BMW 5 Series G30 Hadir di Film BMW : The Escape

0  komentar

AutonetMagz.com – BMW punya cara unik unruk memperkenalkan sedan terbaru mereka, 5 Series G30. Mereka membuat film action pendek berjudul “The Escape”. Sebelum film yang ini, BMW pernah membuat film serupa berjudul “The Hire”, sehingga film terbaru mereka ini bisa dibilang sebagai sebuah sekuel. Bintang utamanya adalah Clive Owen John Bernthal, Dakota Fanning dan Vera Farmiga, yang menggunakan BMW 5 Series G30 sebagai mobil yang menjadi topik bahasan utama.

bmw-5-series-g30-front

Setelah menuntaskan generasi F10, akhirnya BMW 5 Series beralih juga ke sasis berkode G, layaknya BMW 7 Series G11/G12. Dari luar, susah untuk tidak bilang kalau BMW 5 Series G30 ini tak ubahnya sebuah 7 Series yang sudah dikompres sedemikian rupa biar ukurannya mengecil dan resmi jadi 5 Series. Detail seperti lampu yang menyambung ke gril, lalu katup untuk membuka dan menutup gril, profil samping dan beberapa hal lain benar-benar mirip dengan kakaknya tersebut.

bmw-5-series-g30-rear

Kami sendiri agak kurang yakin dengan bentuk lampu belakangnya, mirip dengan bentuk lampu small sedan Jepang meski teknologi lampunya jelas jauh lebih maju. Overall, 5 Series ini ya bentuknya standar BMW sebagaimana mestinya, namun untunglah dia masih bisa dibedakan dengan 3 Series. Coba ingat Mercedes Benz E-Class yang miripnya nggak ketulungan dengan C-Class atau Audi A4 B8 yang mirip dengan A6, susah sekali membedakannya sekilas.

bmw-5-series-g30-interior

Interiornya pun seperti halnya sebuah BMW, namun sekali lagi BMW 5 Series G30 menegaskan kalau ia adalah baby 7er. Monitor iDrive-nya kini berdiri tegak dan bisa dioperasikan dengan layar sentuh, bahkan sudah punya gesture control seperti 7 Series untuk beberapa fungsi. Hal lain yang dibenamkan ke dalam 5 Series G30 adalah panel instrumen dengan layar full LCD yang tidak ada di generasi F10 lawas.

bmw-5-series-g30-display-key

Masih banyak yang diambil BMW 5 Series baru dari 7 Series, itu pun termasuk remote parking dan display key-nya. Sama seperti 7 Series, kunci 5 Series baru punya layar sentuh yang dijejali berbagai informasi soal mobil, dan bisa juga dipakai untuk memarkirkan mobil secara remote. Kami yakin, yang satu ini pasti tidak akan lolos ke 5 Series spek Indonesia nanti. Tentu saja, soalnya 7 Series saja tidak dilengkapi remote parking tersebut, nanti bisa overlapping jika 5 Series punya.

bmw-5-series-g30-rear-cabin

Hal baru di sini adalah sistem semi-autonomous driving yang memungkinkan pengemudi rileks sejenak saat berkendara karena mobil bisa mengendarai dirinya sendiri. Sistem ini terhubung dengan adaptive cruise control, autonomous emergency braking dan lain-lain. Sistem BMW Connected telah ditingkatkan supaya kita bisa mengawasi mobil kita dari jarak jauh (Baca : BMW Perkenalkan Remote View 3D Untuk 5 Series G30, Apa Itu?).

bmw-5-series-g30-engine

Mengenai mesin, dihadirkan mesin 2.000 cc 4 silinder turbo dengan 248 hp di BMW 530i, 3.000 cc 6 silinder twin turbo 335 hp untuk BMW 540i, lalu mesin diesel 2.000 cc dan 3.000 cc, semuanya turbo. Untuk pertama kali, hadir varian 530e plug-in hybrid bermesin 2.000 cc 4 silinder turbo plus motor listrik, dengan kombinasi tenaga dan torsi mencapai 249 hp dan 420 Nm.

bmw-5-series-g30-side

Namun mesin 4.400 cc V8 twin turbo di varian M550i kini sudah bisa mempermalukan BMW M5 F10, dengan akselerasi 0-100 km/jam pada BMW M550i xDrive hanya 4,4 detik saja. Itu baru BMW 550i, bagaimana BMW M5 nanti ya? Diklaim, BMW M5 akan tetap pakai mesin 4.400 cc V8 twin turbo yang sama, namun dengan tenaga yang hampir menyentuh 600 hp. Waduh, itu lebih besar daripada tenaga milik Ferrari 458 Italia.

bmw-5-series-g30-xdrive

Untuk pertama kalinya dalam sejarah BMW, BMW M5 nanti akan ditawarkan dengan pilihan AWD. Alasannya, banyak konsumen BMW M5 yang ingin mobilnya tetap bisa berjalan dengan baik di jalanan bersalju, sehingga dirasa perlu pakai AWD. Penggerak standar tetap RWD, namun AWD akan dipasangkan jika konsumen minat. Oh ya, BMW 5 Series G30 juga hadir dengan teknologi 4 Wheel Steering (4WS) sebagai opsional.

bmw-5-series-g30-instrument-screen

Tapi yang ini sih hanya teknologi lama yang baru ngetren lagi. Sungguh, sistem 4WS bukanlah barang baru, sebab Honda Accord Maestro jadul juga punya sistem 4WS. Girboks standar semua BMW 5 Series G30 adalah otomatis 8 percepatan atau manual 6 percepatan. Yuk, saksikan film BMW “The Escape” berdurasi 13 menit ini dan sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: