Audi Resmi Perkenalkan Lampu Matrix Laser, Lebih Canggih dari Laser Sebelumnya

by  in Audi&Berita&Hi-Tech
Audi Resmi Perkenalkan Lampu Matrix Laser, Lebih Canggih dari Laser Sebelumnya
0  komentar
lampu-matrix-laser-audi

AutonetMagz.com – Lampu tak hanya sekedar alat bantu penerangan dan keselamatan, namun harus berkembang menjadi lebih baik lagi. Dulu jika kita hanya mengenal halogen, sekarang ada HID, DRL LED, projector, adaptive front light, dan paling baru adalah lampu laser. Nah, salah satu pionir teknologi lampu, Audi, sekarang sedang memamerkan teknologi lampu Matrix Laser miliknya yang segera disematkan ke mobil-mobil yang mereka jual.

Ini adalah sistem lampu yang dikembangkan dari lampu high-beam LaserSpot milik Audi R8 LMX, dan hasilnya diklaim lebih baik daripada milik Audi A8 facelift dan BMW Laserlight System. Metodenya, laser yang terang diintegrasikan dengan sistem berbasis projector untuk menghasilkan lampu yang ringkas, powerful dan berkarakter dinamis.

cara-kerja-lampu-laser-audi

Di jantung Matrix Laser System adalah dioda biru hasil buatan Osram dengan panjang gelombang 450 nanometer, yang memancarkan sumber cahaya ke cermin kecil berukuran 3 mm buatan Bosch yang bisa bergerak cepat. Cermin ini mengandung kontrol elektro-mekanikal dan berbasis teknologi silikon, lalu fungsi cermin ini adalah untuk mengarahkan laser biru ke converter yang kemudian jadi cahaya putih untuk menerangi jalan.

Audi berkata, proses pengaktifan dan pemutusan dioda laser yang tergantung kepada posisi cermin berlangsung sangat cepat, yang berarti pancaran lampu bisa diperluas atau dipersempit secara cepat dan dinamis tergantung kondisi. Di kecepatan rendah, pancaran lampu akan melebar, tapi di kecepatan tinggi, pancaran dipersempit tapi jangkauan penerangannya bisa sangat jauh ke depan agar benda yang berada jauh di depan bisa lebih jelas terlihat. Pintar kan?

demonstrasi-lampu-laser-audi

Teknologi ini akan menawarkan pancaran cahaya yang lebih terang, dinamis dan beresolusi lebih baik. Perkembangan iptek makin hari sudah makin jauh saja ya, lampu saja dipikirkan pengembangannya. Bagaimana, anda tertarik dengan teknologi laser ini?

Read Prev:
Read Next: