Bedah Bocoran Suzuki XL7 : 3 Varian, Dapat Lampu LED & Smart Mirror

Bedah Bocoran Suzuki XL7 : 3 Varian, Dapat Lampu LED & Smart Mirror
0  komentar

AutonetMagz.com – Sosok Suzuki XL7 memang menjadi pembicaraan hangat diantara para penggemar Suzuki di Indonesia saat ini. Versi 7 seater dari Suzuki XL6 yang muncul terlebih dahulu di India ini kabarnya akan diperkenalkan dalam waktu dekat. Dan seperti biasa, mendekati hari peluncurannya, bocoran demi bocoran pun muncul. Dan kali ini, ada bocoran yang memperlihatkan tipe dan kelengkapan dari Suzuki XL7 versi Indonesia. Jika diperhatikan, bocoran foto ini nampaknya adalah calon brosur resmi milik Suzuki XL7. Mari kita bedah.

3 Tipe Suzuki XL7

Jadi, Suzuki XL7 versi Indonesia akan dijual dalam 3 trim, tetapi nomenklatur di LSUV ini berbeda dengan kebanyakan model Suzuki di Indonesia termasuk All New Suzuki Ertiga. Tidak ada lagi nomenklatur GA, GL, GX dan sebagainya, dan digantikan oleh nomenklatur Zeta, Beta, dan Alpha. FYI, nomenklatur semacam ini cukup jamak kita temukan di produk Suzuki yang berada di India, termasuk Suzuki XL6. Bedanya, di India Nexa Experience hanya menjual 2 tipe untuk Suzuki XL6 yaitu Zeta dan Alpha, dimana Alpha merupakan tipe tertinggi. Sama seperti di India, Alpha di Suzuki XL7 menjadi tipe tertinggi, lalu Beta tipe tengah, dan Zeta tipe terendah.

Tipe Zeta

Untuk tipe Zeta alias tipe terendah dari Suzuki XL7, pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah memperlengkapi mobil ini dengan lampu LED di sisi depan dan belakang, dimana sisi depan juga ditambah dengan LED DRL dan juga fitur auto on. Untuk urusan aksesoris, tipe Zeta juga diberikan sweeping cross-bar front, lalu grille berlapis krom, hood side slit, lower bumper, dan juga velg berwarna hitam berukurakn 195/60 R16 serta roof rail. Interior di tipe ini berwarna hitam, dengan sistem infotainment layar sentuh berukuran 8 inci.

Dashboard-nya diberi ornamen ala carbon fiber, dan untuk MID sudah menggunakan model berwarna. Belum selesai, Suzuki XL7 tipe Zeta juga diberi AC digital dan juga audio steering switch serta bluetooth telephony di setirnya. Ada power outlet di bari pertama dan kedua, plus center arm rest di baris kedua. Secara fitur keselamatan, Suzuki XL7 dibekali ABS, BED, kamera parkir khusus versi matik, sensor parkir, Dual airbags, ISOFIX, immobilizer, childproof door lock, dan securityalarm.

Tipe Beta

Sebagai tipe tengah, maka jelas tipe Beta di Suzuki XL7 mendapatkan semua yang ada di Suzuki XL7 tipe Zeta. Di sisi eksterior, perbedaan dengan tipe Beta terlihat pada penambahan light guides di lampu belakang, dan handle pintu berlapis krom, biar mevvah. Untuk interior, Suzuki XL7 tipe Beta mendapatkan upgrade berupa tambahan setir berlapis kulit, lalu keyless entry dengan push start stop button, disusul AC Digital yang dilengkapi dengan fitur auto climate, dan juga heater. Tipe Beta juga mendapatkan tambahan berupa 2 buah tweeter di sisi depan, dan ventilated cup holders seperti milik All New Suzuki Ertiga.

Tipe Beta di Suzuki XL7 juga mendapatkan tambahan lain berupa power outlet untuk bangku baris ketiga, dan juga center arm rest yang tidak hanya di bangku baris kedua, tetapi juga di baris depan. Di sisi fitur keselematan dan keamanan, Suzuki XL7 Beta mendapatkan semua yang ada di tipe Zeta dan ditambah dengan Electronic Stability Programme (ESP), serta Hill Hold Control (HHC). Khusus untuk fitur HHC hanya ditawarkan di tipe otomatis saja, sama seperti penambahan kamera mundur.

Tipe Alpha

Nah, sampailah kita di tipe tertinggi, yaitu Suzuki XL7 Alpha. Tentunya, Suzuki XL7 Alpha mendapatkan semua fitur di varian dibawahnya dan sejumlah tambahan lainnya. Pada sisi eksterior, Suzuki XL7 Alpha tampil dengan opsi warna dual tone yang beratam hitam dengan spion hitam. Skema warna inilah yang jelas membedakan Suzuki XL7 Alpha dengan dua tipe dibawahnya. Sedangkan di sisi interior, Suzuki XL7 tipe Alpha masih sama saja dengan trim Beta. Pun begitu dengan urusan fitur keselamatan, masih sama dengan tipe Beta. Lho, jadi bedanya cuma skema warna saja? Santuy, masih ada beberapa pembeda lainnya.

Pihak SIS menuliskan kolom Aksesoris di tipe Alpha ini, dimana kami masih rancu apakah aksesoris ini langsung didapat saat membeli tipe ini atau harus ada sejumlah tambahan uang. Yang jelas, dalam kolom aksesoris tersebut terdapat beberapa tambahan seperti Smart e-Mirror yang nampak terintegrasi dengan kamera belakang, dan juga memiliki kemampuan elektrokromatik dan juga bisa menjadi dashcam. Selain itu, masih ada juga rear upper spoiler, number plate garnish chrome,door sill guard, door visor, dan emblem Alpha.

Mobil yang nampaknya akan menggunakan taglineSuzuki’s Newest eXtraordinary SUV’ ini nampaknya akan menggunakan warna orange sebagai hero color-nya. Warna ini jelas berbeda dengan warna Nexa Blue yang menjadi hero color Suzuki XL6. Nampaknya, pihak SIS akan menggunakan warna – warna menyala untuk Suzuki XL7, karena tidak ada warna orange dalam opsi Suzuki XL6 di India. Hanya ada warna – warna elegan seperti silver, putih, abu- abu, auburn red, dan khaki serta biru tentunya. Jadi, bagaimana menurut kalian sosok Suzuki XL7 ini? Sudah sesuai harapan? Di Artikel lain kami akan coba bandingkan sosok Suzuki XL7 dengan Suzuki XL6 di India, baik dalam hal fitur dan kelengkapan.

Read Prev:
Read Next: