Inilah Hasil Tes 4 SUV 4WD : Jeep Cherokee, Nissan X-Trail, BMW X1 dan VW Tiguan

by  in  Berita & BMW & International
Inilah Hasil Tes 4 SUV 4WD : Jeep Cherokee, Nissan X-Trail, BMW X1 dan VW Tiguan
0  komentar
tes-Nissan-X-Trail-4WD

AutonetMagz.com – Di beberapa negara beriklim subtropis dan dingin, SUV berpenggerak 4WD akan mendapat nilai lebih dibanding 2WD, karena mereka memerlukannya saat musim salju. Jika salju turun, jalanan menjadi licin meski kita sudah mengganti ban standar dengan ban khusus salju. Makannya, konsumen di luar negeri sangat memperhatikan hasil tes sistem 4WD dari mobil-mobil yang akan mereka beli sebagai salah satu variabel dominan dalam memilih mobil, karena berkaitan dengan keselamatan.

Kali ini, media asal Swedia bernama Teknikens Varld telah menguji 4 SUV dengan penggerak 4WD, yaitu Jeep Cherokee, Nissan X-Trail, BMW X1 dan VW Tiguan. Mereka hanya akan menguji dari sudut pandang pengamat SUV sejati, yaitu bagaimana sistem 4WDnya bekerja, tak peduli mau harganya murah, fitur banyak, interior lega atau lainnya. Faktor-faktor tersebut akan dikesampingkan.

tes-Jeep-Cherokee-4WD

Saat dites dengan kondisi kedua ban depan atau belakang selip, semuanya bisa menjalaninya dengan mudah. Tapi tesnya tidak berhenti sampai di situ, mereka akan menguji bagaimana kalau mobil selip di sisi kiri atau kanannya. Dalam kasus ini, roller akan ditempatkan di sisi kiri mobil sebagai simulasi bagaimana jika salah satu sisi selip. Hasilnya? Dua di antaranya berhasil, dan sisanya bisa dibilang mengecewakan.

tes-BMW-X1-4WD

Dua mobil yang bisa dikatakan berhasil untuk tes 4WD ini adalah Jeep Cherokee dan BMW X1, karena mereka bisa menuntaskan selip samping dengan cara mendistribusikan power lebih ke ban yang masih punya daya cengkeram. Maka dari itu, naik di tanjakan saat kondisi selip depan atau samping bukan masalah bagi keduanya, sehingga mereka lulus dalam tes ini.

Hal sebaliknya terjadi pada Nissan X-Trail dan VW Tiguan. Saat mengalami selip samping, mereka tak bisa menuntaskannya dalam waktu cepat, bahkan X-Trail saja tak bisa lolos dari rintangan roller. Meski Tiguan bisa menuntaskan hambatan ini, waktu yang dibutuhkan cukup lama, yang artinya pengaturan distribusi tenaga saat ban selip tidak optimal.

tes-VW-Tiguan-4WD

Tentu ini menjadi PR bagi Nissan dan VW, tapi sebenarnya ada juga PR untuk BMW. Perlu diingat, BMW sudah mengumumkan kalau mereka akan membuat BMW X1 generasi kedua dengan basis hatchback MINI Cooper, jadi jika penggerak 4WD di generasi mendatang tidak sebagus yang sekarang, maka akan jadi poin minus.

Bagaimana menurut anda hasil tes keempat SUV 4WD ini? Yuk simak videonya di bawah ini, dan sampaikan opini anda!

Read Prev:
Read Next: