BMW, VW, Mercedes-Benz & Opel Recall 2,5 Juta Unit Mobil Diesel Di Jerman

by  in Berita&BMW&BMW
BMW, VW, Mercedes-Benz & Opel Recall 2,5 Juta Unit Mobil Diesel Di Jerman
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa minggu lalu, kami sempat memberitakan sejumlah recall yang harus muncul akibat adanya beberapa kekhawatiran dari pabrikan Jerman akan tindakan tegas pemerintah setempat yang mengancam akan melarang mobil – mobil diesel berjalan di jalanan Jerman jika tak memenuhi syarat dan regulasi yang sudah ditetapkan. Seperti kita tahu, jika bicara tentang mesin diesel, maka Volkswagen adalah salah satu yang cukup gencar diberitakan, terlebih setelah skandal dieselgate yang terjadi.

Namun, kali ini VW tak akan sendiri, karena seperti pemberitaan sebelumnya, Mercedes Benz dan Audi pun nampaknya ikut melakukan langkah yang sama dengan melakukan beberapa recall pada produk – produk bermesin diesel produksi mereka. Dan dalam rilis resmi yang beredar baru – baru ini, ada empat merk otomotif Jerman yang akhirnya deal dengan pihak pemerintah untuk melakukan kampanye recall secara sukarela untuk mobil – mobil diesel mereka yang sudah dilepas ke pasar otomotif Jerman. Keempat merk tersebut adalah BMW, Mercedes-Benz, Volkswagen, dan Opel.

Keempat merk ini sendiri melakukan persetujuan ini di dalam acara National Diesel Forum yang didalamnya, pihak BMW juga mengumumkan bahwa pihaknya akan memberikan insentif kepada para pemilik mobil diesel yang berstandar Euro 4 sebanyak 2.000 Euro atau setara 31,6 juta Rupiah. Insentif ini diberikan untuk mendorong para pemilik mesin diesel Euro 4 untuk melakukan trade-in mobil mereka dengan mobil baru yang kadar emisi CO2-nya mencapai 130g/km. Selain insentif yang khusus dilakukan oleh pihak BMW, keempat merk ini sendiri harus melakukan recall pada 2,5 juta unit kendaraan diesel mereka yang memiliki standar Euro 5 dan Euro 6.

Angka tersebut tentunya cukup banyak, namun dengan angka yang sama, sebelumnya VW sendiri sudah melakukan recall terkait skandal dieselgate. Kampanye recall ini sendiri akan memberikan sejumlah pembaharuan pada software milik masing – masing mobil menurut pabrikanya, dan juga akan mereduksi kadar emisi nitrogen oksida sebesar 25 hingga 30% dari sebelumnya. Proses ini sendiri dapat berlangsung dengan melakukan sejumlah penanganan teknis yang kompleks terhadap pipa pembuangan dan juga kontrol mesin, yang mana secara teknis sudah diteliti dan dikembangkan beberapa waktu terakhir ini.

Kampanye recall ini sendiri seperti layaknya program yang sama dan berlaku untuk komponen lain, adalah gratis alias tak dipungut biaya sama sekali. Dan pihak pabrikan masing – masing juga menjamin penanganan yang dilakukan pada mobil milik konsumen ini tak akan mempengaruhi peforma mesin, keiritan bahan bakar ataupun kinerja internal lainnya. Nah, dengan persetujuan ini, setidaknya pihak pemerintah masih akan lebih toleran terhadap penggunaan mobil diesel di jalanan Jerman, lalu jika jerman sudah tegas, bagaimana di tanah air? Hanya waktu yang akan menjawab.

Read Prev:
Read Next: