BMW X1 2016 Resmi Mengaspal di Indonesia Dengan 1 Pilihan Mesin Saja

by  in BMW&Mobil Baru
0  komentar

BMW-X1-2016-Indonesia-LaunchJakarta, AutonetMagz – Salah satu SUV best selling dari BMW akhirnya mendapatkan model baru juga di Indonesia, mobil yang populasinya cukup banyak di Indonesia untuk ukuran mobil premium Jerman ini memulai debutnya di Indonesia terhitung tanggal 11 Mei 2016 ini. Tidak hanya diluncurkan, BMW X1 ini juga dirakit di pabrik Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara.

BMW X1 model year 2016 ini merupakan model yang menjadi kontroversi bagi BMW dan penggemarnya, karena BMW X1 terbaru ini meninggalkan ciri khas mobil premium Jerman yang menggunakan penggerak roda belakang pada umumnya. Namun tidak perlu berkecil hati sebenarnya, karena mobil ini dibangun dari platform yang sama dengan BMW 2 series Active Tourer dan Mini Cooper terbaru yang menggunakan penggerak roda depan, kita tahu platform pada 2 series dan Mini Cooper seringkali menuai pujian dari reviewer, sehingga kita tidak perlu meragukan performa pengendalian BMW X1 ini.

BMW-X1-Eskterior-Indonesia-Foto-Galeri

Dibandingkan dengan pendahulunya, mobil ini terlihat lebih cantik dan lebih crossover look. Ia kini memiliki lampu lebih proporsional, grille lebih besar dan lekukan lebih tegas serta ground clearance lebih tinggi. Hal yang kami suka pada mobil ini pada bagian velgnya yang kini berukuran 18 inchi sehingga membuat mobil ini lebih tinggi dan gagah. Dengan desain rancang bangun baru ini, selain semakin ganteng, mobil ini juga semakin dinamis dengan nilai hambatan angin hanya 0.29 CoD saja.

Hasil dari eksterior yang membengkak, BMW X1 kini memiliki tempat duduk pengemudi yang lebih tinggi 36 milimeter dan kursi belakang yang lebih tinggi 64 milimeter dibandingkan sang pendahulu, headroom, legroom juga ikut membengkak dan sudut pandang di dalam interior mobil ini terasa jauh lebih luas, bahkan legroom kursi belakang bertambah hingga 66 milimeter.

Kapasitas bagasi mendapatkan peningkatan signifikan sebesar 85 liter dari 420 liter menjadi 505 liter, jika masih terasa kurang, kursi baris kedua bisa dimajukan sebanyak 13 milimeter dari posisi paling mundur baik dengan cara sliding maupun reclining. Jika kursi baris kedua diratakan dengan lantai bagasi belakang, kursi maka kapasitas bagasi mobil ini bisa membengkak hingga 1.550 liter. Besar ya?

Interior-BMW-X1-Indonesia-2016

Masuk ke dalam interior, kita akan disuguhkan sistem infotainment iDrive dengan layar 6.5 inchi dengan BMW Navgation system, hal yang lucu ketika kami melihat interiornya, terasa seperti masuk ke dalam interior BMW 2 series active tourer, hanya saja X1 terasa lebih mantap, peletakan tombol dan instrumen di mobil ini terasa lebih baik dan tuas electronic parking brake itu juga mudah dijangkau. Soal built quality dan material adalah hal yang tidak perlu anda pertanyakan karena ini adalah BMW. Tapi kalau dibandingkan dengan BMW X1 model sebelumnya, versi terbaru bisa kami bilang sebagai “huge improvement”!.

Dari segi kenyamanan, BMW X1 sudah dilengkapi dengan AC dual zone, sports leather steering wheel, electric seat, ambient light, park distance control, rain sensors, automatic tailgate dan automatic driving lights control. Dari sistem audio, BMW X1 dilengkapi dengan audio dengan HiFi loudspeaker system yang memiliki 7 buah speakers.

Sistem pengaman BMW X1 tidak perlu kita tanya lagi, karena memang BMW selalu dikenal mengutamakan perangkat keselamatan. Mobil ini sudah dilengkapi dengan Dynamic Stability Control, Dynamic Traction Control, Cornering Brake Control, Dynamic Brake Control, Dynamic Braking Lights, Fading Compensation, Dry Braking Function dan Start off Assistant. Jika fitur-fitur tersebut masih kurang, BMW juga menyediakan fitur-fitur yang bisa ditambahkan secara optional seperti Trailer Stabilization, Active Differential Brake, Attentiveness Assistant, performance control dan Electronic Differential Lock Control.

BMW-X1-2016-Mesin

Soal mesin, BMW X1 dibekali dengan mesin 1.500 cc 3 silinder TwinPower Turbo bertenaga 136 HP dan torsi 220 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi automatic 6 percepatan Steptronic yang mampu membwa mobil ini berakselerasi dari 0 ke 100 kilometer perjam hanya dalam waktu 9.7 detik saja. Untuk mengatur gaya berkendara, BMW juga memberikan pilihan mode berkendara khas BMW yang teridiri dari Spot, Normal dan ECO Pro. Soal konsumsi bahan bakar, BMW mengclaim mobil ini sangat irit dengan catatan 18.9 kilometer perliter menggunakan standar ECE.

Dengan improvement yang sangat banyak dibandingkan dengan model sebelumnya, BMW X1 ini kini dibanderol dengan harga 619 juta off the road. Menurut kami harga tersebut sangatlah masuk akal dan sedikit sekali kenaikannya dibandingkan dengan BMW X1 seri terdahulu. Tapi, ada tapinya nih, dulu BMW X1 tersedia dalam 2 pilihan mesin yang terdiri dari bensin dan diesel, sekarang kok cuma bensin doang ya… Kemanakah BMW X1 diesel terbaru?

Read Prev:
Read Next:
  • Arief

    Menggoda sekali ini broh… Cuma naik dikit dari yg lama
    Menurut bang ridwan lebih value ini apa new cx-5 grand touring ? Berhubung beda 100jtan, meskipun satunya Eropa tapi sama-sama menjanjikan fun to drive, built quality yg bagus, fitur berlimpah. Tapi X1 kalah di tenaga mesin

    • hmmm beda kelas ya, mazda mau gimanapun tetap mazda, kalau mau saingan sama lexus, acura sama infiniti

      • Joseph Liem

        Kira klo otr brapa harganya?

        • C5W

          mungkin sekitar 700 jutaan kalau yang Xline, soalnya uda di 640an, anggap aja biaya OTR 10 persen, jadi ud 700 juta deh..

        • Krisna

          konon yg s drive 685 jt otr, yg x line 729 jt otr

    • Oki Ngew

      Beda hampir 200 jutaan mah. Mungkin otrnya new x1 ini bisa 690jutaan… sedangkan cx5 gt paling mahal kalo gk salah 505jt

      • Krisna

        tinggal adu discount nya

    • beda kelas gan~

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Padahal tertarik jg sama yg diesel, moga2 gk lama setelah ini bakal keluar diesel engine

    • njk888 nik

      Menurut ane, bensin jika sudah turbo, karakternya udah nggak beda jauh ama diesel. Karena torsi maxnya udah dapat < 2000 rpm. Vs bensin jepang yang torsi kecil dan maxnya harus di atas 4000 rpm ! Pula bensin BMW bisa pertamax, jika dieselnya harus DEX.

      Untuk keluar kota enakan bensin BMW ini malah. pertamax udah gampang, DEX masih agak susah carinya. Dan diesel mau sebagus apa, tetap halusan bensin. Ane udah coba, tarikannya kuat kok. Halus. Enak. Tidak perlu diesel lagi sebenernya. Angka konsumsi BBM mesin bensin ini juga udah bagus banget. Nggak beda jauh ama versi dieselnya.

  • Hamid Rosyidi

    Maju 13mm? Maksudnya 13cm kali ya.

  • masboy

    haduh tenaganya kecil banget mosok cuman 136hp

    • njk888 nik

      Emang mesin 1500 cc jepang tenaganya berapa ? Belum bicara torsi, di rpm berapa max torquenya, lebih jauh lagi

    • Rafi Amani

      Percuma tenaganya besar kalau lebih sering dipake bermacet ria di dalam kota #nooffense

  • Ronny Rasdyantoro

    ganteng, beneran huge leap dari model sebelumnya

    • Krisna

      model dan interior top banget emang, sayang mesin pelit banget, mestinya 2000cc sama kaya x3 baru top

  • dsainbar

    619 juta ‘cuma’ dapet 3 silinder doang?

    • Krisna

      iya hehehe kok orang mau ya

      • silinder nggak penting, yang penting power outputnya jaman sekarang mah….

        • Krisna

          civic baru 1500cc juga kok outputnya lebih besar ya
          mestinya bmw kasih 2000cc nya saja sama kaya x3, 270NM torsinya, atau dieselnya yg lebih mantap lagi

          • Levi

            Mungkin civic cc 1500 power gede krn turbo ? ?

          • Krisna

            lha ini kan turbo juga ?

          • K0nt0L

            haloo ini telat banget tapi gua hanya ingin meluruskan bahwa mesin B46 3 silinder ini membuat 136 KILOWATT atau setara dengan 184 HORSEPOWER.

            emang lu pada kira ini innova ye 136 hp wkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkw tot

          • njk888 nik

            Ya kan ini BMW 3 cylinder, civic berapa ? Dan emang harga civic turbo murah ? Kan tujuan seri X1 ini irit / efisien. Jika mau yang ganas, kan udah ada X5, X6….Beda kelas, beda tujuannya. X1 itu SUV termurah BMW, nggak mungkin mereka pasang mesin paling mahal dan buas di SUV mereka ini. Mau berapa duit ? Jika BMW X1 mesinnya jauh lebih kuat, harganya nanti 800-900 jutaan, ya terlalu dekat ama X3. Jadi nggak make sense.

        • njk888 nik

          Iyalah ! Kan BMW ini ada TURBOnya. Lihat torsi maxnya gede untuk ukuran 1500 cc, dan sudah dapat di rpm rendah, sekitar 1750 rpm.

          Banding ama mesin jazz yaris gituan, 1500 cc tapi torsinya cuman secuil, dan torsi maxnya baru dapat di rpm 4000 lebih. Jelas akan beda jauh performa, irit BBMnya.

          Mesinnya beda kelas, wajar modal mesinnya juga nggak mungkin sama.

          • Krisna

            kok kalah sama civic baru yg juga 1500cc turbo

      • njk888 nik

        Emang semua orang maunya cuman avanza, innova, fortuner ??? Coba ke Eropa, Amrik, China, ada yang mau avanza, innova, fortuner nggak di sono kira kira ??? Dengan mesin mereka yang cc gede, namun nggak ada tenaga, dan boros.

        • Krisna

          konon disana murah makanya laku, kok disini jadi mahal ya, sedangkan crv, cx5, xtrail tidak jadi mahal, apa pajak mobil eropa lebih mahal, padahal kan dirakit di sini, cc kecil dsb relative sama dgn mobil jepang

          • njk888 nik

            Media sini sering ngaco. BMW X1 bukan CKD, tapi SKD ! Artinya mayoritas partnya masih dari EROPA, yang tau sendiri pajak importnya gede ! Seperti Tiguan, Meski SKD, tapi cuman aki dan bannya doang yang dari Indonesia. Mayoritas sisanya masih ex-Jerman !

            Tapi untuk ane justru bagus ! Percayalah, usia pakai part dari Jerman masih jauh lebih bagus banding lokal. Bukan remehkan negara sendiri, tapi ingat, para supplier di Jerman jam terbangnya seperti apa ? Pengalamannya ? Skillnya ? Jaringan sub-suppliernya ?

            Coba aja banding performa aki astra vs aki BMW / Mercy asli dari Jermannya. Yang udah tau pasti ngerti….Jangan lihat harga doang. Tapi lihat juga EXPIRY datenya….

  • Krisna

    Wah mestinya harga segitu dapat yg xdrive dan mesin 2000cc, itu on the road nya kan sudah dekat 700jt an.

  • nisa

    Punya ban serap gk…

    • Krisna

      mestinya ga ada kan pake ban RFT

  • Krisna

    layar monitor di tengah itu lebih kecil/beda dengan gambar gambar x1 yg beredar di internet ya