena pihak BMW di Amerika sendiri sudah menyebutkan kalau untuk pasar negeri muscle car tersebut Z4 akan lebih ditingkatkan performanya. Untuk konfigurasi mesin memang masih sama dengan Europe version. Tapi output-nya menjadi 382 hp! Membuat Z4 US version dapat melaju dari 0-100km/h lebih cepat 0,2 detik.

Memang apa yang menyebabkan Z4 dengan trim yang sama, dapat memiliki performa berbeda. Bukan lain karena peraturan emisi Eropa terbaru yaitu WLTPYa, inilah peraturan yang memaksa seluruh manufaktur asal Eropa berlomba menciptakan mesin yang sudah tidak naturally aspirated lagi. Karena terbentur emisi, performa mesin pun menjadi kurang dimaksimalkan. Memang ini untuk keselamatan Bumi kita sendiri, namun entah mengapa kok rasanya jadi kurang gimana gitu.

Untuk trim Z4 yang ditingkatkan pada versi Amerika, adalah M40i yang menjadi trim tertinggi dan termahal dari sang soft-top car ini. Untuk trim sDrive20i dan sDrive30i, masih memiliki performa yang identik dengan versi Eropa. Dengan mesin inline-4 twin turbocharged-nya, versi Amerika masih memiliki output 255 hp dan torsi sebesar 400Nm, tidak di ubah maupun di utak-atik.

Bagaimana menurut kalian wahai Autonet-readers mengenai Z4 G29 yang serupa tapi tak sama ini? Berikan komentar kalian mengenai mobil tersebut dalam kolom komentar yang tersedia di bawah.

Read Prev:
Read Next: