BMW X1 2016 Resmi Mengaspal di Indonesia Dengan 1 Pilihan Mesin Saja

by  in BMW&Mobil Baru
0  komentar

BMW-X1-2016-Indonesia-LaunchJakarta, AutonetMagz – Salah satu SUV best selling dari BMW akhirnya mendapatkan model baru juga di Indonesia, mobil yang populasinya cukup banyak di Indonesia untuk ukuran mobil premium Jerman ini memulai debutnya di Indonesia terhitung tanggal 11 Mei 2016 ini. Tidak hanya diluncurkan, BMW X1 ini juga dirakit di pabrik Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara.

BMW X1 model year 2016 ini merupakan model yang menjadi kontroversi bagi BMW dan penggemarnya, karena BMW X1 terbaru ini meninggalkan ciri khas mobil premium Jerman yang menggunakan penggerak roda belakang pada umumnya. Namun tidak perlu berkecil hati sebenarnya, karena mobil ini dibangun dari platform yang sama dengan BMW 2 series Active Tourer dan Mini Cooper terbaru yang menggunakan penggerak roda depan, kita tahu platform pada 2 series dan Mini Cooper seringkali menuai pujian dari reviewer, sehingga kita tidak perlu meragukan performa pengendalian BMW X1 ini.

BMW-X1-Eskterior-Indonesia-Foto-Galeri

Dibandingkan dengan pendahulunya, mobil ini terlihat lebih cantik dan lebih crossover look. Ia kini memiliki lampu lebih proporsional, grille lebih besar dan lekukan lebih tegas serta ground clearance lebih tinggi. Hal yang kami suka pada mobil ini pada bagian velgnya yang kini berukuran 18 inchi sehingga membuat mobil ini lebih tinggi dan gagah. Dengan desain rancang bangun baru ini, selain semakin ganteng, mobil ini juga semakin dinamis dengan nilai hambatan angin hanya 0.29 CoD saja.

Hasil dari eksterior yang membengkak, BMW X1 kini memiliki tempat duduk pengemudi yang lebih tinggi 36 milimeter dan kursi belakang yang lebih tinggi 64 milimeter dibandingkan sang pendahulu, headroom, legroom juga ikut membengkak dan sudut pandang di dalam interior mobil ini terasa jauh lebih luas, bahkan legroom kursi belakang bertambah hingga 66 milimeter.

Kapasitas bagasi mendapatkan peningkatan signifikan sebesar 85 liter dari 420 liter menjadi 505 liter, jika masih terasa kurang, kursi baris kedua bisa dimajukan sebanyak 13 milimeter dari posisi paling mundur baik dengan cara sliding maupun reclining. Jika kursi baris kedua diratakan dengan lantai bagasi belakang, kursi maka kapasitas bagasi mobil ini bisa membengkak hingga 1.550 liter. Besar ya?

Interior-BMW-X1-Indonesia-2016

Masuk ke dalam interior, kita akan disuguhkan sistem infotainment iDrive dengan layar 6.5 inchi dengan BMW Navgation system, hal yang lucu ketika kami melihat interiornya, terasa seperti masuk ke dalam interior BMW 2 series active tourer, hanya saja X1 terasa lebih mantap, peletakan tombol dan instrumen di mobil ini terasa lebih baik dan tuas electronic parking brake itu juga mudah dijangkau. Soal built quality dan material adalah hal yang tidak perlu anda pertanyakan karena ini adalah BMW. Tapi kalau dibandingkan dengan BMW X1 model sebelumnya, versi terbaru bisa kami bilang sebagai “huge improvement”!.

Dari segi kenyamanan, BMW X1 sudah dilengkapi dengan AC dual zone, sports leather steering wheel, electric seat, ambient light, park distance control, rain sensors, automatic tailgate dan automatic driving lights control. Dari sistem audio, BMW X1 dilengkapi dengan audio dengan HiFi loudspeaker system yang memiliki 7 buah speakers.

Sistem pengaman BMW X1 tidak perlu kita tanya lagi, karena memang BMW selalu dikenal mengutamakan perangkat keselamatan. Mobil ini sudah dilengkapi dengan Dynamic Stability Control, Dynamic Traction Control, Cornering Brake Control, Dynamic Brake Control, Dynamic Braking Lights, Fading Compensation, Dry Braking Function dan Start off Assistant. Jika fitur-fitur tersebut masih kurang, BMW juga menyediakan fitur-fitur yang bisa ditambahkan secara optional seperti Trailer Stabilization, Active Differential Brake, Attentiveness Assistant, performance control dan Electronic Differential Lock Control.

BMW-X1-2016-Mesin

Soal mesin, BMW X1 dibekali dengan mesin 1.500 cc 3 silinder TwinPower Turbo bertenaga 136 HP dan torsi 220 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi automatic 6 percepatan Steptronic yang mampu membwa mobil ini berakselerasi dari 0 ke 100 kilometer perjam hanya dalam waktu 9.7 detik saja. Untuk mengatur gaya berkendara, BMW juga memberikan pilihan mode berkendara khas BMW yang teridiri dari Spot, Normal dan ECO Pro. Soal konsumsi bahan bakar, BMW mengclaim mobil ini sangat irit dengan catatan 18.9 kilometer perliter menggunakan standar ECE.

Dengan improvement yang sangat banyak dibandingkan dengan model sebelumnya, BMW X1 ini kini dibanderol dengan harga 619 juta off the road. Menurut kami harga tersebut sangatlah masuk akal dan sedikit sekali kenaikannya dibandingkan dengan BMW X1 seri terdahulu. Tapi, ada tapinya nih, dulu BMW X1 tersedia dalam 2 pilihan mesin yang terdiri dari bensin dan diesel, sekarang kok cuma bensin doang ya… Kemanakah BMW X1 diesel terbaru?

Read Prev:
Read Next: