Berkat Hybrid, Penjualan Suzuki Naik 12% di Agustus

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Berkat Hybrid, Penjualan Suzuki Naik 12% di Agustus
0  komentar

AutonetMagz.com – Sepertinya langkah Suzuki untuk memasarkan produk berteknologi hybrid ke Indonesia merupakan langkah yang tepat. Pasalnya, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan yang ramah lingkungan, produk hybrid Suzuki terus mengalami peningkatan dalam hal penjualan. Pada bulan Agustus 2023, Suzuki mencatat peningkatan penjualan ritel sebesar 12% dibandingkan dengan Juli 2023.

Segmen Hybrid Naik

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat, segmen passenger menyumbang 53% bagian dari total penjualan Suzuki di bulan Agustus 2023. Angka ini meningkat 4% dibandingkan bulan Juli 2023 lalu sebesar 49%. Dari data penjualan Agustus 2023, penjualan tertinggi Suzuki di segmen passenger masih diduduki oleh Suzuki XL-7. Ia berkontribusi sebesar 22% dari total penjualan Suzuki secara keseluruhan. Lebih dari setengah XL-7 yang terjual merupakan varian hybrid.

Dalam progresivitas di segmen passenger, secara khusus penjualan mobil hybrid juga menunjukkan peningkatan 15% dari penjualan hybrid Suzuki di bulan Juli lalu. Selama bulan Agustus, penjualan mobil hybrid berada di angka 38% dari total penjualan mobil segmen passenger Suzuki. Hal ini dimungkinkan karena semakin banyaknya pilihan kendaraan hybrid Suzuki di tahun 2023. Apalagi tahun ini ketambahan Suzuki Grand Vitara yang juga hybrid

Tumbuhkan Tren Positif

Bila kita merinci angka penjualan XL-7 di bulan Agustus, ada peningkatan 23% dibandingkan bulan lalu. 53% dari penjualan XL-7 di bulan Agustus 2023 merupakan sumbangsih dari model hybrid. Lalu, Grand Vitara juga menunjukkan peningkatan penjualan pada bulan Agustus yaitu sebesar 46%. Sementara Ertiga, di bulan Agustus 2023 juga menunjukkan peningkatan sebesar 25% dan 58% atau lebih dari setengah dari penjualan adalah varian hybrid.

Tidak hanya segmen passenger, di segmen komersial partisipasi Suzuki Carry sebesar 47% dari total penjualan Suzuki di bulan Agustus 2023. Secara keseluruhan, penjualan Suzuki bulan Agustus didominasi oleh produk rakitan lokal yang berkontribusi 84% secara ritel. Sementara Penjualan unit CBU tercatat mengambil bagian sebesar 16% dari total penjualan, dimana Grand Vitara, S-Presso, dan Baleno menjadi kontributor utamanya.

Read Prev:
Read Next: