Bajaj Dan Kawasaki Resmi Akhiri Kerjasama

by  in Bajaj&Berita&International
Bajaj Dan Kawasaki Resmi Akhiri Kerjasama
0  komentar

AutonetMagz.com – Baru beberapa tahun silam, kita bisa melihat adanya sebuah hubungan khusus merk motor asal india, Bajaj dengan geng hijau, Kawasaki. Hal itu ditandai dengan kehadiran sosok naked sport, Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS, atau yang sering kita sebut P200NS. Indonesia turut merasakan produk yang melibatkan Kawasaki dalam pengembangan modelnya ini.

Awalnya, kerjasama antara Bajaj dan Kawasaki ini memiliki sebuah keuntungan, khususnya di Indonesia. Mengapa? Karena APM Bajaj Indonesia lebih dahulu cabut dari Indonesia dengan menyisakan banyaknya loyalis Bajaj yang kecewa merek kesayangan mereka harus gugur di Tanah air. Munculnya kerjasama Bajaj dan Kawasaki, memungkinkan Kawasaki menangani line up produk Bajaj, baik berjualan motor, menjual spareparts, bahkan menjalankan service. Kawasaki hanya perlu melakukan rebadge terhadap produk Bajaj, seperti yang mereka lakukan pada P200NS.

Namun, apa mau dikata, memang penjualan di Indonesia tak bisa dikatakan cukup baik. Bahkan menjelang akhir dari masa hidup P200NS, masih banyak dealer yang memiliki stok, dan akhirnya mengguyurkan diskon yang cukup menggiurkan guna segera melepaskan unit P200NS ke pasaran. Sebenarnya motor ini tak buruk, mesin oke dengan peforma yang mantap, namun citra Bajaj yang terlebih dahulu menyakiti hati loyalisnya ternyata cukup membuat produk mereka susah dipasarkan. Saat kondisi di Indonesia sudah tak terlihat pergerakan Bajaj melalui Kawasaki, di India justru semakin kentara perpisahan kedua merk ini.

Tak akan ada lagi produk dari aliansi Kawasaki-Bajaj, karena per 1 april 2017 mendatang, aliansi ini telah resmi bubar. Bajaj menyisakan kerjasama dengan KTM saja untuk pengembangan kendaraan roda dua mereka. Informasi ini tentu mengakhiri kerjasama yang sudah dibangun dejak 2010 lalu. Kini Bajaj Auto dan India Kawasaki Motor (IKM) segera resmi berpisah, dan dealer Bajaj tak akan menjual line up dari Kawasaki lagi.

Sebelumnya, dealer Bajaj menjual sejumlah motor CKD Kawasaki, seperti Ninja 300, Z250, Ninja 650 dan ER-6N, sedangkan dealer IKM hanya menangani produk CBU dari merek Kawasaki. Dan per 1 April, dealer Bajaj hanya akan menjual produk mereka sendiri, plus produk dari kompatriot mereka, KTM. Tak jelas apa alasan Bajaj menghentikan aliansinya dengan geng hijau, namun bisa ditengarai bahwa Bajaj kini ingin fokus dengan kerjasama mereka bersama KTM. Toh, 48% dari kepemilikan KTM sudah dikantongi oleh Bajaj.

Tetapi aliansi ini tak sepenuhnya berakhir, Kawasaki tetap akan memproduksi line up mereka dan melakukan operasi lainnya di pabrik Bajaj di Chakan. Dengan perpisahan kedua merek ini, tentunya diharapkan Kawasaki bisa lebih terjangkau bagi pasar India, karena sudah tak ada lagi pembagian keuntungan bersama dengan Bajaj. Jadi, perpisahan geng hijau dan Bajaj sudah terlihat terlebih dahulu di Indonesia, dan diresmikan di India sana. Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS tentu akan menjadi motor yang istimewa, karena menjadi penanda bahwa kedua merk ini dulunya pernah berjalan bersama. Kira – kira, bagaimana komentar anda? Termasuk yang punya P200NS? Sampaikan komentarmu ya, yuk diskusi kawan.

Read Prev:
Read Next: