Begini Tampilan Tata Hexa Versi Produksi, Aria Versi Crossover Yang Jauh Lebih Ganteng

Begini Tampilan Tata Hexa Versi Produksi, Aria Versi Crossover Yang Jauh Lebih Ganteng
0  komentar
Tata-Hexa-2016-spyshot-front

AutonetMagz.com – Tata Aria adalah salah satu produk andalan Tata Motors yang bermain di medium MPV, sebagai pesaing Toyota Innova dari India memang tampilannya terlihat meyakinkan. Namun memang walaupun Tata terkenal akan durability-nya tetap tidak bisa menarik konsumen Indonesia untuk meliriknya. Melihat secara basis sebenarnya cukup menggiurkan : 7-seater, ladder frame, ground clearance tinggi, kapasitas besar, diesel, kaki-kaki tangguh. Namun ya secara kualitas interior dan desain bentuk masih terasa kurang baik selain itu yang lebih penting adalah logo T-nya bukan T oval hehe…

Nah rupanya Tata Aria sendiri sedang dihadang lajunya oleh kompetitor yang berasal dari merk lokal India, Mahindra XUV500. Tampilan Mahindra XUV500 yang sebenarnya lebih ke arah SUV atau crossover timbang sebuah MPV membuat Tata akhirnya membuat improvment terhadap Aria. Berjuluk Tata Hexa, konsep mobilnya sendiri tidak jauh berbeda dengan Honda BR-V alias Mobilio dengan tampilan crossover dan kualitas lebih baik. Ini adalah gambar sebelum produksi yang berhasil diambil dari media Autocar India.

Tata-Hexa-2016-spyshot-back

Melihat dari tampilan depannya sendiri sebenarnya mobil ini punya styling jauh lebih baik dibandingkan dengan saudaranya Tata Aria. Tata mereduksi penyakit lamanya dalam mendesain mobil yang terkadang bentuknya membulat seperti telur. Entah apa ini cuma ciri khas semata tapi sebenarnya hanya segelintir orang yang menyukai model seperti ini. Model Tata Hexa kini lebih solid dan tegas, ditambah wajahnya lebih gahar dengan pemakaian honeycomb dan headlamp projector dengan mika smoke.

Secara ukuran maka Tata Hexa punya panjang 4,764 mm, lebar 1,895 mm, dan tinggi 1,780 mm dengan wheelbase 2,850 mm. Coba kita bandingkan dengan Toyota Kijang Innova yang terakhir ini dengan panjang 4,555 mm, lebar 1,770 mm, tinggi 1,745 mm dan wheelbase 2,750 mm. Bisa dibilang dimensi Tata Hexa ini jauh lebih besar dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova, hem sepertinya sudah mendekati Fortuner. Secara spesifikasi pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Innova yaitu MPV dengan ladder frame dan penggerak belakang serta diesel.

Tata-Hexa-2016-spyshot-dashboard

Fitur yang berhasil kami dapatkan tentang Tata Hexa sendiri bahwa mobil ini akan dilengkapi dengan ESP (electronic stability program), projector headlamp dengan auto function, taillamps yang menggunakan LED, alloy wheel berdimensi besar, konfigurasi 6-seater dengan model captain seat, jok kulit dengan jahitan lapis dua, mood lighting ambient untuk interior dan tersedia 6 airbag.

Untuk jantung mekanisnya, Tata Hexa mendapatkan bekal yang cukup menarik, 2.2-liter diesel 4-silinder VARICOR 400 yang menyalurkan tenaga 154.2 hp @ 4,000 RPM dan torsi 400 Nm @ 1,700 – 2,700 RPM. Untuk transmisinya sendiri akan ditawarkan transmisi manual 6-speed dan transmisi automatic 6-speed yang berasal dari GM sebagai opsi. Hexa sendiri di negara asalnya akan dibekali sistem 4WD dengan Drive Mode selector yang seperti kita tahu jikalau mobil ini masuk di Indonesia jelas 4WD-nya tidak akan dipakai.

Tata-Hexa-2016-spyshot-engine

Mobil ini sejatinya akan diperkenalkan Tata Motors awal tahun depan. Entah apakah akan masuk sini atau tidak sebab Tata Motors Distributor Indonesia (TMDI) sendiri sedang berkonsentrasi kepada mobil komersialnya. Mungkin lebih baik begitu saja agar pijakan penjualan TMDI lebih kokoh dan menyumbang image Tata sebagai mobil “wani perih” di medan berat. Toh, meskipun mobil ini bermerk India bukan berarti harganya akan murah banget, mungkin selisihnya juga tidak akan jauh dari Innova. Daripada konsumen masih membandingkan lebih baik logo T oval daripada logo T tegas. Bagaimana menurut pembaca?

Image source : Autocar India

Read Prev:
Read Next:
  • Ugyz

    kalau indonsia punya mobnas yg modelnya kayak gini pasti saya pilih…

    • farid

      Sebenarnya tata bukan mobnas,karena tata adalah grup perusahaan tata group yg bergerak di bidang otomotif seperti halnya mitsubishi group.tapi kalau indonesia ingin punya merek mobil lokal ya harus ada perusahaan lokal yg mau masuk di industri tersebut,kalau motor kita punya merek viar salah satu contohnya.jangan harapin esemka,itu cuma bahan belajar praktek anak smk dan kelinci percobaan buat jadi alat kampanye simpati masyarakat buat milih salah satu orang yg jadi presiden sekarang(gak usah disebutin).jadi kesimpulannya gak usah yg namanya mobnas,karena udah tau pemerintah kita kerjanya gimana,dinegara maju pun pabrikan otomotif global bukanlah mobnas

      • mobnas itu sulit, sulitnya kenapa? karena ada as(PIIIPP)

  • Thomas Bondan Tyas

    Buat konsumen yg anti-mainstream & pingin kelihatan beda di jalan, mobil ini bisa dipilih kalo udah dijual di Indonesia. Lagian desain, spek, & fiturnya menggiurkan juga. Jangan lupa, mobil Tata & Mahindra itu juga tahan banting kayak barang Jepang

  • Jefri Dwiantoro

    mirip apa ya? hemmm….
    ada sedikit tucson, sedikit sportage, sedikit sorento, sedikit carnival.
    kok jadi desain korea?

  • Rafli Santosa

    keren, gagah banget model lebih gagah dari BR-V sekalipun dan lebih keren dari tata Aria yg cenderung membulat. modelnya g ada unsur india2 nya sama sekali

  • AUTOMOTIVE

    bagian buritan seperti dodge journey

  • Bram

    Setelah membeli saham JLR, desain2 Tata mendapat sentuhan Jeep.

  • Zalzal As

    Kalo masuk indo pasti sangat berat mengingat innova sndiri sdh tiada tanding meski hg nya melangit. Krn model innova juga sdh ganti akan makin bner2 sulit. Freed aja yg hgnya mirip2 tewas(bensin).

  • seseorang

    gilee suka banget gw mobiilnya. seandainya merknya hond* atau atoyot pasti udh kebeli :v

  • Shark Owner

    Wah India udah makin maju, desainnya bentar lagi bakal nyaingin Duo Korean, Indonesia kapan nih

  • Airlangga Vitradi

    spec nya sih menggiurkan bgt, apalagi secara design lebih “ganteng”. kalo kata om mobi “bagi yang kurang kaya sedikit” mau beli dodge journey ga kebeli ya beli mbil ini krn blakangnya agak mirip :p.