BMW 2-Series GranCoupe Dirilis, Berpeluang ke Indonesia?

by  in Berita&BMW&BMW
BMW 2-Series GranCoupe Dirilis, Berpeluang ke Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Pihak BMW kembali memperkenalkan member baru dari keluarga 2-Series mereka. Setelah muncul BMW 2 Series Coupe dan Convertible, lalu BMW 2 Series Tourer dan Gran Tourer, kini pihak BMW menambah varian baru dengan menghadirkan BMW 2-Series GranCoupe. Nah, BMW 2-Series GranCoupe sendiri hadir untuk mengisi kelas sedan 4 pintu dengan atap yang sloping. Kehadiran BMW 2-Series GranCoupe sendiri menandai mulainya perang antara BMW dan Mercy di segmen ini, karena sebelumnya Mercy sudah memiliki CLA-Class yang mengisi segmen tersebut.

Oke, kita mulai dari sisi desain eksterior terlebih dahulu. Mobil ini bisa dikatakan tidak ada mirip – miripnya dengan BMW 2-Series Coupe yang sudah kita kenal. Malahan, BMW 2-Series GranCoupe lebih mirip dengan BMW 1-Series. Lihat saja dari lampu depannya yang secara bentuk mirip dengan BMW 1-Series, hanya saja di seri genap ini ada sedikit ‘lengkungan‘ di sisi bawah lampunya, senada dengan 3-Series G20. Sedangkan bumper depannya terlihat sporty dengan lampu kabut LED, dan aksen ala air scoop di sekitar radiator grille walau palsu.

Pindah ke samping, BMW 2-Series GranCoupe menggunakan velg sporty dengan model dual spoke 5 palang. Sedangkan spionnya masih mirip dengan milik BMW 1-Series dan kesemua pintunya menggunakan jendela frameless. Pindah ke sisi belakang, kami seolah deja vu karena melihat desain buritan dari mobil ini mengingatkan kami pada BMW 8-Series GranCoupe. Bagaimana tidak, atap landai di sisi belakang, lampu sipit yang mirip dengan sang kakak, hingga lengkungan pintu bagasi yang bak membentuk ducktail di BMW 2-Series GranCoupe ini mirip dengan milik 8-Series di model yang serupa.

Bahkan, lubang angin di sisi terluar bumper belakang seri 2 ini juga senada dengan seri 8. Bisa dibilang, nantinya BMW 2-Series GranCoupe akan menjelma menjadi BMW 8-Series GranCoupe versi hemat. Oiya, masih di sisi belakang, BMW 2-Series GranCoupe diperlengkapi dengan antena model sirip hiu, dan dua buah lubang knalpot dengan muffler cutter krom yang ditonjolkan dengan jelas. Masuk ke interiornya, desain dashboard dan setir serta konsol tengah serta panel instrumennya sama persis dengan milik BMW 1-Series Hatchback.

Oiya, bersama dengan BMW 2-Series GranCoupe, pihak BMW juga memperkenalkan versi lebih sporty-nya yaitu BMW M235i yang memiliki tampilan jauh lebih sporty dengan seperangkat aksesoris lansiran BMW M. Nah, untuk BMW 2-Series GranCoupe sendiri akan dijual di US dengan format 228i dengan mesin 2.000cc bertenaga 228 hp dan torsi 349 Nm yang menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan dan sistem gerak AWD. Sedangkan seri M235i menggunakan mesin yang sama, hanya output tenaganya naik menjadi 302 hp dengan torsi 450 Nm.

BMW 2-Series GranCoupe sendiri dibangun dengan basis UKL Platform, yang membuatnya bersaudara dekat dengan BMW 1-Series, BMW X1, BMW X2, dan MINI Cooper. Oiya, saat peluncuran BMW 320i Sports di Jakarta kemarin lusa, kami pun sempat mengulik mengenai peluang pihak BMW Indonesia untuk menghadirkan sedan yang lebih murah dari seri 3 tersebut. Dan informan kami menyebutkan bahwa akan ada kejutan di tahun 2020 mendatang terkait hal tersebut. Jadi, akankah BMW 2-Series GranCoupe yang masuk ke pasar Indonesia? Sangat mungkin.

Apalagi, rival senegara mereka sudah memiliki CLA-Class disini, dan berpeluang untuk menghadirkan A-Class sedan yang kini sedang ramai diperbincangkan di kawasan ASEAN. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: