Inilah Hasil Tes 4 SUV 4WD : Jeep Cherokee, Nissan X-Trail, BMW X1 dan VW Tiguan

by  in Berita&BMW&International
Inilah Hasil Tes 4 SUV 4WD : Jeep Cherokee, Nissan X-Trail, BMW X1 dan VW Tiguan
0  komentar
tes-Nissan-X-Trail-4WD

AutonetMagz.com – Di beberapa negara beriklim subtropis dan dingin, SUV berpenggerak 4WD akan mendapat nilai lebih dibanding 2WD, karena mereka memerlukannya saat musim salju. Jika salju turun, jalanan menjadi licin meski kita sudah mengganti ban standar dengan ban khusus salju. Makannya, konsumen di luar negeri sangat memperhatikan hasil tes sistem 4WD dari mobil-mobil yang akan mereka beli sebagai salah satu variabel dominan dalam memilih mobil, karena berkaitan dengan keselamatan.

Kali ini, media asal Swedia bernama Teknikens Varld telah menguji 4 SUV dengan penggerak 4WD, yaitu Jeep Cherokee, Nissan X-Trail, BMW X1 dan VW Tiguan. Mereka hanya akan menguji dari sudut pandang pengamat SUV sejati, yaitu bagaimana sistem 4WDnya bekerja, tak peduli mau harganya murah, fitur banyak, interior lega atau lainnya. Faktor-faktor tersebut akan dikesampingkan.

tes-Jeep-Cherokee-4WD

Saat dites dengan kondisi kedua ban depan atau belakang selip, semuanya bisa menjalaninya dengan mudah. Tapi tesnya tidak berhenti sampai di situ, mereka akan menguji bagaimana kalau mobil selip di sisi kiri atau kanannya. Dalam kasus ini, roller akan ditempatkan di sisi kiri mobil sebagai simulasi bagaimana jika salah satu sisi selip. Hasilnya? Dua di antaranya berhasil, dan sisanya bisa dibilang mengecewakan.

tes-BMW-X1-4WD

Dua mobil yang bisa dikatakan berhasil untuk tes 4WD ini adalah Jeep Cherokee dan BMW X1, karena mereka bisa menuntaskan selip samping dengan cara mendistribusikan power lebih ke ban yang masih punya daya cengkeram. Maka dari itu, naik di tanjakan saat kondisi selip depan atau samping bukan masalah bagi keduanya, sehingga mereka lulus dalam tes ini.

Hal sebaliknya terjadi pada Nissan X-Trail dan VW Tiguan. Saat mengalami selip samping, mereka tak bisa menuntaskannya dalam waktu cepat, bahkan X-Trail saja tak bisa lolos dari rintangan roller. Meski Tiguan bisa menuntaskan hambatan ini, waktu yang dibutuhkan cukup lama, yang artinya pengaturan distribusi tenaga saat ban selip tidak optimal.

tes-VW-Tiguan-4WD

Tentu ini menjadi PR bagi Nissan dan VW, tapi sebenarnya ada juga PR untuk BMW. Perlu diingat, BMW sudah mengumumkan kalau mereka akan membuat BMW X1 generasi kedua dengan basis hatchback MINI Cooper, jadi jika penggerak 4WD di generasi mendatang tidak sebagus yang sekarang, maka akan jadi poin minus.

Bagaimana menurut anda hasil tes keempat SUV 4WD ini? Yuk simak videonya di bawah ini, dan sampaikan opini anda!

Read Prev:
Read Next:
  • andit and

    subaru xv mah jagoannya awd

  • ap88

    jeep cherokee tetap jagoan off road

  • Ari

    Subaru XV Mana Nih. Dia kan Punya Symetrical AWD

  • Firdaus

    Honda cr-v facelift awd nya dah di betulkan belom ?

  • tonoz

    Jago 4wd utu ya taft hiline..

    • AWDfreak

      taft rocky hiline dan 4×4 partime jadul lain sulit bisa lolos saat roller ada di satu sisi ban depan dan blkng, karna open diff mereka tidak punya kontrol traksi, lsd atau locker di axle.

    • klo kondisi standar rasanya tidak jago2 amat bang tonoz. karena differentialnya manual banget dan tidak ada fasilitas LSD nya. jadi kerjanya ya mirip2 differential biasa aja, nyari mana beban roda yang paling ringan, dan tetap selip. kecuali memang udah dimodif dengan ditambahin Differential locker.

  • Lucky Gema Christyan Syah

    kalo offroad, ane tetep prefer range rover sih. 😀
    the best 4x4xfar, hehehe

    • eh agan lucky, bukannya itu taglinenya Landy gan. Defender punya rasanya.

  • Cak Dri

    Pakai Subaru Forester ajah… dijamin gak selip. AWD nya hebat… Yang lain lewar dah…

  • muda

    ikut pertanyaan dibawah.. subaru xv gimana bagus juga kan awd nya? dan lbh value ?