BMW iX3 : SUV Listrik Pertama, Bisa Jalan Sejauh 460 km

by  in Berita&BMW&BMW
BMW iX3 : SUV Listrik Pertama, Bisa Jalan Sejauh 460 km
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, setelah digosipkan beberapa lama, pihak BMW merilis SUV listrik pertama mereka yaitu BMW iX3, dan yang pasti, ini sudah versi produksi massal. Seperti yang kalian lihat di gambar, tak susah mengenali sosok BMW iX3 karena bentuknya yang memang mirip dengan saudara konvensionalnya, BMW X3. Lantas, bagaimana spesifikasiyang ditawarkan di BMW iX3 ini? Yuk kita bahas.

Jadi, BMW iX3 hadir sebagai SUV listrik pertama. BMW iX3 akan menemani sejumlah varian EV yang sudah dijual di divisi BMW i seperti BMW i3 dan i3S. Nah, BMW iX3 sendiri dipersenjatai dengan teknologi eDrives System generasi kelima yang mengandalkan baterai 80 kWh dan motor listrik bertenaga 282 hp serta bertorsi 400 Nm. Berdasarkan klaim, BMW iX3 mampu menempuh jarak maksimal 460 km dalam sekali pengisian daya berdasarkan metode WLTP. Dengan figur tenaga dan torsi tersebut, BMW mengklaim SUV listrik ini mampu berlari dari keadaan diam hingga 100 km/jam dalam waktu 6,8 detik. Top speed-nya ada di angka 180 km/jam.

Secara desain, sebenarnya BMW iX3 merupakan hasil tweak dari BMW X3 biasa dengan tambahan ornamen yang membedakannya dari versi ICE. Sebut saja grille baru yang nampak tak berlubang, bumper depan minimalis, aksen biru di sekitar grille dan side skirt, serta velg 19 inci yang terlihat futuristik. Khusus untuk velg-nya, BMW mengklaim bahwa velg baru ini mampu mengurangi drag coefficient sebanyak 5% yang akan membuat mobil ini mampu berjalan 10 km lebih jauh. Masuk ke sisi interior, aksen biru yang menandakan identitas mobil ini masih bisa ditemui. Selain itu, logo BMW i juga ada di beberapa lokasi di interiornya.

Secara bentuk, sebenarnya interior dari BMW iX3 masih berkaca pada X3. Konsumen bisa memilih 5 opsi untuk trim interior yang bisa dikombinasikan dengan kursi standar ataupun kursi sport, dan 6 pilihan warna metalik untuk ornamennya. BMW iX3 sendiri menjadi ‘pembuka’ untuk jajaran mobil listrik baru BMW dalam 2 tahun ke depan. Setelah BMW iX3, BMW akan menjadwalkan perkenalan dari BMW i4 dan BMW iNext yang keduanya dijadwalkan hadir di tahun 2021 mendatang. Oiya, BMW iX3 sendiri adalah produk pertama yang diproduksi oleh BMW Shengyang, China, dan akan diekspor ke beberapa negara tujuan dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

BMW iX3 akan mulai dijual di China akhir tahun ini, dan diekspor ke Eropa tahun depan. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: